10 Orang Paling Kaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015

Posted on

10 Orang Paling Kaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015

Hampir setiap orang di dunia ini mendambakan jadi orang kaya. Mereka berlomba-lomba dengan bekerja tentunya. Nah kali ini uangindonesia.com akan memberikan daftar 10 orang terkaya di indonesia versi majalah forbes untuk tahun 2015. Meskipun di internet sudah banyak yang mempublikasikan daftar seperti ini, tapi admin kira pembaca perlu teliti lagi apakah daftar tersebut untuk tahun ini? Karena biasanya setiap tahun jajaran orang terkaya bisa berubah loh. Nah khusus artikel ini adalah daftar orang kaya versi majalah forbes yang baru dirilis kemarin tanggal 26 Maret 2015.

Sekilas Tentang Majalah Forbes

Sebelum saya membahas siapa saja orang paling kaya di Indonesia, ada baiknya kita tau dulu apa itu majalah forbes. Majalah Forbes adalah majalah yang khusus membahas bisnis dan finansial yang berada di Amerika Serikat. Majalah ini didirikan oleh B.C forbes pada tahun 1917. Setelah pendirinya meninggal pada tahun 1954 dan putra Bruce 1964, majalah ini tambah terkenal saat bersama putra kedua yang bernama Malcolm Stevenson Forbes, atau biasa akrab dipanggil Malcolm Forbes( 1917– 190). Namun saat ini majalah ini dipimpin oleh Malcolm Stevenson Forbes Jr. atau lebih dikenal Steve Forbes, bersama saudara-saudaranya.

Majalah Forbes pertama kali diterbitkan di Indonesia oleh PT Wahana Mediatama pada bulan November 2010. Sedangkan markasnya berada di Fifth Avenue, New York City.

Majalah forbes terkenal akan daftar-daftar perusahaan dan orang-orang terkaya di dunia. Diantaranya Forbes 500 (perusahaan terkaya di dunia), Forbes 400 (pengusaha terkaya di Amerika Serikat), World’s Richest People (daftar orang-orang terkaya di dunia).

Jadi jangan heran apabila banyak orang yang kalau mau bikin daftar orang terkaya pasti akan mengambil referensi dari majalah ini.

10 Orang Terkaya Di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015

Meskipun majalah forbes merilis daftar orang terkaya di dunia, namun kali ini saya hanya mengambil yang dari Indonesia saja. Orang paling terkaya di indonesia ini masuk urutan ke-142 dari orang paling kaya di dunia loh. Siapakah dia? Langsung saja berikut ini daftarnya.

Orang Paling Kaya di Indonesia #1 adalah R. Budi Hartono

Biodata Budi Hartono
Umur: 74 tahun
Jumlah kekayaan: US$ 9 miliar (Rp 112,5 triliun *kurs Rp 12.500)
Jenis usaha yang membuatnya kaya: Djarum dan BCA
Posisi: Pemegang saham terbesar PT BCA

Tahun ini Budi Hartono menjadi orang terkaya urutan pertama di Indonesia dan ke-142 di dunia. Dibanding tahun lalu, dia naik 31 tingkat. Artinya, kekayaan Budi Hartono terus naik. Apa saja yang membuat dia menjadi orang terkaya ke-1 di Indonesia? Yup, dia adalah pemegang saham terbesar dari bank BCA, selain itu kekayaan dia juga datang dari Djarum Group, sebuah perusahaan keluarga yang memproduksi r0kok kretek terbesar di Indonesia.

Orang Paling Kaya di Indonesia #2 adalah Michael Hartono

Biodata Michael Hartono
Umur: 75 tahun
Jumlah kekayaan: US$ 8,7 miliar (Rp 108,75 triliun)
Jenis usaha yang membuatnya kaya: BCA dan Djarum
Posisi: Pemegang saham terbesar PT BCA

Budi Hartono dan Michael Hartono adalah kakak baradik kandung. Tepatnya Michael Hartono adalah kakanya (yang lebih tua). Dalam urutan orang paling kaya, keduanya saling susul menyusul dan bergantian. Namun untuk tahun 2015 ini sang kakak rupanya harus rela berada di bawah sang adik.

