Phone banking BNI: pengertian, cara aktivasi dan menggunakannya

Phone banking BNI – Dengan menjadi nasabah BNI, selain buku tabungan, anda akan mendapatkan fasilitas lain berupa e-banking yang bisa anda gunakan untuk transaksi tanpa perlu menemui teller di bank yang hanya buka pada jam kerja saja. Ngomong-ngomong e-banking, apakah anda tau electronic banking itu terdiri apa saja? E-banking di antaranya adalah kartu debit atau yang digunakan sebagai kartu ATM, sms banking, m-banking, internet banking, dan phone banking. Semua layanan ini bisa anda gunakan untuk transaksi tidak terbatas waktu, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.

Fitur layanan kartu debit, sms banking, m banking, dan internet banking sudah banyak dikenal dan digunakan masyarakat secara luas. Di blog uangindonesia.com pun sudah sering dibahas. Tapi bagaimana dengan phone banking? Sepertinya yang satu ini masih kalah populer dibanding lainnya. Padahal phone banking tidak jauh beda dengan sms banking loh. Sama-sama bisa digunakan melalui handphone, di mana saja dan kapan saja. Bedanya, kalau sms banking menggunakan tulisan pesan yang dikirim dengan format tertentu, sedangkan phone banking menggunakan telepon/suara dengan melakukan panggilan ke nomor yang sudah ditentukan.

Penasaran ingin mengetahuinya lebih jauh? Jika iya, baca sampai habis ya. Berikut akan saya bahas phone banking dengan sangat lengkap. Tapi khusus untuk BNI dulu. Untuk bank lain kapan-kapan saja. Mulai dari maksud dan pengertiannya, sampai cara daftar atau aktivasi serta penggunaannya.

Baca juga:


Pengertian dan maksud phone banking BNI

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas. Phone banking adalah salah satu fitur bank yang ditujukan kepada nasabahnya agar bisa transaksi non-tunai (inquiry saldo, mutasi, transfer, dan lain sebagainya) melalui telepon. Jadi nasabah tidak perlu cari ATM atau datang ke kantor cabang BNI terdekat. Cukup ambil saja telepon (bisa juga dengan menggunakan handphone) lalu hubungi nomor phone banking dari bank terkait yang sudah ditentukan. Untuk BNI sendiri nomornya adalah 1500046 dan kalau melalui HP bisa hubungi 021-1500046 atau 68888.

Setiap nasabah BNI (Tipe Taplus, Taplus Bisnis *, dan Giro Perorangan) bisa melakukan ini. Namun sebelumnya harus daftarkan dulu nomor rekeningnya. Jika sudah, barulah bisa bertransaksi. Khusus Taplus Bisnis sudah teregistrasi otomatis.

Soal biaya hampir sama seperti fitur lainnya. Jika sms banking memungut pulsa dan internet banking membutuhkan kuota data, phone banking membutuhkan biaya telepon. Menurut saya inilah merupakan salah satu kelemahannya. Lebih mahal dari pada internet banking.

Itu biaya untuk menghubunginya saja. Sedangkan untuk transaksinya sebagian gratis. Nanti deh di bawah saya kasih daftarnya.

Cara daftar / registrasi / aktivasi phone banking BNI

Hampir sama seperti registrasi sms banking dan internet banking, cara mendaftarkan nomor rekening BNI kita agar bisa melakukan phone banking ada dua cara. Yaitu melalui ATM dan datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Cara registrasi phone banking BNI melalui ATM

Cara yang pertama ini sangat gampang. Anda tinggal cari saja ATM terdekat lalu ikuti petunjuk di bawah ini. Namun di balik kemudahannya ada kekurangannya. Yaitu hanya bisa untuk transaksi non-finansial seperti cek saldo saldo, mutasi, dll. Sedangkan untuk transaksi finansial berupa transfer, pembayaran, dll, belum bisa.

  • Masukkan BNI card ke ATM
  • Tekan PIN
  • Pilih menu “Registrasi E-Channel”
  • Pilih lagi “BNI Phone Banking”
  • Tentuka 6 digit PIN Phone Banking
  • Proses registrasi selesai dan struk akan keluar

Jika anda sudah terlanjur mendaftarkannya dengan cara ini namun ingin menikmati layanan komplit (bisa transaksi finansial), caranya yaitu daftarkan lagi ke kantor cabang BNI terdekat.

Registrasi phone banking dengan datang ke kantor cabang BNI

Saran saya jika anda memang ingin mendaftarkan fitur phone banking tidaklah perlu ke ATM. Langsung saja mendaftarkannya ke cabang BNI saja. Meskipun ada yang bilang semua kantor cabang BNI bisa membantu anda untuk mendapatkan layanan ini, namun sebaiknya anda pilihlah cabang tempat anda dulu bikin rekeningnya. Maksudnya biar anda tidak bolak-balik seandainya cabang tersebut tidak bisa membantu anda.

Syaratnya hanya perlu bawa buku tabungan sebagai tanda pemilik rekening dan kartu identitas berupa KTP. Setelah itu ambil nomor antrean bagian Customer Service. Setelah sudah dapat giliran dilayani, utarakan saja maksud anda yaitu mau aktivasi layanan phone banking. Nanti petugas yang akan memprosesnya. Anda tinggal tunggu dan bikin PIN saja.

Cara menggunakan fitur layanan phone banking BNI

Setelah nomor rekening anda sudah terdaftar untuk menikmati layanan ini, maka untuk menggunakannya caranya sebagai berikut:

  1. Dial nomor 1500046. Atau jika anda menggunakan HP, nomornya adalah 021-1500046 atau 68888.
  2. Ikuti petunjuk yang terdengar (tekan nomor 16 digit kartu dan PIN phone banking).

Tarif atau biaya menggunakan phone banking BNI

Seperti yang sudah saya katakan di atas. Menikmati layanan ini akan dipungut biaya 2 jenis. Yang pertama biaya telepon, yang kedua biaya transaksi.

Kalau anda telepon menggunakan HP, biaya tergantung operator seluler yang anda gunakan. Biaya ini bisa berbeda-beda. Namun kalau biaya jenis transaksinya (dikenakan leh BNI) semua sama. Sebagian gratis tapi sebagian lagi bayar. Berikut daftarnya:

biaya phone banking BNI

Demikianlah artikel ini yang membahas phone banking BNI. Mulai dari pengertian, cara daftar, cara menggunakan, dan biayanya sudah saya jelaskan dengan cukup lengkap. Namun bila masih ada yang belum paham sehingga perlu ditanyakan, katakan saja di kolom komentar di bawah ini. Saya akan sesegera mungkin menjawabnya. Terimakasih dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya di blog ini ya.

Lainnya baca: cara mengurus kartu ATM BNI terblokir biar aktif kembali


Tags: #bni #e-banking #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg
Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg
Hampir semua orang di dunia kenal Mark
Biaya ambil kiriman uang di Western Union
Biaya ambil kiriman uang di Western Union
Sebelumnya sudah dibahas Syarat pengambilan uang di
Syarat pengambilan uang di Western Union
Syarat pengambilan uang di Western Union
Syarat pengambilan uang di Western Union pada
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Cara mendapatkan uang di internet dengan jual blog
Mendapatkan uang di internet bukan sebuah rahasia
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM kotor
Cara membersihkan kartu ATM yang kotor – Zaman
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook
Cara mendapatkan uang dari Facebook – Dahulu, peribahasanya
  1. author

    geri7 months ago

    Gimana cara nya kalau tidak aktip vinalsial,,mau transfer,,supaya tidak datang lg ke bank

    Reply
    • author

      Sarah6 months ago

      mau tidak mau harus datang ke kantor cabang bank

Leave a reply "Phone banking BNI: pengertian, cara aktivasi dan menggunakannya"

Must read×

Top