Mengenal nama mata uang negara Filipina

In info uang

Peso (bukan benda tajam buat mengiris apalagi nusuk bunuh orang), selain diresmikan sebagai nama mata uang negara Filipina, ternyata negara-negara lain juga banyak yang memakainya. Saat ini setidaknya ada tujuh negara yang aktif menggunakan nama ini, yaitu: Argentina, Chili, Republik Dominika, Filipina, Kolombia, Kuba, Meksiko, dan Uruguay.

Meskipun namanya sama, tapi peso dari ketujuh negara di atas mempunyai Kode ISO 4217 berbeda-beda. Ini artinya hanya namanya saja yang sama. Penerbit, pengedar, dan nilai kursnya lain-lain (beda dengan Timor Leste, Ekuador, El Salvador, dan Zimbabwe, yang menggunakan dolar tapi dolarnya memang didatangkan dari Amerika Serikat sana).

Baca juga: Negara-negara pengguna mata uang dolar USA

Peso sendiri artinya “berat”. Berasal dari bahasa Spanyol dan mengacu pada koin Spanyol yang dulu digunakan sebagai alat pembayaran. Tujuh negara tersebut tetap memakai nama peso sebagai mata uang resmi hingga saat ini. Selain itu, sebenarnya masih banyak negara lain yang sempat menggunakan nama ini. Kebanyakan dari mereka adalah negara-negara bekas koloni Spanyol. Maka tak heran hal itu terjadi.

Hal yang unik datang dari Spanyol sendiri. Meskipun dirinya telah banyak menyebarkan peso ke banyak negara, tapi Negara Matador itu sendiri saat ini sudah tidak menggunakan mata uang peso lagi. Mengapa? Karena Spanyol salah satu anggota Uni Eropa. Dan persatuan ini telah mengeluarkan mata uang tunggal bernama euro. Spanyol mulai menggunakannya sejak tahun 2002.

Baca juga: Mengenal mata uang euro yang dipakai di negara-negara kawasan eropa.

Itulah sedikit informasi tentang peso. Penggunanya lebih dari satu negara. Namun karena masing-masing pesonya berbeda, akan lebih gampang kalau membahasnya lebih lanjut satu per satu. Karena Filipina adalah negara yang letaknya paling dekat dengan Indonesia, jadi saat ini uangindonesia.com akan membahas Peso milik Filipina dulu. Mulai dari simbol atau lambang, kode ISO, gambar, dan kursnya akan diuraikan dengan jelas dan detail di sini.


Mengenal nama mata uang negara Filipina yang bernama peso

Mungkin dari penjelasan di atas sudah cukup bisa dipahami alasan mengapa nama mata uang negara Filipina peso. Jadi tak perlu dituliskan ulang (semakin panjang tulisan makin malas baca, dan saya sendiri makin capek mengetiknya!).

Sebelum tahun 1967, bahasa yang tertera di mata uang negara Filipina baik kertas maupun koin menggunakan bahasa Inggris. Saat itu yang tertulis di sana “peso”. Namun, setelah bahasa diubah menjadi bahasa Cebuano, berubah menjadi “piso”.

Orang Filipina sendiri menyebut mata uang mereka dengan nama Piso ng Pilipinas. Sedangkan bahasa Spanyol-nya Peso Filipino. Bahasa Inggris, bahasa internasional, dan Indonesia, menyebutnya Peso.

Sama seperti mata uang lainnya, peso juga memiliki simbol atau lambang uang yang biasanya ditulis di depan sebuah numerik sebagai tanda bahwa angka tersebut merupakan harga atau sejumlah uang dalam satuan peso. Seperti misalnya ₱100. Ya betul, simbol mata uang negara Filipina adalah ₱.

Dalam dunia ekonomi dan perbankan internasional, penggunaan tanda mata uang seperti itu sudah tidak lazim lagi. Di bidang ini lebih memilih kode ISO 4217 untuk mendefinisikan mata uang apa pun karena lebih gampang, lebih simpel, dan lebih mudah dipahami/dikenali. Untuk mata uang negara Filipina kode ISO 4217-nya iyalah PHP.

Silakan baca: Pengertian ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR

Denominasi atau pecahan-pecahan pada mata uang negara Filipina peso

Bank sentral negara pemilik lagu kebangsaan Lupang Hinirang (Tanah Terpilih) ini adalah Banko Sentral ng Pilipinas. Sedangkan yang bertugas mencetak uang Peso yakni Kompleks Pabrik Keamanan. Uang yang dicetak sama seperti uang kita, ada kertas dan ada koin juga. Berikut inilah pecahan-pecahan uang peso Filipina yang pernah tercetak.

 Denominasi uang koin peso Filipina  Denominasi uang kertas peso Filipina
 25 sentimo, 1, 5, 10 peso (sering dipakai)

1, 5, 10 sentimo (jarang dipakai)

 20, 50, 100, 200, 500, 1000 peso (sering dipakai)

5, 10 peso (jarang dipakai)

Info tambahan: Peso jadi nama satuan uang resmi negara Filipina. Di bawah peso sendiri ada nilai satuan lainnya yang lebih kecil, yaitu sentimo. Tepatnya 1 peso = 100 sentimo. (Dalam bahasa Spanyol disebut Céntimo atau centavo).

Gambar mata uang peso negara Filipina

Setelah mengetahui simbol, kode ISO 4217, dan pecahan mata uang peso negara Filipina, akan lebih lengkap lagi kalau kita lihat gambar uangnya juga. Meskipun bukan lihat secara langsung, tidak apa-apalah setidaknya sudah bisa diketahui desain dan warnanya, hehe. Berikut fotonya,

gambar mata uang negara filipina peso

Gambar uang kertas peso Filipina

gambar mata uang negara filipina peso koin

Gambar uang koin peso Filipina

Harga kurs peso Filipina terhadap rupiah dan dolar Amerika

Seperti kita ketahui bahwa harga kurs mata uang tiap negara di dunia ini beda-beda, ada yang mahal ada pula yang murah. Perbedaan ini dipengaruhi antara lain oleh inflasi, suku bunga, ratio ekspor-impor, kestabilan politik dan ekonomi, dan sebagainya. Begitu juga dengan peso Filipina. Karena saya orang Indonesia dan dolar Amerika mata uang internasional, maka kali ini akan kita coba menghitungnya dengan membandingkan pada kedua mata uang tersebut.

  • 1 peso Filipina berapa rupiah?
  • 1 dolar Amerika berapa peso Filipina?

Nilai kurs mata uang setiap waktu bisa berubah-ubah. Jangankan hitungan hari, jam, menit, bahkan detik pun bisa saja terjadi. Entah naik atau turun tergantung berbagai macam faktor. Jadi bila anda ingin tau berapa nilai kurs mata uang peso Filipina, di sini saya hanya bisa memberikan info harganya pada saat tulisan ini dibuat.

Berdasarkan https://finance.yahoo.com/currency-converter/, 1 peso = 295 rupiah, dan 1 usd = 46 peso. Bila anda ingin mendapatkan hasil konversi yang lebih up to date, silakan klik link yahoo currency di atas.

Sekian artikel kali ini yang membahas mata uang negara Filipina yang bernama peso. Mulai dari nama, simbol atau lambang atau tanda mata uang, nominal pecahan, gambar, dan kursnya saya kira sudah dibahas lumayan lengkap. Namun meski demikian, bila ada yang memiliki info tambahan mohon sekiranya mau menambahkan lewat komentar di bawah. Bagi yang ingin bertanya, mengkritik, atau saran juga silakan saja. Saya akan senang hati menerimanya.

Selanjutnya baca: Alasan mengapa nama mata uang dan harga kurs tiap negara di dunia beda-beda.


Tags: #gambar uang #kurs dolar #mata uang #simbol uang

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Pada setiap lembar dan keping uang kartal,
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Cara hitung uang dari berbagai negara – Jangan
20 gambar uang logam paling unik di dunia
20 gambar uang logam paling unik di dunia
Ingat kemarin uangindonesia.com membahas uang koin bergambar
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon – Mumpung lagi
Uang logam Indonesia yang mengandung emas (koin peringatan)
Uang logam Indonesia yang mengandung emas (koin peringatan)
Sangkaan uang logam Indonesia yang mengandung emas

Leave a reply "Mengenal nama mata uang negara Filipina"

Must read×

Top