Cara mendapatkan angpao saat tahun baru Cina imlek
Dapat angpau via pressidium.com

Cara mendapatkan angpao saat tahun baru Cina imlek

Posted on

Cara mendapatkan angpao saat tahun baru Cina imlek – Gong xi fa cai buat pembaca yang merayakannya. Semoga di hari tahun baru Cina ini turun hujan biar rezeki setahun kedepan bisa berlimpah. Bagi yang belum tau mengapa bisa begitu? Silakan baca Alasan hujan di hari imlek dipercaya bisa membawa kesejahteraan orang Tionghoa.

Ngomong-ngomong tentang tahun baru Cina, biasanya identik dengan warna merah, lampion, kue ranjang, barongsai, dan tentu saja yang paling banyak disuka orang, angpao. Bagaimana tidak, angpao adalah amplop yang terbuat dari kertas warna merah, ada gambar desain yang “bau-bau” chinese, dan di dalamnya berisi uang.

Meskipun bukan orang Tionghoa, tapi saya pernah punya bos “bermata sipit” itu. Saya juga cukup dekat dengannya sampai tau mitos-mitosnya. Salah satunya Kalau celana dalam kita dicucikan orang lain, rezeki bisa berpindah ke orang tersebut.

Ok, kembali ke topik. Angpao biasanya dibagikan pada hari imlek oleh orang yang lebih tua atau kaya ke orang yang lebih muda atau orang yang kurang beruntung. Jumlah isinya beragam. Penerimanya tidak hanya orang Tionghoa, non-chinese juga boleh menerimanya. Saya saja dulu setiap tahun selalu mendapatkannya dari bos.

Berikut inilah beberapa tips cara mendapatkan angpao yang bisa anda praktekan

  • Pakai baju merah

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, tahun baru Cina identik dengan warna merah. Kalau anda berharap bos, saudara, atau teman Tionghoa memberi angpao kepada anda, pakailah baju yang berwarna merah. Dengan begitu anda dikiranya ikut meramaikan imlek. Tapi ingat, baju merahnya jangan kaos ada lambang partai, ntar malah dikira mau kampanye, hehe.

  • Bertamu ke rumah bos sambil bawa anak kecil

Menurut teman saya yang bapak ibunya Tionghoa, kalau kita sudah gede dan punya pekerjaan, ada baiknya jangan pernah meminta angpao. Angpao seharusnya dikasih ke anak kecil ataupun orang yang sedang kesusahan sebagai hadiah, amal, dan sebagainya.

  • Pura-pura jomblo

Selain anak-anak, konon kabarnya yang “berhak” mendapatkan angpao adalah orang yang belum menikah atau single / masih sendiri alias jomblo. Tips yang satu ini dipercaya bisa membuat kita mendapatkan angpao yang banyak.

  • Kepalkan tangan

Trik atau cara mendapatkan angpao di hari imlek selanjutnya adalah dengan mengepalkan tangan sambil kepala manggut-manggut selayaknya orang berdoa atau kebiasaan kebanyakan orang cina.

  • Ucapkan Gong xi fa cai

Kalau sudah mengepalkan tangan namun bos belum juga memberi anda angpao, cobalah ucapkan padanya Gong Xi Fa Cai atau Selamat Tahun Baru.

  • Putar lagu bernuansa Gong xi fa cai

Saat saya main ke rumah bos tepat hari imlek, mereka bersama keluarga biasanya dikunjungi oleh saudara yang lebih muda. Kemudian berkumpul, makan-makan, bahkan main jud1 antar anggota keluarga. Anak kecil pun biasanya diikutsertakan, hihi.

Seharian penuh mereka bersenang-senang seperti itu sambil diiringi musik lagu mandarin. Oh ya di hari itu dalam rumah tersebut tidak boleh ada yang menyapu atau bekerja bersih-bersih sisa makanan sekalipun yang melakukannya adalah pembantu. Konon kabarnya, menyapu rumah di hari imlek bisa membuang rezeki.

Nah jika anda ingin mendapatkan angpao, cobalah bertandang ke rumah bos yang sedang bersuka cita seperti ini. Kemudian putarlah lagu mandarin yang bernuansa gong xi fa cai dengan hp atau sejenisnya di depannya. Meskipun anda mungkin tidak tau artinya, tapi si bos pasti akan tau maksud kedatangan anda yaitu angpao.

Sekian tips cara mendapatkan angpo pada tahun baru kalender Cina atau yang biasa disebut hari imlek ini. Jika anda punya tips atau trik lain yang lebih ampuh, boleh juga di share di kolom komentar bawah ini. Terimakasih

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *