TabunganKu, Tabungan Bank Gratis Biaya Administrasi

Posted on

TabunganKu, Tabungan Bank Gratis Biaya Administrasi

TabunganKu, Tabungan Bank Gratis Biaya Administrasi – Setelah saya publish berbagai artikel tentang syarat daftar buka rekening bank baik BCA, BRI, BNI maupun lainnya di blog uangindonesia.com ini, banyak pembaca yang menanyakan ada gak jenis tabungan di bank yang tanpa atau bebas biaya administrasi bulanan alias gratis? Jawabannya ada. Yaitu TabunganKu.

Silakan baca: Jenis-Jenis Produk Tabungan Bank BCA

Sekilas Tentang TabunganKu

Katanya, entah alasannya apa sebagian masyarakat Indonesia banyak yang tidak suka menabung di bank. Bahkan ada yang masih awam tentang perbankan. Mereka takut menabung di bank karena biaya administrasi bulanan dan biaya-biaya lain yang kadang membebani. Faktanya memang begitu. Banyak banyak masyarakat kita yang masih di bawah garis kemiskinan. Penghasilan mereka mungkin hanya cukup untuk membiayahi kebutuhan hidup sehari-hari. Tidak ada sisa untuk ditabung. Namun ada kalanya mereka butuh rekening. Misal untuk terima gajian dari majikan, atau kirim uang untuk keluarga yang tinggal di kampung. Kalau butuh rekening bank hanya untuk keperluan itu tapi biaya administrasinya terus menerus tiap bulan, tentu hal ini akan dirasa berat untuk mereka.

Untuk mengatasi keadaan ini pada tahun 2010 pemerintah yang waktu itu Presidennya Pak Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan program TabunganKu ke 70 bank nasional dan bank-bank pembangunan daerah. TabunganKu adalah sejenis tabungan bank yang bisa bebas biaya admistrasi. Dan karena program ini diterapkan di 70 bank, maka kita bisa mendapatkan tabungan jenis ini di bank BCA, BRI, BNI dan bank-bank besar lainnya.

Tujuan program ini untuk masyarakat miskin biar bisa memperoleh akses bank dan untuk menumbuhkan gemar menabung pada mereka.

Namun seiringnya waktu TabunganKu yang awalnya diperuntukan untuk rakyat miskin biar bisa menabung di bank dengan bebas biaya administrasi, sekarang banyak pihak yang memanfaatkan program ini. Tidak hanya rakyat miskin saja, warga yang mampu pun tidak sedikit yang mencoba untuk memilikinya. Terutama para pelajar dan anak-anak yang masih di bawah umur (belum punya KTP), karena program ini terbuka bagi semua umur.

TabunganKu Pada Bank BCA, BNI, BRI dan Bank Besar Lainnya

Untuk bisa mendapatkan tabunganKu, tabungan yang gratis biaya administrasi ini bisa kita memilikinya dengan cara mendaftarkannya di bank-bank seperti BCA, BNI, BRI, MANDIRI dan bank lainnya. Nanti nama tabungannya akan mengikuti nama bank tersebut, misalnya TabunganKu BCA, Tabunganku Mandiri, dan seterusnya.

Meskipun ini adalah program pemerintah, namun faktanya dilapangan kalau kita mau mendaftar tabunganKu, masing-masing bank bisa saja beda aturannya. Ada yang ketat, ada pula yang longgar. Bahkan ada yang membatasi usia, kalau sudah di atas 17 tahun tidak boleh mendaftar tabungan TabunganKu.

Selain beda pada aturan, perbedaan lain juga terdapat pada fitur dan layanan. Mungkin tidak bisa ditampik, karena Program TabunganKu gratis, maka fitur dan layanannya pun terbatas. Ada bank yang juga memberikan kartu ATM, sms banking, m-banking dan layanan lainnya, namun ada pula yang tidak. Ada yang gratis biaya bulanan dan biaya lain-lain, ada pula yang biaya bulanannya gratis namun biaya transfer, penarikan via ATM kena biaya. Bahkan ada loh yang kalau mau menarik tunai harus di kantor cabang yang sama pada saat buat rekeningnya, tidak boleh di kantor cabang lain. Intinya setiap bank untuk program TabunganKu beda-beda aturan dan layanan. Kalau anda tetap berminat, saran saya pintar-pintar saja membandingkannya. Biar dapat tabungan yang gratis biaya administrasi namun layanan kelas premium hehe.

Keuntungan TabunganKu

Karena sejatinya jenis tabungan ini untuk masyarakat menengah ke bawah, maka tabungan ini dirancang khusus biar syarat-syaratnya bisa dipenuhi oleh masyarakat yang ditargetkan. Kemudahan-kemudahan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Tidak dikenakan biaya adminsitrasi,
  • Saldo awal hanya Rp20.000. Saat pembukaan tabungan, biasanya ada biaya pembuatan buku tabungan Rp5.000 dan biaya materai Rp6.000.
  • Setoran selanjutnya minimal Rp10.000
  • Saldo minimal di tabungan cukup Rp20.000. Rekening akan ditutup jika saldo lebih kecil dari Rp20 ribu. Biaya penutupan sebesar saldo yang tersisa.

Bunga Pada Tabungan Jenis TabunganKu

Meskipun tabungan ini bebas biaya administrasi, namun jangan kuatir kalau tabungan ini tidak memberikan bunga. Bunga yang bisa didapat adalah sebesar 0,75% per tahun untuk saldo tabungan sebesar Rp500 ribu – Rp 1 juta. Tabungan di atas Rp 1 juta mendapatkan bunga tabungan sebesar 1%. Sementara tabungan di bawah Rp500 ribu tidak mendapatkan bunga. Pada posisi ini fungsi bank memang hanya sebagai media penyimpanan uang yang lebih aman dan praktis untuk aneka keperluan seperti pembayaran tagihan dan pengiriman uang.

Gimana menarik bukan? Jika tetap masih ada yang nanya tabungan yang bebas biaya administrasi alias gratis, saya akan menjawab dan merekomendasikan untuk coba mendaftar rekening tabungan bank jenis ini. Dan jika anda memang butuh, jangan merasa gengsi karena saat ini tabunganKu tidak hanya diminati oleh masyarakat menengah ke bawah, semua masyarakat lapisan manapun kalau memang butuh rekening hanya untuk keperluan menyimpan uang pasti akan memilih tabungan ini.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

44 thoughts on “TabunganKu, Tabungan Bank Gratis Biaya Administrasi

    1. kalau berdasarkan web BCA nya tidak tertulis TabunganKU BCA dapat fasilitas tersebut. disana hanya tertulis dapat fasilitas Kartu ATM Instan TabunganKu.

    2. TabunganKU di masing2 bank punya fitur berbeda-beda, ada yang bisa ada pula yang tidak. untuk memastikan, bisa ditanyakan ke CS bank yang bersangkutan

    1. tergantung agan bikin rekening TabunganKu di bank mana. lain bank lain fitur/fasilitasnya

    1. Hal tsb memang bisa terjadi. Seandainya memang kesalahan sistem, biasanya akan kembali ke semua. Tapi untuk memastikan, tanyakan langsung saja ke banknya. Ntar bisa dilacak kapan waktunya, berapa, dan siapa yang menguranginya. Kalau memang bukan anda yg ambil, ntar uang akan dikembalikan kembali

  1. pak untuk persyaratannya tabunganku BRI apa aja untuk pelajar?apakah orangtua wajib memiliki rekening

    1. TabunganKu untuk pelajar syaratnya KTP atau kartu pelajar. tidak perlu diantar orang tua ataupun orang tua harus punya rekening BRI. TabunganKU beda dengan BRI Junio

  2. numpang lewat admin,,klo saya buka tabunganku utk anak dibawah umur 17 th,,itu bagaimana prosesnya, apakah atas nama saya & bisakah atas nama anak tsb & bisakah saya transfer tiap bulannya melalui atm ( nasabah bri simpedes)

    1. bisa atas nama anak

      untuk fitur apakah bisa transfer, dapat ATM dll, silakan tanya langsung ke CS banknya. Tiap bank entah itu BCA, BRI, maupun BNI, meskipun sama2 ada yang namanya tabunganKU, tapi fitur dan layanannya bisa berbeda2

    1. agan waktu bikin bayar buku tabungan dan kartu ATM gak? kalau tidak, bisa jadi potongan tersebut untuk membayar buku tabungan dan kartu ATM baru.

      Cuma sekali doang kok gan.

  3. Kalo kartu tabunganku nya rusak, kalo buat lagi bs dibank mana aja atau harus ke bank cabang dulu buatnya kak ??

  4. Kalau mau buka rekening tabunganku ini,apakah bisa pakai ktp
    Luar kota?
    terima kasih.
    Mohon balasannya.

    1. Kalau mau buka tabunganku BNI,apakah bisa pakai KTP luar kota?
      terima kasih.
      Mohon balasannya.

    2. masing2 bank bisa beda aturannya. namun kebanyakan minta disertai surat keterangan domisili dari pak RT dan RW tempat tinggal agan sekarang kalau alamat tinggal dan alamat yang tertera di KTP tidak sama

  5. Saya setiap hari hampir 10 kali tranfer ke TOKO online, menggunkan SMS Banking / Mobile banking atas sesama yg gratis bank apa ya?… Selama ini saya pakai BRI biayanya 900+900 jadi 1800, sangat berat.

    1. toko online biasanya tersedia banyak nomor rekening dari bermacam2 bank. Pakai saja BCA atau BNI dan nanti transfernya ke rekening yg sesama

    2. Pakai aja rekening CIMB Niaga ON Account powered by XL. gratis tarik tunai di atm manapun, transfer ke rekening bank berbeda juga. pokoknya mantap deh. ga takut kena biaya, gratis…tis..tis…!

  6. Berapa limit transfer maximal dari BNI tabunganku ke rekening BNI via ATM dalam satu hari. Thanks

    1. tabunganKu BNI sekarang sudah tidak pakai ATM lagi. namun kalau kartu ATM tabunganKU BNI punya agan masih aktif, bisa untuk transfer limitnya seperti ATM jenis silver, atau malah lebih sedikit

  7. Untuk tabunganku di bri yang udah lama gak di isi hampir setahun apakah masih aktif? Atau dimatikan?

  8. Mau juga sih bikin TabunganKu di bank Mandiri, lumayan bebas biaya admintrasi per bulanya

  9. Min apakah dibank BRI dan BNI ada batasan umur untuk membuka rekening baru TabunganKu? Dan juga apakah sudah disertai kartu ATM? Saya ingin membuka tabungan dan umur saya 18th. Mohon penjelasannya

    1. datang ke kantor cabang terdekat (kalau bisa di tempat dulu buka rekening) sambil bawa buku tabungan, KTP (kartu identitas), dan kartu ATM-nya. Nanti akan dibuka blokirannya oleh petugas bagian Customer Service

  10. apa benar untuk tabunganku, jika penyimpanan diatas Rp 7.500.000.- ada bunga sebesar 20% per “bulan” ??? :P

  11. tabungaku bni indonesia pintar apakah bisa digunakan untuk transfer ke atm lain? apakah atm lain mentransfer ke tabunganku bni indonesia pintar bisa masuk?

  12. apakah program tabunganku di bank mandiri masih berjalan,,,di bank mandri cabang mana saya dapat membuka rekening tabunganku ?

  13. Permisi min . Apakah untuk kartu bni stilver setiap bulan nya di potong 13000 (11000 untuk admin rek + 2000 untuk kartu silver) . Lalu jika kita nyetor atau narik lewat atm apakah dikenakan biaya? Terima kasih

  14. Kak untuk yg suku bunga di atas 500rb itu, keuntungan yng kita dapat apa kita harus bayar dr trpotongnya saldo ditabungan?? Mohon penjelasannya 😁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *