SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank

SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank

Posted on

SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank

SMS banking adalah salah satu fitur perbankan yang nasabah bisa dapatkan setelah membuka rekening. Gunanya untuk mengakses rekening tanpa harus ke ATM atau kantor cabang. Cukup SMS dari rumah menggunakan nomor handphone yang sudah terdaftar, maka transaksi bisa terproses.

Transaksi yang bisa dilakukan bermacam-macam. Di antaranya cek saldo, pembayaran, transfer antar rekening atau antar bank, mutasi, histori, dll.. Agar transaksi-transaks itu sukses sesuai kebutuhan, yang diperlukan mengetik SMS sesuai kode yang ditentukan. Lengkapnya silakan baca: Format SMS Banking  BCA.

Hampir semua bank besar di Indonesia memfasilitasi SMS banking. Baik BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan bank lain hampir sama cara dan penggunaannya. Namun setelah diamati, ternyata SMS banking BCA tidak terdapat kode untuk transfer antar bank. Adanya cuma transfer ke sesama BCA.

Lalu bagaimana kalau butuh transfer antar bank menggunakan SMS banking BCA?

Benar, SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank. Saya sudah cari kode SMS untuk perintah itu pun tidak menemukan. Lalu, kemarin saat bikin rekening baru BCA, ketemu CS dan menanyakan secara langsung, jawabnya juga memang tidak ada alias tidak bisa.

Jadi, bagaimana nih seandainya kita butuh transfer antar bank memakai SMS banking BCA? Perlu diketahui sebelumnya, fitur bank BCA yang bisa diakses dari rumah bukan SMS banking saja, melainkan juga M-banking dan internet banking. Keduanya bisa digunakan untuk transfer antar bank.

Apalagi kalau kebetulan sedang di jalan. Anda bisa mencari ATM untuk transaksi tersebut. Hanya saja karena transfer beda bank, biasanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000,00 – Rp7.500,00. Ini wajar saja karena menggunakan M-banking atau internet banking juga begitu. Bank lain juga sama.

Baca juga: Cara dan syarat bikin atau daftar rekening BCA terbaru

Solusi SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank (tidak ada kode SMS perintahnya)

Di atas sudah dikatakan solusinya adalah menggunakan ATM, M-banking, atau internet banking. Fitur ketiga fasilitas ini sangat lengkap. Dan yang lebih menyenangkan lagi tidak ada biaya administrasi tambahan tiap bulannya. Registrasinya juga sangat gampang: tinggal minta diaktifkan oleh CS.

Akan tetapi pembaca pasti menyadari juga. Transaksi transfer antar bank menggunakan internet banking BCA ada dua pilihan: LLG dan RTGS. LLG bisa kirim uang jumlah sedikit tetapi sampainya lama (membutuhkan waktu berhari-hari). Sedangkan RTGS bisa real time tetapi syaratnya transfer minimal Rp500.000.000,00.

Atas dasar alasan di atas, kirim uang antar bank menggunakan internet banking BCA tidak begitu membantu. Jadi, dari dua pilihan yang tadi saya sebutkan tinggal satu, yaitu M-banking alias Mobile banking. Perlu diketahui, meskipun sama-sama menggunakan handphone, antara SMS banking dan M-banking sebenarnya beda.

Tidak sama seperti internet bankingnya, M-banking BCA bisa diandalkan untuk transfer antar bank meskipun jumlahnya kurang dari Rp500.000.000,00. Sampainya juga bisa real time, tidak perlu menunggu berhari-hari.

Untuk cara kerjanya, M-banking memang menggunakan handphone. Akan tetapi yang dipakai bukan SMS, melainkan harus instal aplikasi. Saran saya download app-nya dari situs resmi saja. Saat transaksi tidak dikenakan biaya tambahan per bulan. Yang dibutuhkan hanya kuota data, bukan pulsa SMS.

Selanjutnya baca: Kelebihan dan kekurangan internet banking dibanding SMS M-banking BCA

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *