Penyebab kartu ATM tertelan dan bagaimana cara atasinya

In uang lainnya 99112 views

Penyebab kartu ATM tertelan dan bagaimana cara atasinya

Penyebab kartu ATM tertelan di mesin dan bagaimana cara atasinya – Sepertinya saat ini semua bank baik BCA, BNI, BRI, MANDIRI, maupun bank lainnya pasti menyediakan fitur berupa ATM atau Automatic Teller Machine. Menggunakan layanan ini memang nyaman dan sangat membantu. Kita bisa ambil uang tunai, cek saldo, transfer, dan transaksi lainnya tanpa harus datang ke kantor cabang yang kemungkinan antre panjang dan berhadapan langsung dengan petugas bank. Pokoknya manfaat mesin ini sangat berguna banget. Asal kita menggunakannya dengan baik dan benar, saldo tabungan kita di rekening juga aman-aman saja kok.

Namun bagaimanapun juga ATM adalah mesin. Adakalanya gangguan, eror, atau rusak. Selain itu kita juga manusia biasa yang kadang melakukan kesalahan, ceroboh, dan sebagainya. Bila kedua kelemahan ini datang di hari sial kita yang kebetulan sedang menggunakan ATM, bisa-bisa membuat kartu tertelan di mesin loh. Karena hal ini bisa menimpa kepada siapa saja dan kapan saja, atau mungkin saat ini anda sedang mengalaminya, ada baiknya kita ketahui lebih dalam lagi hal apa saja yang bisa menyebabkan kartu ATM tertelan dan bagaimana cara mengatasi atau mengurusnya.


Penyebab kartu ATM bisa tertelan

Seperti yang sudah saya katakan di atas. Kartu ATM dari bank manapun bisa saja mengalami hal ini. Entah itu BCA, BNI, BRI, MANDIRI, atau bank lainnya masing-masing sudah pernah ada orang menceritakan pengalamannya mengenai tertelannya saat menggunakan kartu tersebut. Dan penyebab-penyebabnya pun secara garis besar sama, yaitu:

  • Mesin sedang eror, rusak, atau gangguan

Namanya juga mesin. Mengalami kerusakan adalah hal yang wajar apalagi mengingat mesin ini digunakan orang banyak. Namun biasanya kalau sebuah mesin ATM didapati rusak, pihak bank segera memperbaiki kok. Buktinya saya tidak pernah mendapati ATM yang rusak lebih dari sehari.

Bila anda menggunakan mesin ATM rusak sebelum diperbaiki dan anda tidak menyadarinya, kemungkinan mesin akan menelan kartu ATM anda. Namun berdasarkan pengalaman saya sendiri, kebanyakan mesin rusak akan menolak kartu ATM kita. Kartu dimuntahkan dan transaksi tidak berjalan. Kalau kartu sudah dikeluarkan dengan cara seperti ini, cepat-cepatlah diambil dan cari mesin lain. Karena apa? Baca di bawah pada poin ke-4 ya…

  • Saat sedang menggunakan ATM tiba-tiba listrik mati

Penyebab kartu ATM tertelan yang lainnya adalah listrik mati. Pasti kita semua tau bahwa mesin tersebut bisa berjalan karena listrik. Dan mesin ATM bukanlah seperti hp ataupun laptop yang kalau listrik padam masih bisa bekerja karena punya baterai. Mesin ATM lain, kalau mati listrik, maka akan ikut mati juga.

Nah bagaimanakah kalau kartu ATM kita sudah masuk di dalam dan sesaat setelah itu listrik mati? Sudah pasti kita tidak bisa melanjutkan transaksi dan kartu ATM pun akan tetap berada di dalam tidak bisa keluar meski kita berkali-kali pencet tombol “cancel”. Kalau sudah begini bisa dibilang kartu tersebut tertelan, apalagi kalau mati listriknya lama, seharian penuh.

  • Salah PIN berkali-kali

Sejatinya kartu ATM disertai dengan PIN dengan tujuan biar aman. Coba bayangin kalau tidak pakai Personal Identification Number ini? Bisa-bisa bila kartu ATM anda terjatuh di jalan dan ditemukan oleh orang tidak bertanggung jawab. Bisa saja dong dia akan menguras habis saldo anda. Maka dari itulah PIN ini sangat penting bahkan demi keamanan yang kuat, disarankan anda menggantinya secara berkala loh. Lihat deh beritanya di sini

Nah inilah salah satu kesalahan manusia penyebab kartu ATM tertelan, lupa PIN. Meskipun mesin normal tapi kalau penggunanya lupa PIN dan tetap dipaksakan menginputnya sampai berkali-kali, kartu ATM bisa tidak mau keluar lagi alias tertelan.

Memang benar bila kita salah PIN sebanyak 3 kali berturut-tutut menyebabkan kartu ATM terblokir dan biasanya mesin akan mengeluarkan kartu tersebut. Namun ada juga mesin yang langsung menelannya. Mungkin hal ini demi keamanan juga, karena siapa tau pengguna tersebut bukan pemilik aslinya yang tidak tau PIN sebenarnya alias dia coba-coba saja.

  • Sudah keluar tidak langsung diambil

Penyebab kartu ATM tertelan yang ke-4 ini juga masih akibat kecerobohan manusia. Biasanya kalau selesai kita transaksi, mesin akan secara otomatis mengeluarkan kartu ATM. Meskipun telah keluar, bukan berarti kartu tersebut lepas dari mesin dan terjatuh ke lantai loh. Setengah bagian kartu masih tergigit oleh mulut lubang tempat memasukan kartu. Kalau dalam waktu sekian detik/menit tidak buru-buru diambil, maka secara otomatis mesin akan menarik kembali dan menelannya. Jadi pastikan bila selesai tarik tunai, anda tidak hanya ambil uangnya saja, tapi harus kartunya juga ya…

Yup memang begitulah cara kerja mesin ATM. Tidak hanya kartu saja, uang pun kalau sudah keluar tapi tidak cepat-cepat diambil bisa masuk kembali ke dalam mesin. Tapi bila masalah uang yang begitu, tenang saja kita tidak usah terlalu memikirkannya. Karena bila uang masuk kembali, saldo kita pun tidak jadi terpotong. Namun bagaimana kalau kartu kita yang tiba-tiba masuk kembali? Tentu saja itu artinya anda tidak bisa lagi menggunakan mesin tersebut. Tapi tidak usah kuatir, di sini saya juga akan memberikan solusi bila keempat hal di atas menimpa pada anda.

Solusi bila kartu ATM tertelan masuk ke dalam mesin tidak bisa keluar

Bila anda pengguna ATM sudah cukup lama, mungkin anda akan menggunakannya dengan santai dan tenang sehingga meminimalkan adanya kecerobohan. Namun bagi pengguna baru bahkan yang pertama kalinya, kegugupan, kesalahan kecil, kecerobohan, pasti ada. Mereka inilah yang lebih sering mendapat musibah tertelannya kartu ATM. Maka dari itulah siapa saja pengguna, saran saya gunakanlah mesin Anjungan Tunai Mandiri tersebut dengan tenang dan teliti.

Di atas saya sudah menyampaikan setidaknya ada 4 hal yang menyebabkan kartu ATM. Keempat-empatnya adalah penyebab yang paling sering. Mungkin selain itu masih ada yang lainnya. Namun kemungkinannya kecil. Jadi saya tidak perlu membahasnya di sini soalnya membahas cuma 4 saja sudah cukup panjang. Oke deh dari pada menambah panjang, kita langsung saja membahas solusinya satu per satu.

  • Solusi atasi kartu ATM tertelan akibat mesin gangguan

Bila anda menggunakan ATM dan tiba-tiba tertelan padahal anda tidak melakukan kesalahan dan biasanya aman-aman saja, besar kemungkinan bahwa mesinnya lah yang sedang gangguan. Jika hal ini menimpa pada anda, solusi yang tepat adalah: Pertama, anda jangan panik dulu. Karena bagaimanapun panik tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Yang ada bahkan justru menambah masalah. Yang perlu anda yakinkan adalah kartu ATM tertelan tidak akan membuat saldo kita hilang atau lainnya. Asal kita tidak salah ambil tindakan, uang tabungan kita akan aman-aman saja.

Setelah berhasil menenangkan diri, perhatikanlah keadaan sekitar. Kalau lokasi ATM tersebut terletak dekat dengan kantor cabang bank, segeralah menuju ke sana untuk meminta bantuan petugasnya. Namun perlu dipastikan bahwa saat anda meninggalkan, mesin tersebut aman/ tidak ada orang yang dicurigai.

Kalau anda berhasil meminta bantuan dan berhasil membuktikan bahwa kartu ATM tersebut milik anda (tunjukin buku tabungan dan KTP), sertai disertai anda sedang mujur, biasanya mesin tersebut akan langsung dibongkar untuk mengambil kartu anda. Namun bila tidak langsung dibongkar karena mungkin ada hal lain, biasanya anda akan dijanjikan sekian hari untuk datang kembali ke kantor cabang tersebut untuk mengambilnya. Janjinya biasanya paling lama seminggu. Dan nanti saat anda mau ambil kartu lagi, persyaratannya cuma buku tabungan dan KTP saja.

Bagaimana solusinya kalau lokasi mesin jauh dari kantor cabang bank? Sebetulnya hampir sama saja. Intinya anda harus minta bantuan ke pihak bank. Namun karena lokasinya jauh, mau tidak mau harus dengan telpon. Ingat ya yang ditelpon harus nomor call center bank yang asli, jangan nomor lainnya. (Saran saya, anda harus menyimpan nomor call center bank tempat anda membuka rekening di hp. Jadi kalau ada kejadian seperti ini anda tidak akan salah nomor). Telponlah dan minta diblokir kartu ATM tersebut.

Saat telpon call center bank sewaktu meminta diblokir, mungkin petugasnya akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada anda. Seperti misalnya nomor kartu ATM (nomor yang tertera pada bagian atas kartu ATM anda), nomor rekening, jumlah saldo terakhir atau bisa juga terakhir transaksi. Jadi sebelumnya, anda harus catat semua nomor itu dulu. Oh ya, kalau ada yang meminta nomor PIN, jangan pernah dikasih. Call center bank pun tidak akan pernah meminta namanya PIN.

Bila kartu ATM anda sudah berhasil di blokir melalui call center, maka amanlah rekening anda. Selanjutnya anda bisa mencari kantor cabang bank terdekat untuk meminta bantuan agar kartu ATM anda segera diurus.

Hal lain yang perlu diingat adalah: Jangan pernah menerima tawaran bantuan dari orang asing, apalagi yang gelagatnya mencurigakan. Bisa bahaya.

  • Solusi atasi kartu ATM tertelan akibat listrik mati

Jika di tengah transaksi menggunakan ATM tiba-tiba listrik mati dan menyebabkan kartu tidak bisa keluar kembali, maka solusinya adalah tunggulah sesaat, siapa tau listrik akan menyala kembali dan mesin akan bisa beroperasi kembali. Setelah reboot, mesin bisa kok digunakan secara normal seperti biasanya.

Namun bila mati listriknya lama dan anda tidak sabar menunggu, jalan satu-satunya anda harus memblokir kartu ATM anda dengan cara seperti pada poin di atas.

Bila memang berniat memblokirnya, saran saya bilang ke petugasnya, bahwa yang perlu diblokir cuma kartu ATMnya saja. Dengan begitu anda masih tetap bisa transaksi menggunakan sms-banking maupun internet banking.

  • Solusi kartu ATM tertelan akibat salah masukin PIN berkali-kali

Seandainya anda salah masukin PIN sebanyak tiga kali, maka secara otomatis kartu ATM tersebut terblokir. Biasanya, meskipun terblokir kartu tersebut masih bisa keluar. Namun adakalanya bisa saja tertelan. Bila anda mengalami tertelan karena hal seperti ini, tenang saja, kartu ATM tersebut sudah terblokir dan tentunya saldo tabungan anda akan aman-aman saja.

Namun bagaimanapun juga anda harus melaporkan ke kantor cabang terdekat untuk mengurusnya biar kartu ATM bisa kembali lagi ke tangan anda. Biar bagaimanapun, fungsi kartu ATM sangat penting. Anda pasti tau itu.

Cara mengurusnya sama seperti poin ke-1. Datangi cabang terdekat dan berikan info selengkapnya. Jangan lupa juga bawa buku tabungan dan KTP ya ke sananya.

  • Solusi atasi kartu ATM tertelan akibat masuk kembali

Kartu ATM bila sudah dikeluarkan oleh mesin namun tidak segera diambil dalam selang waktu tertentu memang akan masuk ke dalam mesin lagi (tertarik otomatis). Bila hal ini terjadi pada anda, solusinya adalah cobalah tekan tombol “Cancel”, atau kalau bisa operasikan kembali seperti biasa (untuk cek saldo, misalnya). Kalau jalan, setelah cek saldo tinggal selesaikan saja transaksinya. Nanti kemungkinan kartu akan keluar seperti biasanya.

Namun bila kedua cara tersebut tidak berhasil, mau tidak mau anda harus memblokirnya. Caranya sama seperti di atas.

Cara atasi kartu ATM tertelan di mesin bank lain

Keempat cara di atas bisa anda lakukan kalau anda menggunakan mesin ATMnya sesuai dengan banknya. Misal kartu ATM BCA tertelan di mesin ATM BCA, kartu BNI di mesin BNI, dst.

Nah bagaimana kalau kartu ATM kita tertelannya di mesin bank lain atau bisa juga di mesin ATM Bersama? Yup, hal tersebut bisa saja terjadi. Biar bagaimanapun meski kartu ATM kita dari bank A, kita tetap bisa menggunakannya di mesin ATM bank lain. Saya sendiri sering melakukan itu walaupun ada biaya tambahannya.

Jika tertelannya kartu ATM di mesin bank lain, cara mengurusnya agak sedikit lebih merepotkan. Memang bank lain tersebut bisa membongkar dan ambil kartunya, namun kita tidak bisa mengambilnya. Solusi tepatnya adalah kita segera memblokirnya, dan datang ke cabang bank (kalau bank kita BNI, datangnya ke BNI juga. Jangan ke bank lain) dan memohon untuk dibikinkan kartu ATM yang baru.

Berdasarkan cerita teman saya yang pernah mengalami hal seperti ini, sewaktu datang ke kantor cabang bank dia tidak mengaku bahwa kartunya tertelan di mesin bank lain. Yang dia katakan ke petugasnya adalah kartu ATMnya hilang di jalan. Karena dia mengurusnya sambil bawa surat kehilangan dari polisi, maka pihak bankpun mau membuatkan kartu ATM yang baru.

Begitulah solusi cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. Kalau ada yang mengalami kejadian serupa, boleh lah ceritakan pengalamannya di komentar di bawah ini. Jangan lupa baca-baca artikel lainnya…dan kalau merasa tulisan ini bisa membantu permasalahan anda, sudilah kiranya bantu membagikannya ke media sosial masing-masing. Terimakasih.


Tags: #atm bank #kartu debit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Ciri-ciri rumah dimasuki tuyul pencuri uang
Ciri-ciri rumah dimasuki tuyul pencuri uang
Pernahkah Anda di rumah kehilangan uang secara
Ciri-ciri orang memelihara pesugihan tuyul
Ciri-ciri orang memelihara pesugihan tuyul
Dalam cerita masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, tuyul
Ciri-ciri uang hilang diambil tuyul dan cara mengetahuinya
Ciri-ciri uang hilang diambil tuyul dan cara mengetahuinya
Tidak semua orang percaya adanya tuyul. Jadi,
Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul
Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul
Oleh orang-orang yang mengaku memiliki kemampuan melihat
Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul
Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul
Zaman sekarang masih ada yang percaya tuyul
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
Tidak punya duit atau yang biasa disebut
  1. author

    sapnah7 months ago

    kalo masalah habis transaksi. tapi ternyata kartunya ga keluar. dan kemudian mlh ada tulisan “maaf batas ambil kartu anda habis” itu solusinya gimana?

    Reply
    • author
      Author

      admin7 months ago

      itu mungkin sudah keluar tapi tidak segera diambil jadinya kartu masuk lagi dan tertelan. Solusi mengurusnya seperti cara di atas

  2. author

    ANYA6 months ago

    Kalau kartu ATM salah masukin ke mesin ATM (tertahan) di mesin non tunai gmn gan? 😭

    Reply
    • author
      Author

      admin6 months ago

      telp bank terkait minta diblokir. selanjutnya mengurusnya di bank terdekat. tapi kalau tertelannya di mesin bank lain, agak susah. kebanyakan orang ngakunya hilang

  3. author

    Rahmat5 months ago

    Saya baru mengalami ny hari ini , setelah tarik tunai tiba tiba card saya lgsung masuk kembali min. . Sya sudah hubngin call centerny hari itu juga dan sudah diblokir. . Nah saldo yg ad di card yg tertelan itu kira” msih sesuai atau trpotong ya ? Thx min

    Reply
    • author
      Author

      admin4 months ago

      masih utuh

  4. author

    edi4 months ago

    kalau kartu atm danamon di tarik tunai ke atm bank bii? bisa ngak

    Reply

Leave a reply "Penyebab kartu ATM tertelan dan bagaimana cara atasinya"

Must read×

Top