Kartu ATM rusak: penyebab, cara urus, dan biaya gantinya?

In uang lainnya 99410 views

Kartu ATM rusak: penyebab, cara urus, dan biaya gantinya?

Kartu ATM rusak: penyebab, cara urus, dan biaya gantinya? – Saya yakin hampir semua orang pernah melihat kartu ATM atau kartu yang kepanjangannya Automatic Teller Machine. Bank manapun yang menerbitkan, baik BCA, BNI, BRI, MANDIRI, maupun lainnya, mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Wujudnya persegi panjang, tipis dan terbuat dari bahan plastik. Di bagian salah satu sisi permukaannya terdapat pita hitam / magnetic strip yang fungsinya untuk menyimpan data. Jika anda coba memegangnya hanya dengan jempol dan telunjuk di dua sisi samping kartu yang berbeda, kemudian menekan dengan maksud mengecek kelenturannya, maka tidak dibutuhkan tenaga banyak untuk membuat kartu yang biasa juga disebut kartu debit ini melengkung. Kalau terus dipaksakan bisa patah.

Saya pernah iseng-iseng ‘bongkar’ kartu ATM karena penasaran isinya apa saja. Saya berani melakukan percobaan itu karena kebetulan punya kartu ATM BRI yang sudah kadaluarsa. Seperti yang dikatakan di atas, saya tidak perlu ngotot untuk membuat debit card melengkung kemudian patah namun belum terputus jadi dua bagian terpisah. Di pinggiran retakannya terkelupas sedikit plastik tipis. Jika saya teruskan mengelupas secara keseluruhan ternyata pita hitam penyimpan data hanya tertempel di bagian luar plastik, tidak tertanam di dalam kartu seperti layaknya chip SIM card operator telepon. Jadi seandainya kita menggoreskan benda tajam, magnetic strip itu juga mudah rusak.

Oke di atas adalah perusakan kartu ATM secara sengaja. Intinya fisik kartu debit ini tidak kuat-kuat amat. Dengan penggunaan dan penyimpanan yang salah bisa saja kita merusaknya secara tidak sengaja. Kalau sudah rusak tentu tidak bisa digunakan lagi. Maka dari itu kali ini uangindonesia.com akan coba membahas lebih detail apa saja penyebab kartu ATM rusak dan bagaimana cara mengurusnya ke bank agar dapat ganti baru, serta info berapa biayanya di bank MANDIRI, BRI, BNI, dan BCA.

Baca lainnya: Benarkah memasukkan PIN terbalik, ATM bisa mengeluarkan bunyi alarm?


Penyebab kartu ATM rusak dan efeknya

  • PIN terblokir. Untuk bisa mengakses rekening bank melalui ATM, kita membutuhkan kunci angka 6 digit yang biasa kita sebut PIN. Kalau masukkan PIN salah 3 kali berturut-turut maka kartu ATM akan terblokir. Menurut saya terblokir juga termasuk salah satu jenis kerusakan pada kartu ATM, atau setidaknya cacat lah. Untuk mengatasinya silakan baca: http://uangindonesia.com/search/ATM+terblokir
  • Kartu ATM basah. Memang benar kartu ATM terbuat dari benda yang kalau basah kena air akan sangat mudah untuk keringkan. Tinggal angkat kemudian lap pakai kain beberapa kali usapan saja sudah bersih kembali. Kalau basahnya sebentar seperti itu tidaklah berakibat rusak. Namun yang jadi masalah kalau kartu ATM terendam dalam waktu lama, atau tersimpan dalam dompet yang lembab berbulan-bulan. Tentulah hal itu akan mempengaruhinya.
  • Kartu ATM kena panas. Hampir sama seperti poin ke-2 di atas. Kartu ATM akan rusak kalau terkena suhu panas dalam waktu sekian. Namun kalau rusaknya karena terbakar api sudah pasti akan rusak dan tidak bisa digunakan kembali saat itu juga.
  • Kartu ATM tertimpa benda berat. Seandainya tertimpa namun fisik kartu ATM tidak ada yang cacat, kemungkinan besar kartu ATM masih bisa digunakan normal sebagaimana fungsinya. Tapi kalau sudah sampai ‘melukai’ fisik, apalagi pada bagian pita hitam bisa dipastikan kartu ATM tidak bisa digunakan lagi.
  • Kartu ATM retak. Retaknya kartu ATM yang disebabkan faktor tidak sengaja misalnya kedudukan saat anda mengantonginya di saku belakang celana. Tanpa ingat sedang mengantonginya, tiba-tiba saja ingin duduk tapi tidak ada bangku. Yang ada cuma benda keras dan itu pun tidak rata/datar. Keretakan lain bisa juga disebabkan karena buat mainan anak-anak.
  • Kartu ATM terkena magnet. Pernah dengar kabar burung yang bilang kalau kartu ATM/ kartu kredit terkena magnet bisa rusak? Ternyata kabar tersebut ada benarnya juga. Namun tetap sama pada poin ke-2 dan 3 sebelumnya. Kartu ATM kena magnet yang daya tariknya paling kuat sekalipun tidak serta merta langsung rusak. Yang menyebabkan rusak adalah kalau kena magnet dalam waktu yang cukup lama.

Mungkin pembaca ada yang penasaran apa alasannya kartu ATM kena magnet bisa rusak? Jawabannya adalah karena pita hitam pada kartu ATM terbuat juga dari magnetic strip. Seandainya kena magnet dalam waktu lama bisa menyebabkan berubahnya susunan-susunan magnet pada kartu ATM.

Itu beberapa contoh penyebab dan jenis kerusakan pada kartu ATM . Sedangkan efek kalau kartu ATM rusak di bagian pita hitam maka mesin tidak akan bisa membaca data yang tersimpan di situ. Bila rusaknya di bagian plastik maka bisa jadi akan mengganggu kinerjanya saat di masukan ke dalam mesin. Tapi kalau masalah saldo yang ada dalam rekening akan tetap utuh dan aman.

Artikel terkait: Pakai cara ini bila ATM tidak mengeluarkan struk

Cara mengurus kartu ATM rusak di bank BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan lainnya

Kalau kartu ATM sudah rusak maka tidak bisa diperbaiki lagi. Jangankan rusak fisik, hanya PIN terblokir pun beberapa bank mengharuskan untuk mengganti kartu ATM baru. Nah cara untuk dapat yang baru itulah kita harus mendatangi kantor cabang bank masing-masing. Tentunya dengan berbagai syarat yang harus di bawa juga, antara lain:

  1. Kartu identitas (KTP/SIM/PASPOR).
  2. Buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening.
  3. Kartu ATM yang rusak sebagai bukti kerusakan.

Tidak seperti cara mengurus kartu ATM hilang yang harus ada surat kehilangan dari polisi, mengurus kartu ATM rusak tergolong lebih mudah karena tidak dibutuhkan surat keterangan apapun dari pihak luar. Asal ketiga syarat di atas terpenuhi bisa langsung datang ke kantor cabang masing-masing. Namun meskipun kita bisa datang di unit wilayah manapun, kalau bisa pilihlah kantor cabang tempat anda dulu buka rekening.

Mengurus kartu ATM hilang tidak bisa dilakukan oleh petugas bagian teller. Teller hanya melayani setor dan tarik tunai saja. Maka dari itu temuilah petugas bagian Customer Service. Petugas ini biasanya melayani buka rekening baru juga. Atau kalau tidak, bisanya meja kerja kerjanya berdampingan. Nah sewaktu sampai ke sana ambil nomor antreannya pilihlah di bagian ini. Kalau bingung jangan malu-malu untuk tanyakan pada satpam karena biasanya stand by dekat pintu masuk.

Bila nomor antrean anda sudah dapat giliran untuk menghadap CS, sambil serahkan syarat-syarat di atas katakan juga padanya bahwa anda ingin mengurus kartu ATM yang rusak. Lalu petugas akan mengecek dan langsung memprosesnya bila semua data cocok. Kemudian anda akan dikasih formulir yang harus diisi sebagai bukti permohonan bahwa anda mengajukan pergantian kartu ATM baru karena kartu lama rusak. Mungkin anda harus membayar meterai sebesar 6.000 rupiah yang akan ditempel di formulir tersebut. Namun bila anda lupa bawa uang kecil maka biaya tersebut bisa potong saldo saja.

Ada dua pilihan yang CS berikan. Yang pertama kartu ATM bisa jadi saat itu juga (instan). Yang kedua kartu baru bisa jadi seminggu kemudian. Kalau anda pilih yang ke-2, minggu depan anda harus datang lagi ke situ untuk ambil kartu ATM baru. Kelebihannya iyalah nama anda akan tercetak pada permukaan kartu ATM. Namun bila anda malas atau tidak banyak waktu, pilih saja pilihan yang pertama. Masalah fitur dan layanan tidak ada bedanya.

Baca juga: Penyebab kartu tertelan mesin dan cara mengurusinya

Biaya ganti kartu ATM baru karena rusak di bank MANDIRI, BCA, BNI, dan BRI

Biaya ganti kartu ATM baru bisa berbeda-beda tergantung masing-masing bank. Ada yang gratis ada pula yang bayar. Namun anda tidak perlu kuatir biasanya cuma berkisar antara Rp0,00 – Rp25.000,00 saja.

Bila anda tidak membawa uang, biaya tersebut bisa ditotal dengan harga meterai dan kemudian bayarnya dengan cara potong saldo di rekening anda.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang penyebab kartu ATM rusak, cara dan biaya mengurusnya biar dapat kartu ATM baru yang bisa digunakan kembali. Di bank manapun entah BCA, BNI, BRI, MANDIRI dan lainnya secara garis besar aturannya sama.


Tags: #atm bank #kartu debit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Bisakah mengambil uang kiriman Western Union (WU) diwakilkan orang lain?
Bisakah mengambil uang kiriman Western Union (WU) diwakilkan orang lain?
Syarat mengambil uang kiriman melalui Western Union
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
Meskipun sudah lama dikumpulkan, tetapi meme-meme uang
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Dengan berbagai kelebihannya, pencairan uang kiriman melalui
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking adalah salah satu fitur perbankan
Batas maksimal transfer uang menggunakan Western Union (WU)
Batas maksimal transfer uang menggunakan Western Union (WU)
Bicara soal batas pada transfer Western Union
  1. author

    TAUFIK YONG PAMUNGKAS1 year ago

    APABILA SMS BANKING TERBLOKIR APAKAH PIN KARTU ATM PUN IKUT TERBLOKIR????

    Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      iya

  2. author

    Heri1 year ago

    Harus urus dimana kita buka rekening pertama kali ya ? Atau bisa di cabang manapun ?

    Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      untuk saat ini bank bank yang bisa mengurus meski bukan di cabang saat buka rekeningnya. tapi ada juga yang gak.

  3. author

    Rival Sepri Wardani1 year ago

    Thanks broo info nya, manfaat banget jadi ga kaku mau ke bank nya haha terima kasih…

    Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      sama-sama

  4. author

    didits adi s12 months ago

    dimana tmpat urus gnti kartu atm bri sekitar duren sawit gan

    Reply
    • author
      Author

      admin11 months ago

      kalau bisa sih ngurusnya di cabang dulu agan buka rekening

  5. author

    Bianca12 months ago

    Kalo cuma patah tapi dibagian yg item tapi GA ampe lepas. Masi bisa dipale gak ya?

    Reply
    • author
      Author

      admin11 months ago

      justru di bagian yang hitam itulah yang penting gan. itu tempat menyimpan data. kalau patah di situ kemungkinan besar sudah tidak bisa dipakai lagi

  6. author

    rendy12 months ago

    kalau kartu ATM tidak pernah terpakai apakah bisa rusak? ( aktif dengan internet banking )

    kartu atm ada masa berlaku tidak?
    mohon di jawab, thx

    Reply
    • author
      Author

      admin11 months ago

      kebanykan kartu ATM ada masa berlakunya. lihat saja tulisan di atasnya

  7. author

    Kaban11 months ago

    jika kartu ATM nya patah, mau mengganti dengan kartu yang baru harus ke cabang saat kita Aplly kartu, karna ATM mama saya patah, saat saya mau urus pembuatan kartu baru di suruh kecabang, sedangkan mama saya dulu cabang PAPUA, apa iya harus kesana??
    dan uang tidak bisa di ambil?/

    Reply
    • author
      Author

      admin11 months ago

      untuk zaman sekarang banyak bank yang sudah mempermudah urusan ganti ganti kartu ATM

  8. author

    agung susilo10 months ago

    itu klo kartu atm bca rusAk, terus kalo kita buat baru lagi itu pasti dengan no rekening yg sama ngga?

    Reply
    • author
      Author

      admin10 months ago

      iya, sama

  9. author

    oki10 months ago

    kalau kartu kreditnya terklupas item”nya sedikit tetapi saat di cek di atm bisa , sedangkan di gesek di mall tdak bisa itu gimana ya?

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      kartunya minta ganti saja sama yang baru

  10. author

    puji setiawan10 months ago

    Kalau ngurus’a atm bca tanpa ada buku tabungan dikarenakan ketinggalan d kontrakan gmn?

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      kebanyakan ditolak

  11. author

    ilham9 months ago

    Bisa nggak ya bikin atm yang rusak pake surat keterangan e-ktp. Karena ktp.y blum jadi

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      bisa

  12. author

    Sabrina9 months ago

    Kartu atm saya rusak..tapi saya ada d malasya. Sementara atm saya d tangan ortu saya d indonesia. Bagaimana saya harus menggantinya tanpa balik ke indonesia. Harap penjelasannya.

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      Kalau diwakilkan, banyak bank yang bilang tidak bisa

  13. author

    sainal9 months ago

    Klo atm rusak apa bisa d urus /ganti d bank bri cabang meskipun bukan d cabang tmpat buka rekening pertama,,,?

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      bisa. cari cabang yang agak gedean.

  14. author

    maryan9 months ago

    bisa gak ngurus kartu atm yang rusak mengunakan ktp yang sudah mati 2 minggu?

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      sepertinya sih akan ditolak. lagian KTP sudah mati, mengapa tidak bikin baru saja?

  15. author

    Kiki9 months ago

    Mau tanya dong, kalo mau ganti kartu karna rusak tapi ga ada buku tabungannya bisa ga ?

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      sebenarnya masih bisa diusahakan agar bisa. tapi agak ribet. salah satunya harus menyertakan surat kehilangan dari kepolisian

  16. author

    yayang9 months ago

    Waktu sya mau narik uang malah ada tulisan kartu ada tidak diijinkan. Kenapa ya ? Ato karna krusakan dikartunya. Soalnya udh bnyak goresan dikotak kecil di atas garis hitamnya. Apa itu berpengaruh

    Reply
    • author
      Author

      admin9 months ago

      kemungkinan iya

  17. author

    dina anggraini8 months ago

    Kenapa ya saya mau cek saldo tdk bisa? Pdhal saat masukan pin bisa? Trus atmnya blg, kartu atm anda tdk dpt di proses hubungi bank anda! Tolong infonya dong?

    Reply
    • author
      Author

      admin8 months ago

      masukin PIN bisa bukan berarti sudah masuk. saran saya ikuti petunjuk yang muncul; hubungi bank anda!

  18. author

    Muhammad Anshari8 months ago

    Kalau saya mau memperbaiki ATM yg rusak tapi posisi saya di luar wilayah pembuatan, bisa gak gan?
    Saya berada di luar provinsi pembuatan

    Reply
    • author
      Author

      admin8 months ago

      beda cabang bisa beda gan. kalau memang tidak bisa ke cabang tempat dulu bikin, carilah cabang yang besar

  19. author

    arief8 months ago

    Pak Atm Bri saya di bagian hitam2 itu tergores. Jadi kartu saya gag kebaca di mesin atm nya. Kalo kita rujuk ke Bank nya persyaratannya apa aja ya? Waktu nya brapa lama dan biaya skitar brapa ya?

    Reply
    • author
      Author

      admin8 months ago

      persyaratan: bawa KTP, buku tabungan, dan Kartu ATM-nya.
      prosesnya: bisa langsung jadi

  20. author

    novhy8 months ago

    Gan kartu atm saya lupa saya taru di mana tapi atmnya sudah saya blokir kalau mau pulihkan lagi apa perlu surat kehilangan dri kantor polisi

    Reply
    • author

      Sarah7 months ago

      bilang saja hilang di rumah, rusak atau apalah

  21. author

    mukhlis8 months ago

    mas, kartu atm ibu saya kan rusak (ga kebaca di atm) apabila yg ngurusin kartunya ke bank itu saya, boleh nggak ya?

    Reply
    • author

      Sarah7 months ago

      tidak

  22. author

    Yudi7 months ago

    Kartu anda tidak dapat digunakan silahkan hubungi bank anda. Itu tulisan yang muncul ketika saya memasukkan kartu atm saya di mesin atm. Kira kira itu kenapa ?

    Reply
    • author

      Sarah7 months ago

      Kemungkinan terblokir atau expired

  23. author

    najib7 months ago

    kalau pas mau ambil uang malah ada tulisannya tidak dapat di proses, silahkan hubungi bank anda….itu kenapa ya??

    Reply
    • author

      Sarah7 months ago

      Coba pindah ke mesin lain. Saya pernah mengalami seperti itu dan setelah pindah, bisa.
      Kalau sudah pindah tetapi tetap tidak bisa, berarti memang harus menghubungi pihak bank (kartu ATM bermasalah entah terblokir, expired, dan sebagainya)

  24. author

    nisaa7 months ago

    Kalau kartu atm melengkung krn ditaruh disaku kemudian saya masukkan ke mesin atm apa tdk apa2? takutnya nanti g bisa keluar..gimana min?

    Reply
    • author

      Sarah7 months ago

      Punya saya pernah melengkung seperti itu. Sebelum dimasukkan, diluruskan dulu. Hasilnya transaksi lancar tidak menemui masalah apa-apa

  25. author

    Istiana Eka7 months ago

    Kalo pas cek saldo bisa, tpi pas ngambil uang ga bisa, padahal saldonya mencukupi, itu apa ATMnya keblokir kah?

    Reply
    • author
      Author

      admin7 months ago

      bisa jadi karena uang di dalam mesin habis

  26. author

    uang6 months ago

    Kalo kartu ATM bisa masuk mesin tapi ga bisa tarik tunai kenapa ya? Saldo saya saat itu nol.

    Reply
    • author

      Sarah6 months ago

      Karena saldo nol. Kartu ATM itu kartu debit, bukan kartu kredit. Jadi harus diisi saldo dulu baru bisa transaksi

  27. author

    alemnon6 months ago

    pengurusan nya bisa di wakilkan ga gan?

    Reply
    • author

      Sarah5 months ago

      pernah tanya ke CS bank, dia jawab TIDAK

  28. author

    uki6 months ago

    Mas law gnti kartu atm mandiri yg rusak tpi buku tabunganya udah hilang bisa gak mas?

    Reply
    • author

      Sarah5 months ago

      bisa. datang saja ke kantor cabang bank terdekat.

  29. author

    fitria5 months ago

    Kalo atm ke blokir bisa tidak di urus di bukan cabang pembuatan
    Thnx

    Reply
    • author

      Sarah5 months ago

      untuk sekarang ini banyak bank yang bisa

  30. author

    Bhy5 months ago

    Klau cm ada buku tabungan & kartu atm yg rusak apa bisa ya mas ? Ktp nya gak ada.

    Reply
    • author
      Author

      admin4 months ago

      Tebakan saya akan dipersulit. Bila kepepet dan butuh banget, coba pakai kartu identitas lain berupa SIM atau Paspor.

      CS bank kemungkinan besar akan menyarankan Anda mengurus KTP dulu, bikin yang baru dan kalau tidak langsung jadi, minta surat keterangan bahwa KTP masih dalam proses. Nah surat tersebut bisa digunakan untuk mengganti KTP

  31. author

    Budi3 months ago

    Kalau ATM kadarluarsa bisa gak yah diaktifkan lagi? Tetapi KTPnya sudah ganti Elektronik…
    Buku Tabungan sama ATM terus KTP elekronik.apakah persyaratan ini Cukup?
    Dulu pas saya buka Rekening dikalimantan pake KTP lama sekarang saya tinggal dijakarta KTP’y elekronik cuma beda nomer KTP doang…apakah bisa diurus dikantor Bri terdekat…Apakah saya harus kekalimantan dulu hanya utk mengurus ATM…KTP lama Jawa,KTP elektronik jawa juga…
    Mohon infonya gan makasih banyak…

    Reply
    • author
      Author

      admin1 month ago

      Kartu ATM kadaluarsa tidak dapat diperbaharui. harus diganti. harusnya bisa diurus

  32. author

    budi setiawan2 months ago

    klo misalkan atm sya rusak td pas sya ambil gkk bsa….trus saya mau ambil uangnya apa harus lewat k’kantor cabang dlu..

    Reply

Leave a reply "Kartu ATM rusak: penyebab, cara urus, dan biaya gantinya?"

Must read×

Top