Apa perbedaan kartu ATM silver, gold, dan platinum pada BNI ?

In tips trik uang 33778 views

Apa perbedaan kartu ATM silver, gold, dan platinum pada BNI ?

Apa perbedaan kartu ATM silver, gold, dan platinum pada BNI ?. Terkecuali tipe tabunganKU, pembuatan rekening baru di BNI saat ini sudah seperti satu paket dapat buku tabungan sekaligus kartu ATM atau yang biasa disebut debit card.

Saya tidak tau pasti apakah seandainya kita bikin rekening tapi tidak mau pakai fasilitas ATM bisa atau tidak. Yang jelas saya setiap bikin di bank manapun pasti ingin dapat kartu ATM. Ya, seperti kita ketahui fungsi kartu ini memang sangat banyak. Antara lain kita tetap bisa transaksi 24 jam non-stop tanpa harus datang ke loket teller di kantor cabang bank yang hanya buka di hari dan jam kerja saja. Sudah gitu kadang antre lama.

Kita fokuskan ngomongi BNI. Saat anda buka rekening baru di bank yang berdiri sejak 5 Juli 1946, ini pasti akan ditanyakan apakah akan memakai kartu ATM silver, gold, atau platinum. Memang sih saat itu petugas bank bagian customer service akan menjelaskan detail kelebihan, kekurangan, dan perbedaannya masing-masing. Namun kadang mereka ngomongnya terlalu cepat. Kalau tidak jeli, gugup, bahkan grogi, kita bisa salah pilih.

Memang sih dibalik kenyamanannya menggunakan kartu ATM BNI, tiap bulannya juga kita harus bayar biaya tambahan. Nah perbedaan dari kartu ATM jenis silver, gold, dan platinum salah satunya terletak di sini. Perbedaan lain antara lain warna kartu dan limit penggunaannya.

Baca : Cara mengurus buku tabunga BNI hilang


Apa perbedaan kartu ATM silver, gold, dan platinum pada BNI ?

Perbedaan yang paling gampang dikenali dan tampak mata adalah warna fisiknya. BNI debit card silver ini mempunyai warna dasar abu-abu, perak, atau apalah anda menyebut itu. Sedangkan jenis gold warna dasarnya kuning keemasan. Sedangkan yang platinum, hitam. Ketiganya sama-sama memiliki motif batik khas Indonesia.

Bentuk dan ukuran semuanya sama. Sama-sama bisa digunakan di semua mesin ATM BNI, ATM bersama, dan bisa juga untuk berbelanja di merchant-merchant BNI serta yang ada logo MasterCard yang tersebar di seantero dunia.

Lanjut ke perbedaan yang nomor dua, yaitu biaya pengelolaan kartu per bulannya. Info ini cukup penting karena bila anda salah pilih, bisa-bisa anda dapat yang tipe mahal sehingga memberatkan.

Berdasarkan website resminya BNI yang beralamatkan di http://www.bni.co.id/, inilah tarifnya:

  1. Kartu ATM BNI silver : Rp2.000,00.
  2. Kartu ATM BNI gold : Rp7.5000,00.
  3. Kartu AMN BNI platinum : Rp10.000,00

Semakin mahal biayanya, kartu debit tersebut semakin banyak /besar uang yang bisa ditarik atau transfer per harinya. Lebih detailnya, saya akan tuliskan kelebihan dan kekurangan dari ketiganya di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan kartu ATM BNI silver, gold, dan platinum

  • Kartu ATM silver

Debit card ini memang paling murah biaya bulanannya. Maka dari itu untuk transaksi tarik tunai di ATM pun maksimalnya paling kecil, yaitu Rp5.000.000,00 per hari. Sedangkan untuk transfer dana ke rekening lain sesama BNI limit paling banyak Rp50.000.000,00. Jika ke rekening antar bank Rp10.000.000,00. Lalu untuk transaksi belanja Rp10.000.000,00.

Jika memang tujuan anda bikin rekening untuk menabung, jarang tranfer dan belanja, lebih baik pilih jenis ini saja.

  • Kartu ATM BNI jenis gold

Untuk biaya bulanan dan limit penggunaan, debit card jenis ini berada posisi tengah alias bukan yang paling murah, bukan pula yang paling mahal. Yaitu:

  • Biaya bulanan : Rp7.500,00.
  • Tarik tunai : Rp10.000.000,00 (limit).
  • Transfer antar rekening BNI : Rp100.000.000,00 (limit).
  • Transfer ke rekening selain BNI : Rp15.000.000,00 (limit).
  • Transaksi belanja : Rp50.000.000,00 (limit).

Jumlah limit di atas dihitung per hari. Jika butuh sejumlah uang melebihi nominal itu, transaksi lagi untuk menambahkannya di hari berikutnya (pukul 12 malam). Misal butuh uang tunai Rp12.000.000,00 maka tariklah tunai hari ini Rp10.000.000,00 lalu tunggu pukil 24.00 untuk menambah Rp2.000.000,00 lagi.

  • Kartu ATM BNI jenis platinum

Debit card ini yang paling tinggi biaya bulanannya. Meski demikian, pemegangnya bisa tarik tunai dan transfer banyak. Limit tarik tunai Rp10.000.000,00, transfer ke sesama BNI Rp100.000.000,00, transfer antar bank Rp25.000.000,00, dan transaksi belanja Rp100.000.000,00.

Jika kebutuhan anda untuk transaksi perharinya memang rata-rata sebesar itu, tidak ada salahnya untuk pilih yang jenis platinum ini.

Baca: cara mengurus buku tabungan dan kartu ATM hilang sekaligus

Siapa saja yang bisa memiliki kartu ATM BNI jenis silver, gold, dan platinum?

Siapa saja bisa bebas memilih selama ia pemegang tabungan rekening Taplus, Taplus Bisnis, dan mayoritas tipe produk tabungan BNI lainnya. Bagaimana jika kita saat ini pemegang kartu debit silver namun suatu saat butuh yang gold? Kita bisa menggantinya. Cara dan syaratnya akan kita bahas besok. Silakan tunggu atau lihat postingan selanjutnya.

Itulah penjelasan lengkap mengenai perbedaan kartu ATM silver, gold, dan platinum serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kalau saran saya sih pilih menyesuaikan kebutuhan saja biar tidak terlalu keberatan masalah biaya administrasi bulanan.

Ngomong-ngomong masalah biaya administrasi ATM BNI, ada loh produk tabungan di bank yang logonya didominasi warna hijau dan orange ini yang bebas biaya alias gratis. Sudah gitu dapat fasilitas ATM silver dan fitur lengkap lainnya, namanya BNI Syariah iB Hasanah. Jika anda berminta ingin membuatnya silakan baca: Cara dan syarat bikin rekening BNI Syariah terbaru


Tags: #atm bank #kartu debit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Cara menghemat selama bulan Puasa
Cara menghemat selama bulan Puasa
Sekilas bulan Puasa orang-orang tampak lebih hemat
7 pengeluaran menjelang lebaran yang harus disiapkan
7 pengeluaran menjelang lebaran yang harus disiapkan
Saya yakin hampir semua anak menyambut lebaran
8 peluang bisnis pada bulan Ramadan untuk menambah penghasilan uang
8 peluang bisnis pada bulan Ramadan untuk menambah penghasilan uang
Tidak terasa sebentar lagi bulan puasa Ramadan.
Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg
Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg
Hampir semua orang di dunia kenal Mark
Biaya ambil kiriman uang di Western Union
Biaya ambil kiriman uang di Western Union
Sebelumnya sudah dibahas Syarat pengambilan uang di
Syarat pengambilan uang di Western Union
Syarat pengambilan uang di Western Union
Syarat pengambilan uang di Western Union pada
  1. author

    Suminah7 months ago

    Saya pake Atm BNI silver tp kenapa saya ga bisa pake buat ngecek saldo di ATm mesin di singapore?

    Reply
    • author

      Suminah7 months ago

      Pls reply by email , thanks

    • author
      Author

      admin6 months ago

      Selama kartu ATM dan mesin yang Anda gunakan ada logo Cirrus / VISA / PLUS, harusnya bisa. Namun perlu diketahui, meskipun kartu ATM Anda sudah memenuhi syarat tersebut, tetapi untuk digunakan diluar negeri biasanya harus diaktifkan dulu fiturnya melalui CS di bank BNI terdekat. Tebakan saya kartu Anda belum pernah diaktifkan layanan ini

Leave a reply "Apa perbedaan kartu ATM silver, gold, dan platinum pada BNI ?"

Must read×

Top