Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret

In uang lainnya 6086 views

Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret

Selain bank, Pegadaian, dan Kantor Pos, pengambilan uang yang dikirimkan dengan jasa Western Union dapat juga dilakukan di Indomaret. Namun, tidak semua Indomaret yang kita temui bisa melayaninya: Indomaret cabang kecil tidak, sedangkan cabang besar menyediakan formulir dan pintunya tertempel stiker logo Western Union berwarna kuning yang menandakan bisa.

Sebenarnya, tempat favorit saya untuk mencairkan penghasilan blog uangindonesia.com ini, yang dikirim oleh Google via WU (Western Union) adalah di Kantor Pos. Akan tetapi Kantor Pos terdekat dari tempat tinggal saya kecil. Sehingga jika datang ke sana kesiangan sudah kehabisan stok uang. Padahal, jumlah uangnya yang mau saya ambil tidaklah besar.

Maka dari itu, tepatnya sekitar tiga bulan yang lalu saya mencoba mengambil kirimannya di Indomaret. Di sana lumayan bisa sekalian jajan sekaligus mencoba mendapatkan pengalaman baru yang nantinya bisa saya bagikan melalui tulisan ini. Bagaimana cerita lengkapnya? Berhasil? Syarat dan prosesnya apakah sama seperti di Kantor Pos? Silakan lanjutkan membacanya.

Baca juga: Mengenal Western Union lebih dalam sekaligus sejarahnya


Syarat dan proses ambil uang kiriman Western Union di Indomaret

Pada hari itu saya mencoba mengambilnya di Indomaret karena kesiangan. Sebenarnya petugas Kantor Pos menunjukkan alamat Kantor Pos lain yang lebih besar, tepatnya di dekat Pasar Comal. Jika dijangkau, jaraknya lumayan jauh dan untuk menuju ke sana melewati beberapa Indomaret di sepanjang pinggiran jalan.

Sambil menuju ke sana, saya pikir tidak ada salahnya setiap menemukan Indomaret saya mampir dulu untuk mencobanya. Setelah masuk dan membandingkan dengan Kantor Pos, ternyata syarat dan proses mengambil kiriman uang via Western Union di Indomaret hampir saya, yaitu:

  1. Kode MTCN (Money Transfer Control Number)
  2. Data pengirim (cukup nama dan alamat saja)
  3. Data penerima (penerima datang sendiri, tebakan saya tidak bisa diwakilkan orang lain)
  4. Menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku (e-KTP)
  5. Menyerahkan dua lembar fotokopi e-KTP.

Untuk prosesnya juga tidak jauh beda: Petugas/kasir Indomaret mengecek kevalidan kode MTCN di komputer. Setelah diketahui valid (belum expired/belum diambil sebelumnya), barulah kita diberikan formulir penarikan WU untuk diisi. Proses pokok sebenarnya cukup itu saja, tetapi biasanya petugas Indomaret kelewat ramah. Meskipun belum mengecek, mereka sudah bertanya uang kiriman dari siapa, jumlahnya berapa, dan sebagainya.

Saya memaklumi dan positive thinking saja. Mereka melakukan itu mungkin demi kebaikan bersama: dikhawatirkan saya penipu, takut uang yang mau diambil jumlahnya melebihi stok uang di laci kasir, dan sebagainya.

Baca juga: Cara kirim uang via Western Union ke dalam & luar negeri

Pengalaman mencoba ambil uang kiriman Western Union di 3 Indomaret gagal semua

Setelah saya mampir ke 3 Indomaret, ternyata hasilnya gagal. Ujung-ujungnya saya tetap mencairkan uang dari Google Adsense di Kantor Pos yang lebih besar. Namun, karena topik artikel ini membahas pengalaman mengambil uang via Western Union di Indomaret, maka saya akan tetap menceritakan apa dan bagaimana kegagalannya.

Di Indomaret pertama, belum dicek kode MTCN-nya saya sudah diberondong banyak pertanyaan. Setelah saya menjawab dari Google dan jumlah uangnya dalam bentuk dolar, mereka terlihat sedikit bingung dan bisik-bisik dengan teman kasir lainnya. Lalu mereka mengatakan bahwa di Indomaret tersebut tidak bisa melayani jasa Western Union. Meskipun di pintunya tertempel stiker WU, itu hanyalah formalitas belaka atau apalah.

Di Indomaret kedua, saya bersikap sok tegas. Saya mengatakan bahwa sebelumnya, tiap bulan, di Kantor Pos bisa. Hanya saja saat ini kebetulan di sana sedang kehabisan uang cash. Seharusnya, di Indomaret juga bisa karena Indomaret salah satu agen Western Union, apalagi di dinding kacanya saya tunjuk ada logo WU cukup besar.

Setelah saya agak nyerocos begitu, mbak kasir meminta saya menunggu kasir lainnya yang bisa mengurus hal beginian. Sesudah lima menit menunggu, akhirnya kasir yang dimaksud datang. Akan tetapi, tanpa mengecek apapun, dia bilang stok uang di kasir masih belum cukup karena orang yang belanja masih sedikit. Dia menyarankan untuk datang di waktu yang pas. Saya tanya kapan, dia jawab agak sore-an.

Lanjut ke Indomaret ketiga. Di sini saya menceritakan kegagalan di dua Indomaret sebelumnya. Tanpa pikir panjang, kasir memberikan selembar formulir Western Union untuk saya isi, lalu meminta kode MTCN beserta data pengirim dan penerima (sekaligus kartu identitas) untuk segera diproses.

Baca juga: Jasa pencairan Western Union yang terpercaya

Di banding di Kantor Pos, formulir WU dari Indomaret dua kali lebih lebar. Kolom-kolom yang harus saya isi juga lebih banyak. Oh ya, kertas formulir di sini agak sedikit kotor, berdebu, seperti lama tidak pernah disentuh atau digunakan. Namun saya pikir tidak apa-apa, yang penting duitny, hehe.

Setelah terisi lengkap dan saya serahkan kembali kepada kasir, ternyata dia bilang, “Maaf Mas, jaringan sedang error.” Karena penasaran, saya lihat ke layar komputernya. Benar saja, di samping tanda panah (kursor) ada lingkaran kecil berputar-putar seperti halaman sedang loading dengan koneksi internet yang lambat.

Akhirnya pasrah saja. Saya tidak mau menunggu lebih lama apalagi memaksa; Di sana banyak orang belanja melihati saya. Saya jadi sedikit malu. Ya sudah, saya meminta kembali formulir yang tadi sudah saya isi lengkap. Menurut beberapa informasi yang saya terima, kalau proses pencairan gagal, cara amannya adalah minta kembali formulir tersebut. Mengapa? Takutnya petugas tersebut memprosesnya di lain waktu dan uangnya masuk kantong sendiri, hehe.

Lain-lain

Cerita pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret yang saya tulis di atas bukan bermaksud mau mengatakan layanan WU di Indomaret kurang memuaskan atau hal negatif lainnya. Sampai sekarang saya masih percaya di sana sebenarnya bisa dan gampang. Hanya saja waktu itu saya belum beruntung.

Saya memang telah mencoba tiga Indomaret yang saya pilih secara acak di pinggir Jalan Pantura, tepatnya dari Pasar Ulujami sampai Pasar Comal (Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah), tetapi itu di hari yang sama. Bisa saja hari itu jaringan memang sedang gangguan karena di Kantor Pos pun saya pernah mengalami hal seperti itu. Indomaret yang berada di lokasi lain kemungkinan besar tidak begitu.

Ini yang terakhir dan paling penting. Menurut beberapa orang yang pernah berhasil, mereka bilang mencairkan uang kiriman melalui WU di Indomaret sebenarnya banyak keuntungannya. Di antaranya, uang bisa langsung buat belanja dan bisa diproses malam hari. Bahkan beberapa Indomaret ada yang buka 24 jam. Sedangkan Kantor Pos hanya buka Senin sampai Sabtu doang. Itupun malamnya tutup.

Selanjutnya baca: Cara mengambil uang kiriman via Western Union di Kantor Pos


Tags: #indomaret #tips dan trik #uang dolar #western union

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Bisakah mengambil uang kiriman Western Union (WU) diwakilkan orang lain?
Bisakah mengambil uang kiriman Western Union (WU) diwakilkan orang lain?
Syarat mengambil uang kiriman melalui Western Union
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
Meskipun sudah lama dikumpulkan, tetapi meme-meme uang
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Dengan berbagai kelebihannya, pencairan uang kiriman melalui
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking adalah salah satu fitur perbankan
Batas maksimal transfer uang menggunakan Western Union (WU)
Batas maksimal transfer uang menggunakan Western Union (WU)
Bicara soal batas pada transfer Western Union
  1. author

    Amalia3 months ago

    Dari sebagian besar Indomaret yang terpampang WU di Semarang yang saya kunjungi, semua gagal…
    Saya tidak sebut dimana lokasinya, bukan berarti mengada ada. Coba aja deh dan ini sebagian besar alasan kegagalan:
    – Form kosong/ habis
    – Jaringan error
    – Jumlahnya uang tidak tersedia Di Kas kasir.
    – Petugas tidak tau caranya…

    Dengan berat hati, saya pergi ke Kantor POS. Tapi akhirnya hati senang Karena dapat uang…

    Reply

Leave a reply "Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret"

Must read×

Top