Maksud dunia pertama, kedua, ketiga, negara maju, berkembang dan terbelakang

Maksud Dunia Pertama, Kedua, Ketiga, Negara Maju, Berkembang dan Terbelakang – Banyak yang bilang negara kita tercinta, Indonesia , adalah kawasan Dunia Ketiga. Dan ngomong-ngomong mengenai Dunia Ketiga, biasanya yang ada di pikiran kita adalah negara miskin atau berkembang. Faktanya tidak semua negara yang di sebut dunia ketiga adalah negara miskin, contohnya Arab Saudi dan negara-negara lain di semenanjung arab yang kaya akan minyak. Jadi yang benar apa dong arti dunia ketiga itu?

Sejarah Asal-Usul Sebutan Dunia Pertama, Kedua dan Ketiga

Berawal pada masa perang dingin atau cold war (Perang Dunia ke-2). Pada masa itu keadaan dunia benar-benar kacau. Dan pada akhir perang, peta kekuatan dunia terbelah menjadi dua kubu besar. Kedua kubu tersebut saling bertolak belakang baik dalam pemerintahan dan pandangan sikap politik. Adapun kubu atau blok yang terbentuk iyalah blok barat dan blok timur. Blok barat biasa disebut dunia pertama, sedangkan blok timur disebut dunia kedua. Terus dunia ketiga nya mana? Baca terus sampai habis.

Apa itu Negara Blok Barat atau Dunia Pertama?

Blok Barat adalah salah satu kubu besar yang terbentuk saat akhir perang dunia ke-2. Negara-negara yang termasuk kubu ini adalah negara barat yang condong beraliran kapitalis. Amerika Serikat pemeran utamanya dan didukung oleh negara-negara sekutunya yang tergabung dalam NATO, seperti: Inggris, Jerman Barat, Belanda, Spanyol, Perancis, dll. Selain itu ada juga Israel, Jepang, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Grup ini selain disebut negara Blok Barat dan dunia satu, tapi juga disebut Blok Kapitalis dan Dunia Bebas

Apa itu Negara Blok Timur atau Dunia Kedua?

Blok Timur adalah lawannya kubu blok barat. Kalau di blok barat pemeran utamanya adalah Amerika Serikat, tapi kalau di blok ini iyalah Uni Soviet (U.S.S.R). Kubu ini beraliran komunis-sosialis. Uni Soviet di dukung oleh negara-negara Eropa Tengah dan Timur, seperti: Timur (Bulgaria, Cekoslovakia, Jerman Timur, Hungaria, Polandia, Romania, dan Albania. Pendukung lain yang berada di luar Eropa juga ada yaitu Cina dan Kuba. Kumpulan grup ini selain disebut sebagai blog timur dan dunia kedua, tapi juga disebut Pakta Warsawa (Aliansi Militer yang dipimpin Uni Soviet) dan Comecon (Organisasi ekonomi negara-negara komunis).

Kalau sudah terbelah menjadi dua kubu, blok barat dan timur, terus yang disebut dunia ketiga yang mana?

Apa itu Dunia Ketiga?

Dunia Ketiga adalah negara-negara yang tidak berpihak pada kedua kubu besar di atas. Dunia Ketiga ini biasanya adalah negara-negara bekas jajahan atau kolonial, yang umumnya terdiri dari negara sedang berkembang, negara kurang berkembang dan juga beberapa negara yang miskin. Istilah ini juga kadang-kadang diambil yang identik dengan negara-negara dalam Gerakan Non-Blok.

Apa Yang Dimaksud Negara Maju, Berkembang dan Terbelakang?

Berdasarkan sejarah yang sudah uangindonesia.com tuliskan diatas, penggolongan Dunia Pertama, Dunia Kedua, dan Dunia Ketiga bukanlah penggolongan tingkat ekonominya. Jadi apabila ada yang bilang Dunia Ketiga adalah negara miskin, itu kurang benar. Namun karena biasanya negara-negara yang masuk kelompok dunia ketiga adalah negara miskin, maka terciptalah stereotipe Dunia Ketiga adalah negara miskin.

Dalam perkembangannya sekarang ini, penyebutan Dunia Pertama, Kedua, dan Ketiga, banyak yang menilai kurang etis, karena berhubungan dengan angka (angka pertama berasa superior). Maka muncul istilah baru untuk menggantinya, yaitu Negara Maju, Negara Berkembang dan Negara Tertinggal. Namun istilah inipun banyak pihak yang menilai masih kurang pantas.

Ada Satu Lagi, Yaitu Dunia Keempat. Apakah itu?

Istilah kelompok “Dunia Keempat” sebenarnya tidak merujuk kepada sekumpulan beberapa negara tertentu yang tergabung dalam suatu kubu, melainkan merupakan satu atau beberapa kaum suku bangsa yang terkadang tidak diakui baik itu secara etnis, agama, maupun terasingkan dalam hal sistem percaturan politik dan ekonomi dunia.

Mereka padahal biasanya merupakan suku bangsa asli dari suatu negara yang masih bermukim di wilayah asli mereka.

Namun nyatanya terkadang mereka ada juga yang harus tersingkirkan dan harus berpindah wilayah di luar perbatasan negara tersebut bahkan hingga akhirnya tersebar di berbagai negara lainnya di luar wilayah asli mereka, bahkan terkadang harus hidup secara nomaden (berpindah-pindah).

Contoh-Contoh Yang Termasuk Kelompok Dunia Keempat

aborigin

  1. Suku Bangsa Aborigin yang sebetulnya bangsa asli Australia.
  2. Suku Indian yang sebetulnya bangsa asli Amerika Serikat.
  3. Suku Inuit (Eskimo) yang sebetulnya bangsa asli Kanada Utara dan Alaska.
  4. Suku QueChua yang sebetulnya bangsa asli di Amerika Selatan.
  5. Suku Bangsa Romani yang nenek moyangnya berasal dari India Utara. Suku bangsa ini tersebar di benua Eropa dan Amerika. Suku ini disebut juga Kaum Gipsy.
  6. Suku bangsa Sami
  7. Suku Maori
  8. Suku Kurdi
  9. Yahudi Ashkenazi

Begitulah sejarah singkat mengenai asal-usul munculnya istilah Dunia Pertama, Kedua, Ketiga, Negara Maju, Berkembang dan Terbelakang berikut penjelasan yang menurut saya lumayan lengkap. Untuk selanjutnya besok, mungkin saya akan bahas Komunis-Sosialis.

2 thoughts on “Maksud dunia pertama, kedua, ketiga, negara maju, berkembang dan terbelakang”

  1. pengertian tentang dunia ke 3 nya kurang lengkap dan seharusnya backgroundnya lebih bagus. tapi lumayan lahh

Leave a Comment