Sama seperti kakanya, kekayaan Michael Hartono berasal dari bank BCA selaku pemegang saham dan PT.Djarum Grup. Sebenarnya Djarum Grup tidak hanya memproduksi r0kok saja, tapi melebarkan sayap ke sektor lain juga, seperti: perbankan, properti, dan perkebunan. Dalam bidang properti, Djarum Group menjalankan proyek Grand Indonesia. Proyek ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 1,3 triliun. Di bidang perkebunan, mereka memiliki 65.000 hektare perkebunan sawit di provinsi Kalimantan Barat.

Orang Paling Kaya di Indonesia #3 adalah Sri Prakash Lohia

Biodata Sri Prakash Lohia
Umur: 62 tahun
Jumlah Kekayaan: US$ 4,7 miliar (Rp 58,75 triliun)
Jenis usaha yang membuatnya kaya: Polyester
Posisi: CEO Indorama Group

Sri Prakash Lohia adalah orang turunan India yang menjadi orang terkaya urutan ke-3 di Indonesia. Tahun 2015 dia naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu. Dari usaha apakah dia menjadi orang terkaya? Jawabannya adalah dari usaha perusahaannya yang tersebar di 18 begara di dunia, yakni Indorama Group. Sampai saat ini Indorama Corporation sudah memiliki 19.000 karyawan yang bekerja untuk anak perusahaannya di berbagai negara.

Orang Paling Kaya di Indonesia #4 adalah Chairul Tanjung

Biodata Chairul Tanjung
Umur: 52 tahun
Jumlah Kekayaan: US$ 4,3 miliar (Rp 53,75 triliun)
Jenis usaha yang membuatnya kaya: Perbankan, media, & ritel
Posisi: Pemilik CT Corps

Anda pasti tak asing dengan dua stasiun tv terbesar di Indonesia, Trans TV dan Trans 7. Kedua stasiun ini berada dibawah naungan Trans Corp yang pemiliknya adalah orang terkaya di Indonesia ke-3, Bapak Chairul Tanjung. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, Chairul Tanjung atau yang biasa disingkat CT turun satu peringkat untuk tahun ini. Selain dari stasiun TV, CT mendapat pundi-pundi kekayaannya dari media berita Detik.com dan CNN Indonesia. Saat ini CT tidak hanya bergerak dibidang media saja, kini sudah melebarkan sayap pada bidang usaha lain. Carrefour, Bank Mega, waralaba es krim Baskins Robbins di Indonesia juga termasuk miliknya.

Orang Paling Kaya di Indonesia #5 adalah Mochtar Riady

Biodata Mochtar Riady
Umur: 85 tahun
Jumlah Kekayaan: US$ 2,6 miliar (Rp 32,5 triliun)
Jenis usaha: Perbankan, properti, & rumah sakit
Posisi: CEO Lippo Group

Dari usaha apakah Mochtar Riady bisa berhasil menduduki peringkat orang terkaya ke-5? Jawabannya dari Lippo Group. Dia adalah pemegang tahta utama dalam perusahan tersebut yang kini dipegang oleh kedua anaknya. Lippo Group membawahi berbagai bidang usaha, antara lain di perbankan, properti, dan rumah sakit. Keberadaan Lippo Group sendiri bermula dari dioperasikannya Lippo Bank. Dari Lippo Bank inilah akhirnya Lippo Group tumbuh pesat, bahkan hingga merambah ke luar negeri. Di Indonesia, Lippo Group mengucurkan investasi hingga US$ 410 juta untuk asuransi kesehatan.

Orang Paling Kaya di Indonesia #6 adalah Peter Sondakh

Biodata Peter Sondakh
Umur 63 tahun
Kekayaan: US$ 2,3 miliar (Rp 28,75 triliun)
Jenis usaha: Investasi
Posisi: CEO Rajawali Group

Anda pasti tahu stasiun Tv RCTI bukan? Meskipun saat ini RCTI dipegang kendali oleh Harry Tanoesoedibjo, namun pendiri pertama stasiun TV tersebut adalah Peter Sondakh. Pada Mei 2014, Peter Sondakh kembali ke dunia pertelevisian dengan menghadirkan Rajawali TV melalui induk perusahaan Rajawali Group. Selain bergerak di bidangusaha televisi, Rajawali Group juga memiliki bidang usaha di pertambangan, perkebunan, hotel, dan transportasi.

Orang Paling Kaya di Indonesia #7 adalah Bachtiar Karim

Biodata Bachtiar Karim
Umur: 58 tahun
Kekayaan: US$ 2 miliar (Rp 25 triliun)
Jenis usaha: Manufaktur
Posisi: Pemilik PT Musim Mas

Usaha yang membuat Bachtiar Karim sukses sebagai orang terkaya ke-7 di Indonesia tagun 2015 adalah PT Musim Mas. PT ini bergerak dalam bidang kelapa sawit dan menjadi penyuplai banyak bisnis. Jaringan diatribusinya telah mencapai lebih dari 80 negara. PT ini bermarkas bukan di Jakarta, tapi Medan, Sumatra Utara.

Orang Paling Kaya di Indonesia #8 adalah Theodore Rachmat

Biodata Theodore Rahmat
Umur: 71 tahun
Kekayaan: US$ 1,9 miliar (Rp 23,75 triliun)
Jenis usaha: Minyak sawit
Posisi: Pemilik Triputra Agro dan Kirana Megatara.

Theodore Rachmat sukses menduduki urutan ke-7 dari hasil perusahaan Triputra Agro. Perusahaan ini bergerak dalam bidang kelapa sawit. Selain dari Triputra Agro, dia juga memiliki perusahaan karet bernama Kirana Megatara. Dia juga seorang Presiden Direktur PT Astra Internasional.

Orang Paling Kaya di Indonesia #9 adalah Ciputra

Biodata Ciputra
Umur: 83 tahun
Kekayaan: US$ 1,8 miliar (Rp 22,5 triliun)
Jenis usaha: Properti
Posisi: Pendiri Ciputra Group

Ciputra terkenal sebagai salah satu pioner dalam bidang properti,terutama dalam properti hotel. Puluhan hotel telah dibangun oleh Ciputra Group. Bahkan, Ciputra Group telah menginvestasikan US$ 120 juta untuk membangun 30 hotel dalam tiga tahun ke depan.

Orang Paling Kaya di Indonesia #10 adalah Sukanto Tanoto

Biodata Sukanto Tanoto
Umur: 65 tahun
Kekayaan: US$ 1,8 miliar (Rp 22,5 triliun)
Jenis usaha: Minyak sawit
Posisi: Pemilik Asian Agri

Dengan ketekunan dan kerja keras, Sukanto Tanoto berhasil membangun PT Raja Garuda Mas yang sekarang berpusat di Singapura. Sumber utama kekayaan Sukanto Tanoto berasal dari bisnis kelapa sawit dan kertas. Ia pun berinvestasi di lebih dari sepuluh negara. Investasinya antara lain: perkebunan kelapa sawit National Development Corporation Guthrie di Mindanao, Filipina, dan Electro Magnetic di Singapura.

Itulah daftar 10 orang paling kaya di Indonesia versi majalah forbes 2015. Semoga tahun depan mereka tambah banyak kekayaannya dan semoga pula anda bisa lebih banyak lagi melebihi mereka hihi. Semoga apa yang saya tuliskan di sini bisa bermanfaat untuk pembaca dan memberikan motivasi untuk lebih giat bekerja.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

One thought on “10 Orang Paling Kaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2015

  1. Umurnya sudah tua-tua ya, disaat tenaga sudah lemah, sudah milyader, tinggal menikmati hasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *