Cara beli pulsa listrik via SMS banking BCA, BNI, BRI, dan Mandiri
beli pulsa listrik via SMS banking (bazdeh.org)

Cara beli pulsa listrik via SMS banking BCA, BNI, BRI, dan Mandiri

Posted on

Seperti kita ketahui bahwa akhir-akhir ini PLN sangat gencar menggalakan penggunaan listrik prabayar. Buktinya, pelanggan baru atau orang yang baru mendaftarkan rumahnya dipasangi kilometer listrik, PLN ngasihnya yang tipe pembayarannya menggunakan sistem pulsa atau biasa juga disebut token ini. Cara pemakaiannya hampir sama dengan handphone, harus diisi pulsa dulu baru listrik bisa menyala.

Meskipun jenis pulsa pada keduanya beda, namun cara pembeliannya hampir sama. Memang sih banyak konter yang jual token listrik juga, namun biasanya mereka hanya buka siang. Seandainya tiba-tiba pulsa listrik habis pas tengah malam, maka gelap gulita lah rumah anda. Untuk mengindari ini, ada solusi yang sangat gampang. Yaitu kita bisa manfaatkan SMS banking untuk membelinya. Tidak perlu pakai ATM, tidak perlu pula beranjak dari rumah. Cuma butuh sebuah handphone saja…

Bagaimanakah caranya? Yang pasti anda harus punya rekening di bank dulu. Terserah, mau BCA, BNI, BRI ataupun MANDIRI semuanya bisa. Setelah itu daftarkan nomor hp anda agar bisa mengaksesnya. Caranya? Silakan buka-buka tulisan di blog ini, masing-masing bank sudah saya tulis tutorialnya dengan lengkap.

Baca lainnya: Cara beli pulsa listrik prabayar dengan ATM semua Bank di Indonesia

Cara beli pulsa listrik via SMS banking BCA

Setelah saya menelusuri website resmi BCA, di sana belum ada cara bagaimana melakukan pembelian token listrik prabayar dengan metode SMS banking. Yang ada hanyalah dengan menggunakan M-banking. Seandainya nomor handphone anda sudah didaftarkan M-banking juga, berikut ini caranya:

  • Pada menu SIM Card atau M-mobile, pilihlah menu “m-commerse”.
  • Kemudian klik pilihan “Lainnya”.
  • Terus pilih/input nama PT nya, yaitu “PLN”.
  • Lalu masukan nomor meter/ID pelanggan.
  • Setelah itu ikuti saja petunjuk yang muncul di layar handphone.

Pada saat pembelian dengan metode ini, nominal yang tersedia minimal Rp20.000,00. Untuk maksimalnya, tinggal sesuaikan saja dengan kemampuan anda. Bagi yang belum tau apa perbadaannya, silakan baca: Pengertian dan perbedaan antara SMS banking Vs. M-banking.

Cara isi ulang pulsa listrik prabayar dengan SMS banking BNI

Bagaimana format SMS nya? Langsung saja ikuti panduan di bawah ini.

  1. Buka menu SMS di handphone.
  2. Ketik: TOP<spasi>PLN<spasi>No Meter atau ID Pelanggan<spasi>Nominal
  3. Lalu kirim ke 3346
  4. Tunggu balasan
  5. Input 2 (dua) digit PIN BNI SMS Banking Anda
  6. Kirim ke 3346

Jika anda mendapatkan balasan SMS yang isinya “Transaksi sedang diproses”, maka anda bisa mengecek kembali status pembelian tersebut dengan cara SMS lagi dengan format berikut:

  1. Ketik CEK<spasi>PLN<spasi> No Meter atau ID Pelanggan<spasi>No Reff
  2. Kirim ke 3346

Perlu diketahui bahwa nominal terkecil untuk sekali transaksi adalah Rp20.000,00 dan maksimal Rp1 juta. Bila nomor handphone anda belum terdaftarkan SMS banking, silakan baca: Cara registrasi SMS banking BNI

Format SMS Banking BRI untuk beli token / pulsa listrik

Langsung saja:

  • Ketik: BELI<spasi>PLNPRE<spasi>No meter/ID pelanggan<spasi>Nominal<spasi>PIN
  • Kirim ke 3300

Cara beli pulsa listrik prabayar dengan SMS banking Mandiri

Hampir sama dengan BCA di atas. Untuk pembelian pulsa isi ulang listrik prabayar, bank Mandiri saat ini cuma menyediakannya dengan layanan M-banking. Jadi tidak ada yang namanya ketik-ketik SMS dengan format tertentu. Yang ada kita hanya buka menu m-banking trus tinggal klik-klik saja.

Namun untuk bank satu ini, kita bisa langsung dengan cara:

  • Dial *141*6#. Dial seperti mau telpon atau cek sisa saldo pulsa itu loh.
  • Akan muncul beberapa menu, kemudian pilih “Bayar” dengan cara balas pesan tersebut dengan mengetik angka “4”.
  • Tekan OK atau KIRIM
  • Pilih nomor “2” (listrik).
  • Tekan OK atau KIRIM
  • Pilih nomor “2” (prepaid)
  • Masukan nomor meter/ID pelanggan listrik PLN (11 digit)
  • Isi nominal pulsa yang ingin anda beli. Minimalnya adalah Rp20.000,00. Namun kalau anda mengetiknya di sana, tulislah tanpa tanda Rp maupun titik. Contoh “20000”.
  • Jika setelah itu mendapat balasan pesan “null”, balas saja dengan mengetik angka “1”. Jika tidak ada pesan null seperti itu, maka Anda akan langsung mendapatkan balasan yang berisi konfirmasi yang berisi pesan kurang lebih seperti berikut ini:
    Beli PLN PrabayarNama Pemilik Meteran
    22113589xxx Rp.20.000,- R1/900VA
    Ketik PIN SMS Banking Mandiri Anda digit ke-X dan ke-X.
  • Balas dengan mengetik dua pin sesuai yang diminta. Misal PIN SMS Banking Mandiri adalah 123456, dan Anda diminta untuk memasukkan digit ke-5 dan ke-1, maka jawab dengan 51.
  • Setelah berhasil, maka segeralah screenshot atau foto 16 digit token yang ada di layar HP Anda. Soalnya kalau tidak segera di-screenshot, tulisan/pesan bisa menghilang karena bukan merupakan SMS masuk. Jika sudah mengantongi nomor token, maka Anda tinggal memasukkannya ke meteran dengan cara langsung ketik ke 16 digit token tersebut, lalu tekan tanda enter yang berwarna biru.

Demikianlah artikel yang membahas Cara beli pulsa listrik prabayar dengan SMS banking BCA, BNI, BRI, dan MANDIRI. Semoga bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan infonya. Bila sekiranya tulisan di atas bisa membantu, mohon sekiranya mau membagikannya ke media sosial masing-masing. Dan jangan lupa untuk baca-baca tips dan trik lainnya di bawah ini. Terimakasih

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *