Cara menerima uang lewat Western Union
Cara menerima uang lewat Western Union via staticflickr.com

Cara menerima uang lewat Western Union

Posted on

Cara menerima uang lewat Western Union – Selain karena hobi, alasan saya lainnya mau capek-capek ngurus blog uangindonesia.com ini juga karena biar dapat bayaran dari Google Adsense, sebuah perusahan raksasa di bidang internet ini. Saya tinggal di Indonesia dan tiap bulan tanggal 21 dapat gaji dari kantor cabang Google yang berlokasi di Singapura. Ini artinya mereka membayar saya melalui transfer lintas negara.

Sebenarnya Google menawarkan beberapa metode pembayaran. Bisa melalui cek, transfer wire bank, dan melalui jasa Western Union. Sebetulnya saya bisa saja memilih cek atau pun transfer bank. Namun saya rasa itu akan memakan waktu lama. Soalnya rekening bank yang saya punya hanyalah bank lokal. Kalau mau terima transfer dana dari luar negeri dibutuhkan kode swift bank dan proses sampainya bisa memakan waktu kurang lebih 2-3 hari. Belum lagi kalau mempertimbangkan potongan / fee yang jumlahnya buat saya lumayan gede.

Baca lainnya: Daftar kode swift bank yang ada di Indonesia

Atas dasar semua itu maka saya pilih Western Union saja. Dengan menggunakan jasa ini, saya tidak perlu nomor rekening bank, proses sampainya hanya dalam hitungan detik, dan yang tidak kalah menguntungkan saya sebagai pihak penerima tidak perlu membayar fee. Semua biaya transfer yang sebetulnya juga tidak besar-besar amat sudah dibayar bos saya, Google hehe. Untuk mengambil uangnya, saya hanya perlu datang ke agen Western Union yang tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Saya bisa pilih di mana saja yang sekiranya paling dekat dengan lokasi tempat tinggal.

Nah berikut inilah saya akan berbagi pengalamannya…

Cara menerima uang lewat Western Union

Sebetulnya WU (Western Union) tidak hanya bisa digunakan untuk transfer antar negara. Masih satu negara juga bisa. Jadi cerita saya di atas jangan dijadikan patokan. Baik se-negara maupun antar negara, keduanya sama saja cara mengambil duitnya, yaitu datang ke agen WU terdekat.

Sebelum mendatanginya, pastikan dulu orang yang mau mengirim uang sudah melakukan transfer. Darinya nanti kita minta kode MTCN dan data berupa nama, alamat pengirim, dan jumlah nominal uang yang dikirim. MTCN singkatan dari Money Transfer Control Number. Kode ini dikasih pihak WU kepada pengirim untuk dikasihtahukan kepada penerima yang nantinya berguna untuk syarat pengambilan uang. Meskipun hampir mirip dengan nomor resi pada pengiriman paket/barang, namun MTCN ini bersifat rahasia. Usahakanlah yang mengetahui cuma pihak pengirim dan penerima saja. Bahkan saat di agen WU sewaktu mau ambil uang pun, kadang-kadang penerima yang harus input sendiri di komputer sana.

Saya sendiri dapat kode MTCN dari Google Adsense melalui dashboard akun Adsense yang sebelumnya diberitahukan dulu dengan email. Sesaat menerimanya, saya bisa langsung datang ke agen WU terdekat untuk ambil uang. Begitupun juga dengan anda, setelah dikasih kode MTCN dari orang yang mengirim uang kepada anda, saat itu juga bisa langsung mengambilnya. Ini artinya, bila mau, kedua pihak (pengirim dan penerima) bisa sama-sama berada di tempat agen WU yang beda tempat. Dengan bantuan komunikasi handphone untuk memberitahu kode MTCN, detik itu juga kiriman uang akan sampai ke penerima. Begitu cepatnya bukan?!.

Artikel terkait: Cara daftar akun Adsense via Youtube dan bisa dipasang di blog

Bagi yang belum tau di mana saja tempat agen Western Union, berikut saya sertakan beberapa di antaranya.

  • Di loket-loket pinggir jalan. Selagi di depan situ ada papan nama dengan logo Western Union warna kuning, pasti di loket tersebut melayani jasa pengiriman dan pengambilan uang lewat WU.
  • Di Pegadaian yang plang namanya terdapat tag line “Mengatasi masalah tanpa masalah.”
  • Di seluruh Kantor Post yang tersebar di Indonesia.
  • Di Indomaret.
  • Di bank-bank umum.
  • JNE.
  • Dll

Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mengambil uang kiriman lewat Western Union

Setelah dapat kode MTCN, data pengirim, dan menemukan lokasi agen WU terdekat, tidak serta merta uang langsung dikasih. Ada syarat yang harus dipenuhi. Yaitu:

  1. Penerima harus datang sendiri, tidak boleh diwakilkan.
  2. Bawalah kartu identitas asli yang masih berlaku. Bisa KTP, SIM, maupun Paspor. Jangan lupa juga foto copy-annya, cukup satu lembar saja.

Cara menerima uang lewat Western Union di Kantor Pos

Jujur selama ini saya hanya pernah ambil kiriman uang lewat Western Union di Kantor Pos doang. Kalau di tempat lain mungkin cara sama saja. Datang ke sana, serahkan syaratnya ke petugas, lalu mereka akan memprosesnya dengan baik.

Di Kantor Pos kalau tidak antri saya langsung hampiri petugas. Lalu bilang mau ambil uang lewat WU sambil serahkan kertas berisi tulisan kode MTCN dan data pengirim. Setelah ngecek di komputer dan memang ada kiriman, dia minta saya nunjukin KTP. Setelah itu dia memberikan saya formulir kecil yang harus diisi. Sehabis menandatangani dan minta photo copy-an KTP, dia langsung menyerahkan uangnya kepada saya. Setelah itu saya langsung pulang…

Simak juga: Cara mendapatkan uang di internet dengan media blog

Lain-lain

  • Gaji yang saya terima dari Google Adsense sebenarnya dalam bentuk dolar. Namun setelah saya ambil via Western Union, secara otomatis sudah terkonversi menjadi rupiah. Rate-nya menyesuaikan kurs saat itu.
  • Jumlah uang yang kita terima utuh sesuai yang tertera pada formulir karena penerima uang tidak dikenakan biaya sepeserpun.
  • Bila karena beberapa hal pengambilan uang dengan cara seperti di atas gagal padahal anda sudah mengisi formulir, maka mintalah semua formulir tersebut dari petugas dan kalau perlu catat nama petugas yang melayani tadi. Kemudian segeralah pindah ke tempat agen WU lain.

Demikianlah cara menerima uang lewat Western Union baik dari dalam maupun luar negeri. Semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan ataupun bagi blogger lainnya untuk mencairkan gaji Google Adsense tiap bulannya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di bawah ini. Terimakasih.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

32 thoughts on “Cara menerima uang lewat Western Union

  1. Mas kalo adanya ktp sementara(biodata ktp) kira kira bisa tidak mas di ambil uangnya ?

  2. Kalo pakai kartu pelajar bisa gk?
    Saya masih sma1 soalnya.
    atau tidak usah pakai kartu identitas yapi pakai mtcn saja.
    tolong dibalas gan

    1. mtcn dan harus bawa kartu identitas. Kartu identitas yang diperbolehkan adalah kartu ID yang dikeluarkan pemerintah seperti KTP, SIM, Paspor dll. Kalau memang belum punya KTP, kartu pelajar kemungkinan bisa. Atau bisa juga ditambahkan lainnya seperti KK atau akta juga boleh hehe

  3. Apakah bisa saya mengambil uangdi western union tapi penerimannya bukan atas nama saya.. atau di wakilkan saya punya data pengirim kode pin dan nominal tapi penerimannya bukan atas nama saya bisa gak minn kira di ambil

  4. Jadi jumlah yang kita tulis di formulir (misalnya) dalam dollar dan saat kita ambil otomatis sudah di konversi ke rupiah?

  5. Slamat siang admin mohon dibantu.. suami saya ada kekurangan mengetik nama saya saat mengirim uang via WU,sehingga saya tdk bisa mencairkannya karna tdk sesuai ktp..mohon sharing infonya bagaimana cara utk suami saya dpt mengedit informasi nama penerima diakunnya..karna hanya kurang 1 kata saja..trimakasih min

    1. kurang satu kata apa huruf? memang susah kalau mencairkannya ada masalah seperti ini di kantor pos. bisa di coba di tempat lain seperti kantor pos tempat lain, pegadaian, indomaret, bank, dll. kalau tetap tidak bisa, saya ada kenalan teman yang punya jasa pencairan WU. kalau mau silakan hubungi saya lagi melalui kontak ini https://uangindonesia.com/kontak/

  6. Gan mau nanya, kalo ktp jawa ambil uangnya di jakarta bisa gak? Persyaratan selain KK apa yah? Masalahnya KK saya di kampung, saya adanya sim sama akte lahir palingan makasih

  7. Gan , kode western union itu bisa berubah gak sih? Trus abis pengiriman biasanya bisa diambil kapan?

  8. maaf mau tanya …sudah
    dua hari lewat, kiriman belum di ambil. kira kira itu angus tidak?

  9. makasi byk infonya min.. mo nanya kalau terima transfernya melalui bank, kira2 bank apa ajah yah yg bisa? costnya lebih mahal yah min?

    1. tidak semua bank bisa. yang paling gampang dan paling banyak dipilih ya Kantor Pos. Pegadaian dan Indomaret juga jarang.

      Di bank biayanya sama saja

  10. Mas.. nama saya MUH ABD HASAN NURHIDAYAT. Tapi di nama pembayaran saya menulis M A HASAN NUR HIDAYAT.
    Itu klw di WU di permasalahkan ga?
    Trus langkah apa yg akan sy ambil?
    Sy punya KTP dan SIM dengan nama sy sebelumnya.. mkasih banyak informasinya..

  11. kalau namanya cuma satu suku kata, misal Sumiyati, tapi ini sudah sesuai KTP. ada kesulitan untuk ngirimnya gak ya? kan ada yang nanya nama belakang gitu (dari WU LN )?

  12. Kalau ingin mengambil uang no MTCN ada tapi nama pengirim, alamat, tgl ulangtahun dll itu tidak tau bagaimana? Karena di indomaret harus lgkp diisi sedangkan saya tdk tau gmna ?

  13. Mau nanya mas kirim lewat wu tp pakek rekening bank BRI,si pengirim mengatasnamakan bang mandiri itu gmna ya mas soaly hampir 1 bulan ni uang blm bisa dicairkan…

    1. Bapak pihak yang mengirim apa yang menerima?

      Kalau pihak yang menerima, yang dibutuhkan cuma kode MTCN dan identitas Bapak sekaligus pengirimnya (nama pengirim dan alamatnya).
      Kalau bapak pihak yang mengirim, biasanya ada formulir WU khusus deh

  14. kalo saya kan hanya ada kartu pelajar bisa ngga?tapi nama udah sesuai sama kartus pelajar

  15. Pagi Gan..
    saya mau nanya nih…
    saya baru pertama kali memakai jasa wu. Apa yang harus saya informasikan bagi pengirim dan khususnya saya sebagai penerima? Dan apakah ada administrasi yang harus dibayar oleh penerima dan pengirim?

    1. paling kode MTCN dan data penerima dan pengirim doang (nama, alamat, nomor telp, dsbg). Di kanto POS dan Indomaret gratis alias tidak dipungut biaya

Comments are closed.