Kelebihan dan kekurangan internet banking dibanding SMS M-banking BCA

Kelebihan dan kekurangan internet banking dibanding SMS M-banking BCA – Internet banking adalah salah satu fitur layanan dari bank yang ditujukan untuk nasabahnya. Hampir semua bank di Indonesia menyediakan fitur canggih ini di samping ATM, M-banking, dan SMS banking. Tak terkecuali pada Bank Central Asia yang akan kita bahas di kali ini.

Dengan internet banking kita bisa melakukan cek saldo, transfer dana (baik sesama BCA atau antar bank), isi ulang pulsa, bayar listrik, beli token PLN prabayar, dan lainnya kecuali ambil uang tunai. Yup, tarik tunai hanya bisa dilakukan di ATM atau datang ke kantor cabang.

Cara kerja internet banking tentu pula dengan media internet. Di mana saja dan pakai gadget apa saja. Asal ada koneksi internet pasti anda bisa login untuk mengakses rekening setelah sebelumnya sudah didaftarkan terlebih dahulu. Dan untuk menambah keamanannya, internet banking BCA yang beralamatkan di klikbca.com disertai alat generator kode yang bernama keybca. Sejauh saya memakainya selama ini transaksi dengan i-banking tidak ada masalah.

Silakan baca: cara daftar BCA internet banking


Kelebihan dan kekurangan internet banking dibanding sms banking dan mobile banking

kelebihan dan kekurangan internet bankingUntuk urusan cek saldo, lihat history transaksi, dan transfer sesama BCA, internet banking sangat membatu. Namun kalau kita butuh transfer dana ke orang lain yang kebetulan nomor rekeningnya selain dari BCA, internet banking ada sedikit kelemahannya.

Transfer dana via klikbca ke bank lain ada 2 opsional. Yaitu LLG dan RTGS. Bila anda memilih pilihan LGG, biaya transfer lebih murah tapi kiriman lama sampainya. Butuh waktu mungkin 2-3 hari kerja. Sedangkan kalau RTGS , kiriman akan lebih cepat sampai. Singkatan RTGS sendiri adalah Real Time Gross Settlement. Meskipun ada kata real-time tapi bukan berarti uang akan sampai detik itu juga. Butuh waktu hitungan jam.

Lebih lanjut masalah lainnya adalah seperti yang tertera pada gambar di samping. Di situ tertulis Mulai tanggal 16 November 2015 sesuai aturan Bank Indonesia, transaksi transfer RTGS hanya untuk nominal di atas Rp500.000.000,00. Ini artinya kalau kita kita mau transfer ke rekening bank lain via internet banking dengan nominal kecil kurang dari lima ratus juta rupiah, mau tidak mau harus memilih LLG dan sabar menunggu sampainya hingga 2-3 hari. Mengesalkan bukan?

Lalu bagaimanakah cara kirim uang dari BCA ke bank lain agar langsung sampai atau real time? Jawabannya yaitu bisa dengan ATM, SMS banking, ataupun M-banking. Secara keseluruhan beginilah kelebihan dan kekurangan internet banking bila dibandingkan dengan sms ataupun mobile banking.

Sebaiknya dibaca: cara transfer dana dengan internet banking klikbca

Kelebihan internet banking

  • Bisa diakses di mana saja dengan gadget apa pun asalkan bisa terhubung dengan internet.
  • Dilengkapi token (keybca) untuk keamanannya.
  • Biaya lebih murah, hanya cukup koneksi internet saja.

Kekurangan internet banking

  • Tidak bisa ambil uang tunai.
  • Kirim ke bank lain tidak langsung sampai. Kalau ingin cepat sampai, harus nominal besar.

Kelebihan SMS banking dan mobile banking

  • Bisa diakses di mana saja dan pakai handphone apa saja asal ada sinyal dan menggunakan kartu yang nomornya sudah didaftarkan.
  • Transfer atau kirim uang bisa langsung sampai (real time) meskipun tujuannya ke lain bank.

Kekurangan SMS banking dan Mobile banking

  • Tidak bisa ambil uang tunai.
  • Tidak bisa pakai sembarang nomor kecuali nomor hp yang sudah didaftarkan.
  • Biaya akses memakan pulsa lumayan mahal bila harus dibandingkan dengan internet banking.

Perbedaan SMS banking dan M-banking

Bagi yang belum tau mungkin orang akan mengira bahwa SMS banking dan M-banking adalah sama. Padahal keduanya beda. SMS banking adalah cara mengakses rekening bank dengan metode SMS dan dikirim ke nomor yang sudah ditentukan. Sedangkan mobile banking iyalah akses rekening bank yang menggunakan sistem USSD.

Sistem USSD bisa anda lihat di menu SIM card nomor anda atau bisa juga dengan dial nomor tertentu yang biasanya diawali tanda * dan diakhiri # (seperti cek pulsa). Jadi mobile banking lebih simpel karena tidak perlu repot-repot mengetik format SMS yang biasanya gampang lupa. Tinggal klik-klik dan ikuti petunjuk yang muncul di layar. Soal biaya keduanya hampir sama.

Silakan baca: format sms banking BCA lengkap

Demikian artikel kali ini yang membahas tentang kelebihan dan kekurangan internet banking dibanding SMS banking dan Mobile banking. Intinya masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan sendiri-sendiri. Untuk menghemat biaya, saran uangindonesia.com lebih baik daftarkan saja rekening bank anda ke semua fitur tersebut. Nantinya kalau mau menggunakan tinggal pilih saja sesuai kebutuhan.


Tags: #atm bank #tips dan trik #uang online

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Mendapatkan uang di internet bukan sebuah rahasia
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM yang kotor – Zaman
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook – Dahulu, peribahasanya
Kenali cara membobol ATM teknik skimming agar tak jadi korban
Kenali cara membobol ATM teknik skimming agar tak jadi korban
Cara membobol ATM dengan teknik skimming sebenarnya
Cara mengetahui emas asli atau palsu yang gampang dan benar
Cara mengetahui emas asli atau palsu yang gampang dan benar
Zaman dahulu, cara mengetahui emas asli atau

Leave a reply "Kelebihan dan kekurangan internet banking dibanding SMS M-banking BCA"

Must read×

Top