Mengenal nama mata uang negara ASEAN
ASEAN Community via blogspot.com

Mengenal nama mata uang negara ASEAN

Posted on

Pernah muncul satu pertanyaan di benak saya, “Setelah MEA diberlakukan, apakah mata uang negara ASEAN akan meniru Uni Eropa sana yang menerapkan uang tunggal bernama euro?”. Setelah saya telusuri berita sana-sini, ternyata jawabannya tidak. Banyak ahli berpendapat ASEAN belum perlu memakai sistem uang tunggal. Menurutnya, euro di Eropa saja masih banyak kendala, apalagi di Asia Tenggara yang notabene perekonomiannya belum merata?!.

Ini artinya saat ini mata uang negara anggota ASEAN masih menggunakan mata uang sendiri-sendiri. Dari kesepuluh anggota, mulai dari nama, simbol, kode ISO 4217, gambar, dan harga kurs uangnya beda-beda (kecuali Singapura dan Brunei). Ada yang mempunyai nilai mahal, ada pula yang memiliki harga kurs lebih murah. Pokoknya beragam deh. Nah karena masing-masing mempunyai kelebihan, kekurangan, dan keunikan sendiri-sendiri, akhirnya uangindonesia.com jadi tertarik untuk membahasnya.

Baca juga: Mengenal mata uang euro Uni Eropa

Sekilas tentang anggota ASEAN

Sebelumnya sudah pada tau kan anggota ASEAN itu mana saja? Sebagai pengingat, sampai saat ini anggotanya masih 10 negara. Yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar. Lalu bagaimana dengan sebuah negara yang dulunya sempat menjadi salah satu provinsi di Indonesia, Timor Leste?

Kabarnya Timor Leste memang sudah lama mengajukan diri untuk bergabung dengan organisasi yang mempunyai nama lain Perbara (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara). Namun dengar-dengar ada salah satu negara yang sulit menyetujui negara pengguna mata uang dolar Amerika itu untuk menjadi anggota ke-11. Maka dari itu dilakukanlah serangkaian seleksi. Salah satunya Timor Leste harus lebih meningkatkan ekonominya lagi. Jadi saat ini masih dalam proses.

Silakan baca: Timor Leste sampai saat ini belum mempunyai mata uang sendiri

Daftar nama-nama mata uang negara anggota ASEAN lengkap

  • Indonesia

Mata uang negara kepulauan ini rupiah. Banyak yang berpendapat asal-usul nama ini berasal dari rupee India. Namun berdasarkan artikel di Wikipedia, sebenarnya rupiah berasal dari bahasa Mongolia, rupia (tanpa huruf h).

Mata uang dengan simbol Rp dan kode ISO 4217 IDR ini saat ini memiliki harga kurs 13.365 per dolar Amerika.

  • Malaysia

Nama mata uangnya ringgit. Di indonesia, nama ini sempat sering digunakan khususnya oleh generasi orang tua dan kakek-nenek kita dengan nilai Rp250,00. Itu dulu, saat ini mata uang dengan kode ISO 4217 MYR setara dengan 4,10 per dolar Amerika Serikat.

Kata ringgit berasal dari bahasa Spanyol yang berarti gerigi.

  • Singapura

Nama mata uangnya memang sama-sama dolar. Meskipun begitu bukan berarti negara kecil tapi maju ini menggunakan dolar Amerika Serikat. Keduanya beda. Dolar Singapura mempunyai nilai kurs 1,35 per USD, dan kode ISO-nya adalah SGD.

  • Brunei Darussalam

Meskipun kalau dibandingkan dengan dolar Singapura dipatok rasio 1:1, tapi uang Brunei Darussalam memiliki kode ISO yang beda, yaitu BND. Namanya memang sama-sama dolar. Tapi bentuk fisiknya beda.

  • Filipina

Nama mata uang resminya peso. Berasal dari bahasa Spanyol dan memang mengacu pada koin Spanyol. Uniknya, Spanyol sendiri saat ini sudah tidak memakai nama ini untuk digunakan sebagai nama mata uangnya. Seperti kita ketahui Negeri Matador ini sekarang menjadi eurozone alias kawasan pengguna euro.

Peso Filipina didefinisikan kode ISO 4217 sebagai PHP dan saat ini kursnya 46,44 per dolar AS.

  • Thailand

Mata uang negara yang dulunya pernah bernama Muang Thai ini iyalah baht. Dengan kode ISO 4217 THB dan keunikan semua uangnya bergambar Paduka Raja Bhumibol Adulyadej serta kalau diinjak pelakunya bisa kena hukuman penjara ini mempunyai harga jual 35,29 per USD.

Artikel terkait: Injak mata uang baht Thailand bisa kena hukuman penjara

  • Vietnam

dengan nama mata uang Dong alias Đồng (đồng), berkode ISO 4217 VND, dan simbol ₫, saat ini nilainya setara dengan 22.300 per USD.

  • Kamboja

sebenarnya mata uang resmi negara yang nama internasionalnya Kingdom of Cambodia ini bernama riel. Cuma, di sini warganya sudah terbiasa dengan menggunakan dolar Amerika. Tapi ya tetap saja, nama mata uang resminya riel, kode ISO 4217 KHR dan memiliki harga kurs 4.107 per US dollar.

  • Laos

Mata uang negara yang namanya sama seperti nama lain bumbu dapur lengkuas ini memiliki nama kip. Berkode ISO 4217 LAK, berlambang ₭ dan nilai kurs 8.081 tiap satu dolar Amerika Serikat.

  • Myanmar

Negara yang terkenal akan pagodanya ini mempunyai mata uang bernama kyat. Bersimbol K dan kode ISO MMK. kursnya terhadap dolar adalah 1.185 per USD.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang daftar mata uang negara ASEAN. Semoga bermanfaat.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *