Cara dan syarat buka rekening Mandiri Syariah Tabungan BSM & Simpatik

Cara dan syarat buka rekening MANDIRI syariah Tabungan BSM & Simpatik – Salah satu pembaca blog uangindonesia.com ini pernah tanya bank apa yang paling bagus untuk menabung? Saya jawab semua bank baik. Masing-masing mempunyai layanan yang setara jika dibandingkan yang lain. Kalau bingung memilih lebih baik sesuaikan kebutuhan dan kondisi saja.

Maksudnya jika kebutuhan anda hanya untuk menyimpan uang, pilihlah tabungan yang bebas biaya administrasi. Anda tak perlu mencari yang fiturnya lengkap selayaknya untuk bisnis karena mempertimbangkan kemudahan transaksi. Bila rekeningnya untuk transfer dalam frekuensi sering, saran saya pilihlah buka rekening di bank yang sama dengan partner anda. Misal dia rekeningnya Mandiri, maka akan lebih hemat kalau anda bikinnya Mandiri juga. Mengapa? Karena transfer ke rekening beda bank biasanya ada biaya tambahan.

Lain halnya jika anda termasuk orang yang mempersoalkan riba. Mau tidak mau agar lebih tenang sebaiknya pilih jenis tabungan yang menggunakan sistem syariah. Sebenarnya ada bank tertentu yang memang khusus melayani ini. Namun jika kondisi memang butuhnya rekening Mandiri, mungkin dikarenakan keluarga kebanyakan pakai rekening ini, atau letak cabangnya yang paling dekat, anda juga bisa membuat rekening tabungan syariahnya di Bank Mandiri. Seperti yang kita ketahui sekarang bank konvensional pun banyak yang mengeluarkan produk tabungan berbasis islami seperti ini.

Oke anggap saja saat ini anda sudah mantap memutuskan untuk buka rekening syariah Mandiri atau yang biasa disebut BSM. Setelah mengetahui lokasi cabang terdekat, pasti dong langkah selanjutnya anda cari tau cara dan syarat untuk mendaftarnya. Tidak perlu bingung, anda sedang membaca tulisan yang tepat. Artikel berikut ini akan menjelaskannya detail. Bahkan akan saya tambahkan info mengenai kelebihannya juga. Jadi baca terus sampai habis ya…

kalau anda ingin buka rekeningnya di Mandiri konvensional, bukan syariah, silakan baca: https://uangindonesia.com/cara-dan-syarat-buat-atau-daftar-rekening-bank-mandiri/

Jenis-jenis produk tabungan  Bank Mandiri Syariah (BSM)

Seperti tabungan syariah di bank lain, di Mandiri juga ada dua jenis akad, yaitu:

  1. Akad mudharabah muthlaqah: Sistem bagi hasil. Yang didapat nasabah bukan bunga (riba) yang ditentukan sekian secara tetap, melainkan bagi hasil dari keuntungan pihak bank memutar uangnya untuk usaha. Produk tabungannya bernama Tabungan BSM.
  2. Akad wadiah: Merupakan sistem titipan. Jadi nasabah dihitung hanya menitipkan uangnya saja ke bank sehingga nasabah tidak mendapatkan bagi hasil apalagi bunga. Nasabah hanya ingin menyimpan uang dan menikmati fasilitas perbankan saja. Produk tabungannya bernama Tabungan BSM Simpatik.

Kedua jenis di atas bisa anda pilih sesuai keinginan. Untuk membuatnya syaratnya sebagai berikut:

Syarat bikin rekening Tabungan BSM

Rekening tabungan BSM bisa dibikin oleh perorangan, bisa juga non-perorangan. Masing-masing syaratnya berbeda.

  • Perorangan:
  1. Kalau anda WNI cukup pakai kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku dan uang buat setoran awal minimal Rp80.000,00.
  2. Bila WNA bisa menggunakan Paspor dan Kartu Izin Menetap Sementara (KIMTAS/KITAS). Setoran awalnya sama seperti di atas.
  • Non-perorangan (badan hukum)
  1. Bukti diri/identitas seluruh pengurus (KTP/KITAS/PASPOR). Boleh foto copy-nya saja.
  2. Akta pendirian.
  3. Surat keterangan domisili, surat izin usaha (SIUP), TDP, NPWP.
  4. Surat penunjukkan kepala cabang/bagian/bendahara.
  • Non-perorangan (non-badan hukum)
  1. Identitas diri berupa foto kopi KTP/KITAS dari seluruh pengurus.
  2. Akta pendirian/izin organisasi/izin perkumpulan, dsb dari instansi yang berwenang.
  3. Surat keterangan susunan pengurus/perkumpulan dan surat penunjukan perwakilan dari organisasi tersebut.

Syarat buka rekening Tabungan BSM Simpatik

Jenis ini tidak ada pilihan untuk non-perorangan. Jadi mungkin hanya diperuntukkan untuk perorangan saja. Syarat bikinnya sangat gampang. Iyalah sebagai berikut:

  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor.
  • Setoran awal minimal Rp20.000,00 (tanpa kartu ATM) dan Rp30.000,00 (dengan fasilitas kartu ATM).

Cara buka rekening Mandiri syariah Tabungan BSM dan Tabungan BSM Simpatik

Setelah jenis akad sudah ditentukan dan lokasi bank Mandiri syariah sudah tau, segeralah menuju ke sana sambil bawa persyaratan yang diperlukan seperti yang sudah uangindonesia.com katakan di atas.

Prosesnya hampir sama seperti buka rekening tabungan di bank lain. Yang berbeda mungkin di sini sapaan petugas yang biasanya ‘Selamat pagi/siang/sore’ akan diganti menjadi ‘assalamu alaikum’. Ya maklum saja namanya juga bank sistem syariat islami. Setelah masuk langsung saja ambil nomor antrean bagian CS. Kalau kebetulan sepi pasti akan langsung dilayani tanpa harus antre terlebih dahulu.

Saat di hadapan CS nanti akan dijelaskan jenis-jenis produk tabungan yang tersedia, biaya, fasilitas, fitur, layanan, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan sangat baik kalau anda sudah menetapkan pilihan dari rumah. Sehingga di sana nanti tidak perlu bingung dan penjelasan dari CS untuk tambahan informasi saja.

Setelah itu anda akan dikasih formulir pendaftaran. Isilah dan kalau ada yang tidak dipahami tanyakan langsung saja pada CS. Dia pasti akan senang hati membantu. Jika sudah selesai, CS akan membuatkan buku tabungan sesuai pilihan dan atas nama anda. Selanjutnya anda disuruh menuju teller untuk melakukan setoran awal.

Prosesnya kurang lebih seperti itu. Usai setoran awal itu artinya anda sudah berhasil membuat rekening tabungan Mandiri syariah. Anda sudah boleh pulang sambil bawa buku tabungan. Oh ya jika anda berniat mengaktifkan fitur tambahan lainnya berupa mobile dan net-banking, saran saya minta diregistrasikan CS pada saat itu juga. Dengan begitu anda tidak perlu repot bolak-balik di kemudian hari.

baca juga: Panduan menggunakan sms banking Mandiri

Kelebihan Tabungan BSM dan Tabungan BSM Simpatik

Meskipun setoran awalnya lebih kecil dibanding rekening Mandiri konvensional, namun Tabungan BSM juga tidak kalah masalah fitur dan fasilitas. Selain itu banyak kelebihan lain, antara lain:

  1. Sudah sistem online di seluruh outlet BSM.
  2. Mendapatkan fasilitas BSM card yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit.
  3. Bekerja sama dengan banyak merchant sehingga belanja menggunakan kartu debit ini sering dapat potongan harga.
  4. Selain kartu ATM, dapat juga fasilitas e-banking lainnya berupa mobile banking dan net banking.
  5. Sistem bagi hasil yang kompetitif (akad mudharabah muthlaqah).
  6. Dapat bonus bulanan sesuai kebijakan BSM (akad wadiah).
  7. Kemudahan dalam penyaluran zakat, infak, dan sedekah.
  8. Aman dan terjamin.

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang cara dan syarat buka rekening MANDIRI syariah baik jenis Tabungan BSM ataupun Tabungan BSM Simpatik. Tentu tulisan di atas belum begitu lengkap karena tidak ada info biaya administrasi bulanan dan biaya lainnya. Untuk itu besok akan saya terbitkan artikel lain yang membahas tentang itu. Anda bisa menunggu atau klik artikel yang terbit sesudah post ini. Kritik, saran, ataupun pertanyaan silakan tulis di kolom komentar. Saya akan coba balas secepat mungkin. Terimakasih

selanjutnya baca: Cara mengurus kartu ATM Mandiri yang hilang

Leave a Comment