mata uang terendah di dunia
Mata uang terendah di dunia via currencyfair

Mata uang terendah di dunia

Posted on

Beberapa waktu lalu saat uangindonesia.com mengatakan mata uang termurah di dunia adalah rial Iran, seseorang mengomentari dan menyatakan ketidaksetujuan. Menurutnya, mata uang terendah atau paling lemah bila dikonversikan ke mata uang asing iyalah dolar Zimbabwe.

Tidak dipungkiri, dolar Zimbabwe memang pernah menjadi mata uang paling tidak berharga sedunia. Di internet saja sampai saat ini masih sering dijadikan bahan olok-olok. Akan tetapi, perlu diketahui, negara beribu kota Harare itu kini sudah mengganti mata uang resminya. Entah alasan apa, malu atau demi kebijakan ekonomi.

Baca juga: Mengapa nama dan harga mata uang tiap negara beda-beda?

Mata uang terendah di dunia adalah rial Iran, bukan dolar Zimbabwe lagi

Negara Zimbabwe tidak lagi menggunakan dolar Zimbabwe sebagai mata uang resmi tepatnya sejak 12 April 2009. Sebagai gantinya, warga sana saat ini memakai bermacam-macam mata uang asing. Di antaranya dolar Amerika Serikat, rand Afrika Selatan, renminbi Tiongkok, pound sterling Inggris, rupee India, dll.

Rial Iran sebelumnya memang hanya menempati urutan kedua sebagai mata uang termurah sedunia. Namun, setelah dolar Zimbabwe dinonaktifkan, secara otomatis mata uang dengan kode ISO 4217 IRR itu menempati urutan pertama menggantikan ZWL.

Nilai Rial Iran sendiri saat tulisan ini dibuat seharga 33.000 per dolar AS atau setara dengan 0,40 rupiah. Beruntunglah kita sebagai warga negara Indonesia, meski mata uangnya masuk lima urutan terbawah, setidaknya masih lebih mahal dari mata uang salah satu negara kawasan Timur Tengah itu.

Kondisi mata uang terendah di dunia saat ini

Pasca dihentikan sebagai alat transaksi ternyata dolar Zimbabwe justru makin laku. Hanya saja lakunya sebagai souvenir. Bukan hanya warga setempat yang ingin menyimpannya untuk dijadikan kenang-kenangan bersejarah, warga negara asing juga banyak yang memburunya.

Biasanya, salah satu ciri mata uang termurah sedunia memiliki nominal besar atau angka digit banyak per lembarnya. Sebut saja misal dolar Zimbabwe ada yang denominasi 100.000.000.000.000 (seratus triliun). Bagaimanakah dengan rial Iran? Saya cek di Wikipedia ternyata nominal terbesarnya hanya 100.000 rial.

Baca juga: 4 mata uang dengan harga kurs lebih rendah dari rupiah

Gambar mata uang termurah di dunia

Di internet banyak sekali foto yang memperlihatkan betapa murahnya dolar Zimbabwe. Di antaranya tampak seseorang membeli makanan dan membayarnya dengan segepok uang kertas. Demi menyingkat waktu, uang pembayaran itu tidak dihitung per lembar seperti pada umumnya, tetapi malah ditimbang karena jumlah saking banyaknya.

Kemudian ada lagi seorang anak-anak. Dia membawa uang jajan sampai pakai gerobak segala untuk mengangkut. Dengan mimik muka tanpa rasa takut, dia berjalan dengan mendorong gerobak tersebut. Mungkin dalam hati dia yakin tidak akan ada orang jahat mau mencopetnya.

Berikut foto-foto lainnya.

Harga roti di Zimbabwe
Harga roti di Zimbabwe via imgix
Seratus triliun dolar Zimbabwe hanya bisa beli tiga butir telur
Tiga butir telur seharga seratus triliun dolar Zimbabwe via kompas
Harga es krim di Zimbabwe dua ratus ribu dolar
Harga es krim di Zimbabwe dua ratus ribu dolar via satujam
Seseorang membawa banyak uang dolar Zimbabwe
Bawa uang dolar Zimbabwe via businessinsider
Dolar Zimbabwe dihitung dengan ditimbang
Dolar Zimbabwe dihitung dengan ditimbang via dailymail
Tumpukan uang dolar Zimbabwe banyak banget
Uang dolar Zimbabwe via mirror.co.uk
Uang dolar Zimbabwe dijadikan wallpaper
Wallpaper dolar Zimbabwe via ggpht

Itu dolar Zimbabwe. Lalu, bagaimanakah dengan mata uang termurah sedunia saat ini, rial Iran? Lama saya cari-cari tetap tidak menemukan gambar-gambar yang “menggelikan” seperti di atas. Yang saya dapatkan hanya ini, sebuah gambar perbandingan rial Iran versus dolar AS.

Rial Iran versus dolar Amerika Serikat
Rial Iran versus dolar Amerika Serikat via euronews

Selanjutnya baca: Daftar mata uang tertinggi di dunia.

Gravatar Image

Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *