Cara membuat kartu ATM BCA BNI BRI MANDIRI Dll biar ada namanya

In uang lainnya 13835 views

Cara membuat kartu ATM BCA BNI BRI MANDIRI Dll biar ada namanya

Cara membuat kartu ATM BCA, BNI, BRI, MANDIRI, Dll biar ada namanya – Kalau kita perhatikan kartu ATM, bentuk dan ukurannya sama semua. Perbedaan gambar dan warna hanyalah untuk membedakan bank mana yang menerbitkan dan jenis apa kartu ATM tersebut. Lalu untuk membedakan kartu ATM milik orang/nasabah satu dengan yang lain, umumnya menggunakan deretan angka 16 digit yang tertera di permukaan atas dan sebuah tanda tangan pemilik yang berada di belakangnya.

Kalau kita perhatikan lebih banyak lagi, sebenarnya perbedaan kartu ATM milik kita dengan orang lain tidak hanya pada dua hal itu saja. Pernah lihat tidak sebuah kartu ATM lengkap dengan nama pemiliknya tertera di situ? Atau jangan-jangan milik anda memang sudah ada namanya? Kalau iya, anda patut bersyukur, hehe. Tidak semua kartu ATM loh bisa ada namanya seperti itu.

Namun bila punya anda tidak ada nama, tak perlu kuatir. Tidak ada nama bukan berarti fiturnya ada yang kurang. Dalam hal ini keduanya sama saja. Hanya saja dengan adanya nama membuat kartu ATM kita tidak mudah tertukar, lebih gampang ditemukan kalau lagi hilang, dan lain sebagainya yang akan kita bahas lebih lanjut berikut ini.

Baca juga: Pakai cara ini bila AT M tidak mengeluarkan struk


Cara membuat kartu ATM biar ada namanya

Sebelum berlanjut membahas fungsi nama yang tertera di ATM, kita bahas cara buatnya dulu. Untuk mendapatkan sebuah kartu ATM dengan nama kita tertera di situ sebenarnya sangat gampang. Cuma, kita perlu bersabar saja karena membutuhkan waktu untuk proses cetak. Dan waktu yang dibutuhkan biasanya sekitar 3-6 hari kerja. Jadi anda hanya perlu repot sedikit doang.

Saat anda membuat rekening bank baru beserta kartu ATM baru, kemungkinan akan ditawari CS apakah mau kartu ATM instan apa reguler. Kalau anda memilih instan, ini artinya kartu ATM akan anda dapatkan saat itu juga namun tanpa nama. Namun bila memilih reguler, anda baru bisa mendapatkan kartu ATM setelah 3-6 hari. Nanti dalam waktu yang ditentukan anda harus datang kembali ke cabang bank untuk mengambilnya. Meskipun agak sedikit repot, namun keuntungannya anda akan memperoleh kartu ATM atau Debit Card yang nama anda tercetak di situ.

Bagaimana bila petugas bank (Customer Service) tidak memberikan pilihan itu? Anda bisa mengajukan atau memintanya. Nasabah bank punya hak untuk mendapatkan kartu ATM yang namanya tertera di atasnya.

Bagaimana kalau kartu ATM yang kita miliki sudah terlanjur tidak ada nama? Anda juga punya hak untuk mengganti atau meminta dibikinkan kartu baru lagi. Namun penggantian seperti ini dikenakan biaya untuk bayar kartu. Tapi tenang saja, harganya murah. Tidak lebih dari Rp25.000,00. Prosesnya juga sama, harus menunggu 3-6 hari baru bisa jadi.

Baca lainnya: Cara mengaktifkan kartu ATM yang terblokir

Keuntungan memiliki kartu ATM yang ada namanya

Meskipun tidak mempengaruhi fitur dan cara kerja di mesin, namun kartu ATM ada nama memiliki keuntungan tersendiri. Antara lain sebagai berikut:

  • Tidak mudah tertukar

Iya, semua kartu ATM memang ada nomornya. Namun nomor adalah hal yang susah diingat. Coba jawab apakah anda saat ini hafal berapa nomor kartu ATM anda yang terdiri 16 digit itu? Kebanyakan orang tidak hafal.

Coba bayangkan juga seandainya kartu ATM anda dengan teman terkumpul jadi satu di atas meja. Kalau warna dan banknya sama, kemungkinan besar anda akan bingung pilih yang mana yang punya anda.

Selain nomor, memang ada tanda tangan pemilik yang tertera di belakang kartu. Ini lebih gampang atau lebih muda dikenali dari pada nomor. Namun space untuk tanda tangan tersebut kecil dan ada sebagian orang yang kartu ATM-nya tidak ditandatangani loh. Jadi saran saya coba deh lihat kartu ATM anda. Jika belum ditandatangani, segera ambillah polpen untuk menandatangani.

Jika anda sering menggunakan kartu ATM untuk bayar belanja di supermarket atau mall dengan menggunakan mesin EDC, di tempat seperti inilah yang banyak peluang untuk kejadian ATM tertukar sama kartu ATM orang lain. Karena kebayakan orang gugup sehingga tidak memperhatikan tanda tangan apalagi nomor.

  • Lebih gampang ditemukan kalau hilang

Misal anda belanja di supermarket. Kartu ATM jatuh tanpa anda sadari. Lalu kartu itu ditemukan oleh pihak pengelola supermarket. Seandainya kartu ATM anda tanpa nama, pengelola supermarket hanya bisa mengumumkan lewat pengeras suara dengan menyebutkan nomornya saja. (Padahal nomor ini termasuk nomor rahasia yang sebaiknya jangan dipublikasikan).

Kalau anda tidak menyadari hilang, kemungkinan besar anda tidak akan terlalu peduli dengan pengumuman itu. Apalagi anda sendiri tidak hafal nomor kartu anda sendiri.

Seandainya anda menyadari pun, dan lalu mendatangi pengelola untuk meminta kembali kartu, anda akan kesusahan membuktikan bahwa kartu tersebut punya anda. Jalan satu-satunya menunjukan KTP dan menyamakan tanda tangan antara KTP dengan kartu ATM.

Jadi kegunaan tanda tangan di belakang kartu ATM sangat pentingnya. Hampir sama lah seperti nama.

  • Lebih keren

Kelebihan lain dari nama yang tertera di kartu ATM adalah terlihat lebih keren, hehe.

Klik lainnya: Cara mengurus buku tabungan dan ATM hilang sekaligus

Lebih baik kartu ATM yang ada nama atau tidak

Tapi pilihan kembali lagi pada anda. Anda bebas memilih yang mana anda sukai. Karena bagaimanapun untuk membuat kartu ATM, BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan lain-lain biar ada namanya butuh waktu untuk proses cetak. Jika anda sibuk jelas ini sangat merepotkan karena harus bolak-balik ke kantor cabang bank. Namun bila anda memang menginginkan kartu ATM biar ada nama, anda punya hak untuk mendapatkannya. Caranya seperti yang sudah uangindonesia.com tuliskan di atas.


Tags: #atm bank #kartu debit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Ciri-ciri rumah dimasuki tuyul pencuri uang
Ciri-ciri rumah dimasuki tuyul pencuri uang
Pernahkah Anda di rumah kehilangan uang secara
Ciri-ciri orang memelihara pesugihan tuyul
Ciri-ciri orang memelihara pesugihan tuyul
Dalam cerita masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, tuyul
Ciri-ciri uang hilang diambil tuyul dan cara mengetahuinya
Ciri-ciri uang hilang diambil tuyul dan cara mengetahuinya
Tidak semua orang percaya adanya tuyul. Jadi,
Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul
Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul
Oleh orang-orang yang mengaku memiliki kemampuan melihat
Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul
Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul
Zaman sekarang masih ada yang percaya tuyul
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
Tidak punya duit atau yang biasa disebut
  1. author

    Dadan Hamdani10 months ago

    kalo CIMB Niaga bisa gak ya?kartu atm instan diganti ke reguler?

    Reply
    • author

      Sarah9 months ago

      harusnya bisa

Leave a reply "Cara membuat kartu ATM BCA BNI BRI MANDIRI Dll biar ada namanya"

Must read×

Top