smartphone bisa menggantikan fungsi benda-benda
Fungsi smartphone via google.com

Lebih hemat, smartphone bisa menggantikan fungsi benda-benda ini?

Posted on

Berkat kemajuan teknologi, fungsi handphone (HP) tidak hanya telepon dan SMS saja. Benda yang dalam bahasa Indonesia disebut telepon seluler atau disingkat ponsel, didesain memiliki fitur yang sangat banyak. Sangken banyaknya, ia pun mendapat nama baru, smartphone.

Mendapat predikat telepon pintar tentu bukan alasan. Seperti yang uangindonesia.com katakan di atas, fungsi smartphone sangat banyak dan hebatnya bisa menggantikan kegunaani benda-benda lain. Apa sajakah itu? Berikut ini daftarnya.

Benda-benda yang fungsinya digantikan smartphone

Dengan menggunakan smartphone, Anda tak butuh lagi benda-benda berikut. Bahkan mungkin tidak perlu membelinya.

  • Telepon rumah

Meski bagi beberapa orang wajib memiliki telepon rumah, namun sebagian berpendapat lebih memilih ponsel saja. Bahkan beberapa keluarga yang dulunya memiliki telepon rumah, sekarang sudah tidak aktif lagi. Sebagai gantinya, masing-masing anggota keluarga pegang handphone satu-satu. Dengan begitu, satu sama lain tetap bisa komunikasi meski tidak sedang berkumpul.

  • Surat (pesan dan sejenisnya)

Sekarang sudah tidak zaman berkirim surat dibungkus amplop dan dibubuhi perangko. Selain mahal dan sampai ke tujuan butuh waktu berhari-hari, saat ini sudah ada teknologi email alias surel (surat elektronik). Dan yang menggembirakan, hal itu bisa dilakukan cukup dengan smartphone. Tentunya harus terkoneksi jaringan internet juga.

Kelebihan email bisa sampai ke tujuan saat itu juga. Biaya lebih murah dan tidak hanya teks, kirim foto, video, audio, dan file lain pun bisa.

Baca juga: Cara mendapatkan uang banyak tanpa modal dan tidak melakukan apapun

  • Buku catatan

Anda akan butuh buku catatan untuk menyimpan kontak/nomor telepon orang jika menggunakan telepon rumah. Tapi dengan ponsel, semua bisa dicatat di dalamnya dan Anda bisa melihat lagi kapan pun. Selain menyimpan kontak, handphone-handphone keluaran baru juga dilengkapi fitur note yang bisa Anda gunakan untuk menulis catatan lain. Dengan begitu, kebutuhan Anda akan buku bisa berkurang.

  • Jam

Meskipun terlihat sepele, manusia sangat butuh jam untuk membantu mengetahui waktu. Harga jam dinding dan jam tangan memang ada yang murah. Namun kelemahannya harus di-setting agar menunjukkan pukul yang tepat. Kalau baterai mau habis, jam melambat dan bisa mengecoh Anda. Jadwal pun jadi kacau.

Berbeda dengan jam pada ponsel. Asal ada sim card dan setting regional sesuai lokasi, jam akan selalu menunjukkan pukul yang tepat.

  • Timer dan stopwatch

Anda butuh kedua benda ini? Kalau iya tapi tidak ada budget untuk membeli jangan paksakan hutang ke toko. Cukup manfaatkan saja ponsel yang Anda miliki. Jangankan model terbaru, handphone jadul keluaran lama pun memiliki fitur dasar ini.

  • Kalender

Jangan salah, kalau Anda bisa mengutak-atiknya, kalender pada smartphone bisa dibikin agar ada notifikasi hari libur/besar nasional. Utak-atiknya bukan manual dan ditandai satu per satu. Silakan cari di Google ya caranya. Yang jelas, fitur ini bisa menggantikan kalender meja atau pun kalender tembok.

  • Kompas dan GPS

Takut kesasar, tidak tau arah, dan butuh petunjuk jalan? Tak perlu kemana-mana bawa kompas. Jadi kalau sewaktu-waktu di jalan butuh petunjuk, sebelum terlihat bingung kaya orang hilang, segeralah keluarkan smartphone dan lihat menu kompas dan GPS.

  • Peta / map

Hampir sama pada poin di atas.

  • Alarm

Bila Anda susah bangun pagi tapi ada tuntutan berangkat kerja lebih awal, berarti bukan hanya jam yang Anda butuhkan tapi juga alarm. Jam dengan fitur alarm atau yang biasanya disebut waker sudah pasti baterai lebih cepat habis. Akhirnya suara melemah. Jangankan membangunkan, bisa-bisa malah tak terdengar sama sekali.

Sedangkan alarm smartphone bisa Anda atur volume dan nadanya sesuai keinginan. Ditambah ada fitur snooze yang membuatnya  berbunyi ulang kalau Anda tidak bangun-bangun.

  • Kalkulator dan konverter

Adakah di antara Anda menghitung banyak angka pakai coret-coret di kertas? Kalau di sekolah mungkin iya karena tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator. Kalau di rumah?

Dengan memiliki gadget smartphone, Anda tidak butuh lagi kalkulator biasa karena hp low end pun sudah tersemat fitur ini. Selain itu terdapat juga menu konverter untuk menghitung perbandingan berat, luas, jarak, suhu, tenaga, bahkan kurs mata uang.

Artikel terkait: Mengapa nama dan kurs mata uang negara-negara di dunia berbeda-beda?

  • Radio

Mungkin sudah jarang orang yang masih memiliki hobi mendengarkan radio. Tapi yang jelas masih banyak stasiun radio yang tetap berdiri. Kalau Anda ingin mendengarkannya tak perlu beli radio seperti dulu. Coba cek menu di HP Anda karena mayoritas dilengkapi fitur ini.

  • Televisi

Selain radio, beberapa handphone dilengkapi TV tuner juga. Jika iya dan Anda ingin menonton tanpa digangguin anggota keluarga lain, Anda tak perlu beli televisi pribadi. Cukup gunakan saja menu tersebut. Sebagian smartphone memang tidak ada fitur ini, tapi Anda masih bisa streaming asal ada koneksi internet.

  • Pemutar musik

Kalau dulu memutar lagu favorit pakai walkman atau pemutar kaset, sekarang zamannya pakai benda multifungsi HP. Jalan kemana pun Anda tak perlu bawa banyak barang.

  • Pemutar video

Sama seperti fungsi pemutar musik di atas. Tambahannya kita bisa juga memutar video di Youtube asal ada koneksi internet. Berharap saja deh semoga di Indonesia merata tersedia wifi gratis, hehe.

  • Kamera

Kalau kebutuhan kamera Anda hanya sebatas hobi untuk mengabadikan moment spesial, kamera ponsel bisa diandalkan. Apalagi ponsel yang diproduksi akhir-akhir ini, harga murah tapi fitur lumayan. Sebatas tambahan informasi saja, biasanya spesifikasi smartphone berbeda-beda tergantung merk dan tipe. Kalau mau, Anda bisa mencari yang khusus mengedepankan kualitas kamera. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi beli kamera.

  • Perekam suara

Kamera bisa menangkap gambar dan atau merekam dalam bentuk video. Bagaimana kalau Anda ingin merekam suaranya saja? Tenang, tak perlu Anda membeli recorder di toko. Coba cek smartphone Anda. Bagaimana jika sudah dicari tapi ternyata tidak ada? Anda bisa instal aplikasinya dengan men-download di Play Store, App Store, atau lainnya.

  • Senter

Mati lampu dan butuh penerangan? Kalau jarang terjadi dan waktunya sebentar, tidak perlu kok Anda membeli senter.

Dalam hal ini saya amati ada dua bagian. Pertama, biasanya HP low end yang tidak ada fitur kamera di atas ada lampu khusus yang memang fungsinya dijadikan senter. Kedua, HP berkamera dengan lampu flash. Nah lampu ini bisa difungsikan sebagai senter dengan bantuan aplikasi pihak ketiga atau memang sudah ada setting senter bawaan dari pabrik.

Kalau tidak ada keduanya (berkamera tapi tidak ada flash)? Mau tidak mau manfatkanlah pancaran cahaya yang terpancar dari layar.

  • Buku bacaan, majalah, koran, dan sebagainya

Membaca memang sangat penting untuk menambah wawasan dan mengetahui berita terkini. Jika budget untuk membeli buku, majalah, dan koran minim, Anda tetap masih bisa membaca dengan membuka internet melalui browser HP. Ngotot harus buku? Mungkin Anda perlu mencoba ebook reader. Dengannya Anda membantu menghemat penggunaan kertas yang dibikin dengan menebang pohon.

  • Game

Butuh hiburan main game? Games yang tersedia di smartphone cukup bagus kok. Semakin canggih smartphone yang Anda miliki, game yang tersedia dan bisa diinstal semakin mengimbangi. Bagi maniac gamer dijamin akan terbuang banyak waktunya karena hal ini.

  • Modem

Smartphone keluaran baru bisa dijadikan hotspot dengan setting tethering atau berbagi internet. Sehingga pengguna tidak perlu modem lagi untuk menghubungkan komputer/laptop ke internet. Kelebihan lain tidak perlu bolak-balik copot sim card dan memindahkan dari hp ke modem. Jadi cukup 1 sim card sudah cukup.

  • Komputer (PC) / laptop

Sudah banyak tugas komputer yang sudah diambil alih smartphone. Selain yang sudah saya sebutkan di atas, hal lain seperti edit gambar, video, copy file, dan sebagainya juga iya. Kedepannya mungkin akan lebih banyak lagi meski saat ini mengerjakan itu hasilnya masih lebih baik menggunakan komputer.

Benarkah menggunakan smartphone bisa lebih hemat?

Kalau ditanya seperti itu, jawabannya bisa iya bisa tidak. Iya jika memang Anda memerlukan semua fitur dan bisa memanfaatkan secara maksimal. Sebaliknya, justru jadi boros jika Anda membeli gadget yang mahal namun banyak fitur yang tidak Anda butuhkan. Alhasil dianggurin saja dan sia-sia.

Agar bisa memilih smartphone yang tepat sesuai kebutuhan dan tidak “buang-buang” banyak uang, silakan baca petunjuk Cara hemat membeli gadget smartphone, tablet, dan smartphone.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *