Bisakah ganti kartu ATM BNI jenis silver ke gold bahkan platinum?

Bisakah ganti kartu ATM BNI jenis silver ke gold bahkan platinum? Kalau bisa, bagaimana caranya? Kartu ATM atau debit card keluaran BNI yang paling umum dan banyak dipakai ada 3 jenis, yaitu silver, gold, dan platinum. Kartu ini bisa nasabah dapatkan pada saat buka rekening berbarengan dengan buku tabungan. Selain bisa dipakai di Automatic teller machine buat tarik tunai dan transfer, dapat juga digunakan di mesin EDC di supermarket untuk pembayaran belanja.

Dari ketiganya, untuk melakukan tarik tunai, transfer, dan transaksi belanja mempunyai limit yang berbeda-beda. Jenis silver memiliki limit paling kecil (terbatas), warna gold sedang, sedangkan tipe platinum batasnya paling besar. Namun tentunya limit ini berbanding lurus dengan biaya bulanannya. Lebih detail silakan baca: Perbandingan kartu ATM BNI silver, gold, dan platinum.

Oke, anggap saja kartu ATM yang anda miliki saat ini yang jenis silver. Ini dikarenakan untuk nasabah yang baru bikin rekening, Customer Service biasanya merekomendasikan kartu ATM warna perak atau abu-abu ini (alasannya biaya administrasi paling murah). Namun karena limitnya terbatas, bisa saja dong anda tidak cocok lagi karena kebutuhan tarik tunai, transfer, dan transaksi belanja sehari-hari anda besar. Nah pertanyaan selanjutnya iyalah bisakah ganti kartu ATM BNI dari jenis silver ke gold bahkan platinum? Kalau bisa bagaimana caranya?

Debit card atau kartu ATM BNI bisa diganti dari jenis silver ke gold atau bahkan platinum

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah bisa. Nasabah BNI bisa bebas memilih mau kartu ATM jenis apa saja yang dirasa cocok sesuai kebutuhan. Gantinya terserah, bisa naik bisa pula turun. Dari silver bisa pindah ke gold ataupun platinum. Jenis gold bisa naik ke platinum ataupun turun ke silver. Begitu juga yang platinum, bisa diturunkan ke mana saja, mau ke gold bisa, mau ke silver sekalian juga gak ada masalah.

Namun biasanya pergantian naik akan lebih selektif. Nasabah dengan kartu ATM BNI silver dan saldo pas-pasan seakan-akan ‘dipersulit’ untuk pengajuan ganti kartu menjadi gold. Anda bisa memikirkan alasannya sendiri. Misal saldo saya beberapa bulan terakhir stuck di angka 5 juta rupiah. Lalu saya meminta ganti ATM silver ke gold. Pasti Customer Service mengingatkan bahwa kartu ATM silver masih mampu tarik saldo dan transfer kisaran angka tersebut. Kalau ganti gold bahkan platinum hanya akan sia-sia bahkan rugi karena potongan bulanannya lebih besar.

Tapi kalau untuk orang yang saldonya mencukupi, pergantian kartu silver ke gold atau platinum akan lebih gampang disetujui. Begitu juga untuk pergantian turun. Tanpa dicek saldonya akan lebih mudah disetujui asalkan syarat-syaratnya dipenuhi.

Oh ya, nanti setelah ganti akan terikat aturan yang berlaku di kartu baru. Seperti misalnya biaya bulanan, limit transaksi, juga kartu ATM-nya diganti baru yang warnanya menyesuaikan jenisnya. Sedangkan nomor rekening akan tetap sama.

Baca juga: Cara mengaktifkan kartu ATM BNI yang terblokir dengan gampang

Cara dan syarat ganti kartu ATM BNI jenis silver ke gold bahkan platinum

Caranya datanglah ke kantor cabang BNI. Usahakan yang anda tuju adalah cabang tempat anda buka rekening dulu. Masuk lalu ambil nomor antrean bagian CS (atau tanyakan ke satpam biar gak salah ambil). Lalu tunggu sampai giliran nomor anda dipanggil.

Sebelum datang ke sana jangan lupa bawa persyaratan sebagai berikut: Buku tabungan, kartu identitas yang masih berlaku / KTP elektronik, kartu ATM yang mau diganti, dan sejumlah uang kecil untuk keperluan lain-lain. Ingat ya anda (pemilik rekening) harus datang sendiri alias tidak boleh diwakilkan.

Setelah nomor antrean dipanggil dan sudah duduk berhadapan dengan CS, utarakan saja tujuan anda yaitu untuk ke mangganti kartu ATM BNI ke jenis yang lain kepada CS tanpa malu-malu. Nanti CS akan membantu anda dengan ramah.

Setelah berhasil, biaya yang dikenakan sepertinya hanya untuk bayar kartu ATM baru saja dan itu harganya tidak lebih dari RP25.000,00. Meski demikian tidak ada salahnya anda bawa uang lebih karena siapa tau harus bayar meterai dan biaya khusus untuk perubahan atau ganti kartu ATM BNI ke jenis yang lain.

Selanjutnya baca: Cara mengurus kartu ATM BNI yang hilang