Memasukkan kartu ATM salah / terbalik, apakah menyebabkan tertelan atau bagaimana?

Dahulu meskipun sudah cukup lama memiliki kartu ATM, tetapi saya sempat penasaran dan bertanya kepada sendiri. Apa yang akan terjadi jika kita memasukkan kartu ATM tidak benar seperti misalnya posisi terbalik atau salah ujung: bagian yang seharusnya di belakang dimasukkan terlebih dahulu? Apakah akan menyebabkan tertelan, tersangkut, tidak bisa keluar lagi, atau bagaimana?

Maklum saja selama itu saya menggunakan ATM dengan sangat hati-hati. Di samping khawatir keselamatan saldo yang jumlah sebenarnya tidak seberapa (pikiran newbie), ditakutkan akan merusak kartu ATM atau kartu debit itu sendiri. Yang lebih mengerikan lagi takut mengakibatkan mesin rusak; di sana ada CCTV; ketahuan pelakunya saya dan pihak bank bisa memarahi atau menghukum saya.

Artikel terkait: Benar atau salah masukan PIN terbalik, ATM bunyi alarm tanda bahaya?

Jadi, waktu itu atas dasar alasan-alasan tersebut saya tidak berani eksperimen atau melakukan uji coba membalik kartu ATM saat hendak dimasukkan ke mesin untuk transaksi. Hingga pada akhirnya saya benar-benar mengalami sendiri tanpa sengaja dan tidak disadari. Saya pun lega ternyata hasilnya tidak begitu menakutkan seperti yang selama ini dibayangkan.

Memasukkan kartu ATM salah atau terbalik tidak diterima mesin

Seiring berjalannya waktu, makin sering pula saya melakukan kecerobohan memasukkan kartu ATM terbalik. Hal ini ditambah kebiasaan buruk saya yang tidak baik untuk ditiru: Punya barang baru digunakan hati-hati, sudah lama sembrono. Untungnya mesin ATM dari bank manapun baik BCA, BRI, BNI, Mandiri, dan lainnya didesain canggih sehingga saat nasabah salah memasukkan kartu ATM, mesin secara otomatis akan menolaknya.

Berdasarkan pengalaman saya, ada dua cara mesin ATM menolak kartu yang dimasukkan dengan posisi tidak benar:

1. Menarik tetapi langsung mengeluarkan kembali

Saya tidak ingat kejadian ini menimpa kartu ATM saya BRI, BCA, atau BNI. Yang jelas waktu itu saya sedang buru-buru mau tarik tunai sehingga memasukkan kartu debitnya dalam posisi salah. Saat didekatkan ke lubang, kartu memanglah tertarik seperti normal kayak biasanya. Namun, setelah kartu masuk langsung dikeluarkan lagi seperti dimuntahkan.

Artikel terkait: Panduan cara menggunakan ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri lengkap

Karena belum menyadari terbalik, saya coba mendorong kartu ATM sekali lagi agar masuk kembali. Hasilnya tetap saja. Sejenak saya berfikir dan berniat mencari mesin ATM lain karena sudah kejadian dua kali berturut-turut. Takutnya terblokir atau malah tertelan. Nah saat hendak memasukkan kartu ATM ke dompet, barulah saya melihat ternyata masalahnya posisi kartu ATM terbalik.

Akhirnya saya ubah kartu ATM ke posisi yang seharusnya. Tanpa perlu ganti mesin lain, saya berhasil transaksi dengan sukses tanpa menghadapi kendala apa-apa.

2. Lubang kartu ATM tidak terbuka

Cara kedua mesin menolak saat dimasuki kartu ATM terbalik adalah dengan penutup lubang tidak mau terbuka. Penolakan ini lebih sering ditemui daripada yang poin kesatu di atas. Jadi, saat kita mendorong kartu terasa mentok, ada yang mengganjal, atau mesin tidak menarik secara otomotasi. Kalau sampai mengalami hal ini, cobalah cek posisi kartu Anda. Kemungkinan besar salah.

Mengapa bisa begitu? Karena lubang tempat memasukkan kartu terdapat sensor yang bisa mengenali validitas kartu. Kalau posisinya tidak benar atau bahkan Anda mencoba memasukan kartu lain seperti KTP atau sebagainya yang bahan dan ukurannya sama, jangankan mesin akan menerima dengan menariknya, membuka penutupnya pun tidak mau.

Itulah dua hal yang akan terjadi jika kita memasukkan kartu ATM dengan posisi salah atau terbalik ke dalam mesin yang kondisinya normal. Saya tidak tau jika pada mesin yang kebetulan sedang eror. Karena, selama ini Alhamdulillah dan semoga jangan sampai menemui mesin yang bermasalah. Kalaupun harus tertelan, sebenarnya tidak perlu khawatir juga karena saldo akan tetap aman dan cara mengurusnya pun sangat gampang.

Selanjutnya baca: Penyebab kartu ATM tertelan dan bagaimana cara atasinya

Leave a Comment