Mengenal pengertian Western Union dan sejarahnya

Mengenal pengertian Western Union dan sejarahnya

Posted on

Mengenal pengertian Western Union dan sejarahnya

Pengertian Western Union

Pengertian Western Union yang selama ini kita tau adalah jasa layanan pengiriman uang. Hal itu tidak salah, perusahaan yang mempunyai logo didominasi warna kuning dan sedikit hitam ini saat ini memang melayani jasa finansial. Dengan menggunakannya, kita bisa kirim uang ke siapa saja di seluruh dunia. Jangankan ke orang yang berada di wilayah negara yang sama, ke luar negeri pun uang bisa langsung sampai detik itu juga. Kelebihan lain yang membuat Western Union dijadikan andalan bagi beberapa orang iyalah baik pengirim dan penerima tidak perlu pakai/bikin rekening dulu untuk proses transfer. Meskipun sesederhana dan segampang itu, selama ini transaksi terbukti aman dan berhasil.

Namun taukah anda bahwa Perusahan Western Union dulunya sewaktu awal didirikan tidaklah bergerak dibidang keuangan melainkan telegram? Bahkan dalam bidang telekomunikasi ini sempat berkembang pesat dan memperoleh keuntungan yang besar. Namun karena adanya kompetitor yang tangguh dan ditambah kemajuan teknologi yang bisa berkirim informasi cukup dengan email (gmail) bisa lebih mudah, maka WU banting setir dan beralih ke jasa keuangan. Penasaran hal lainnya tentang WU? Kapan didirikan, di mana, oleh siapa, dan bagaimana perjalanannya dari tahun ke tahun? Yuk kita lanjutkan membaca sampai bawah.

Sejarah perjalanan Western Union dari tahun ke tahun

Pada tahun 1851, ada orang bernama Hiram Sibley bersama rekannya mendirikan New York and Mississippi Valley Printing Telegraph Company, di Rockester, New York. Tujuan dari pendirian ini adalah untuk memciptakan sistem telegraf yang bagus dengan operasi yang efisien dan terintegrasi.

Sementara itu di tempat lain, seorang yang bermana Ezra Cornell membeli sebuah perusahan. Sebelumnya, sebenarnya perusahaan tersebut adalah miliknya. Namun karena bangkrut, akhirnya di jual. Dan kini ia beli kembali dan dinamakan New York & Western Union Telegraph Company.

Karena bergerak di bidang yang sama, kedua perusahaan di atas bersaing dengan sengit.

Tahun 1856 keduanya menyadari bahwa untuk berkembang, mereka harus bersatu. Akhirnya dua perusahaan itu bergabung dan atas prakarsa Cornel, dinamakanlah Western Union Telegraph Company.

Tahun 1860, Western Union berkembang dengan pesat, banyak membeli perusahaan kecil, dan secara otomatis jaringannya makin tambah luas hingga sampai Pesisir Timur AS hingga Sungai Mississippi, dan dari Great Lakes sampai Sungai Ohio.

Tahun 1861, Western Union membuka jaringan telegraf antar benua yang pertama kali di dunia. Selama beberapa tahun berkembang sangat pesat dengan jumlah pendapatan yang fantastis. Namun saat itu ada kompetitor yang tangguh juga, bernama
Atlantic and Pasific Telegraph Company.

Tahun 1871, dengan mempunyai sistem dasar telegraf yang bagus, Western Union memperkenalkan jasa pengiriman uang.

Pada tahun 1879, Western Union meninggalkan bisnis telepon, setelah kalah dalam sidang sengketa hak paten dengan Bell Telephone Company. Dengan begitu jasa pengiriman uang menjadi satu-satunya bisnis yang WU jalani saat itu.

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Western_Union

Pada perang dunia ke-2, Departemen Perang AS selalu menggunakan jasa pengiriman telegram dari WU untuk memberi kabar kepada keluarga tentara yang ditinggal tugas. Namun para keluarga ini jadi sedih bila melihat pengirim surat darinya. Mengapa? Karena sudah hampir dipastikan isinya berupa pemberitahuan bahwa tentara dari keluarga mereka telah gugur atau hilang di medan perang.

Kira-kira begitulah pengertian Western Union dan sejarahnya yang saya tulis berdasarkan referensi wikipedia. Kalau ingin membaca versi lengkapnya, silakan klik link sumber di atas. Sekian, semoga bermanfaat, dan saya ucapkan terimakasih banyak.

Artikel terkait:

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *