pos

Mata uang rupee negara Pakistan: sejarah, simbol, gambar, & kurs

Posted on

Mata uang rupee negara Pakistan – Kemarin saat uangindonesia.com bahas mata uang rupee India, secara sengaja nama Pakistan ikut kesebut. Bisa kesebut bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, mata uang negara yang nama resminya Republik Islam Pakistan ini sama, rupee juga.

Tapi meskipun sama, kedua mata uang tersebut memiliki kode ISO 4217 berbeda. Ini artinya hanya nama saja yang sama. Sedangkan uang dan harga kursnya beda. Apalagi kalau kita lihat bank sentralnya. India di pegang oleh Reserve Bank of India, sedangkan Pakistan State Bank of Pakistan.

Karena banyak perbedaan itulah membuat saya ingin membahas mata uang rupee negara Pakistan secara terpisah. Kalau kemarin rupee India sudah, nah di artikel kali ini lah kita akan bahas mata uang rupee dari negara yang ibu kotanya terletak di Islamabad.

Sejarah asal-usul, simbol, dan kode ISO 4217 mata uang rupee negara Pakistan

Seperti yang sudah saya bilang di atas, mata uang negara pemilik lagu kebangsaan Qaumī Tarānah bernama rupee. Dalam bahasa Urdu yang merupakan bahasa resmi negara ini, rupee Pakistan ditulis پاکستانی روپیہ.

Berdasarkan sejarahnya, mata uang rupee mulai sirkulasi di Pakistan sejak 1947. Sebelumnya, Pakistan menggunakan mata uang koin India British. Mengenai asal-usul nama rupee, agaknya berawal seperti di India atau tepatnya berasal dari bahasa Sanskerta ru-pya yang berarti perak dan mengacu koin perak yang telah dicetak dengan cara ditempa.

Untuk menuliskan sejumlah uang dengan mata uang rupee, negara India menggunakan simbol ₹ yang ditulis di sebelah kiri numeriknya. Di keyboard komputer kebanyakan, tidak akan ditemui tombol untuk mengetik tanda mata uang tersebut. Bagi sebagaian orang cukup menyulitkan karena harus menekan unicode tertentu untuk menghasilkan karakter tersebut.

Untungnya Negara Pakistan tidak ikut-ikutan India membuat lambang mata uang seunik itu. Iya, simbol mata uang rupee negara Pakistan cukup huruf inisial saja, Rs. Tapi bukannya India juga kadang-kadang memakai simbol ini, bisa keliru dong?

Saat ini penggunaan tanda mata uang sudah mulai jarang. Umumnya hanya digunakan di negara pemakainya saja. Seperti misalnya Rp hanya dipakai dalam negeri saja. Negara lain kalau mau menyebut rupiah menggunakan IDR. Tiga huruf kapital untuk mendefinisikan mata uang inilah yang disebut sistem kode ISO 4217. Dan untuk mata uang rupee Pakistan ISO 4217-nya PKR.

Baca juga: Maksud huruf K pada nominal harga IDR 100 K

Denominasi atau pecahan-pecahan mata uang rupee negara Pakistan

Jika Anda berada di Pakistan dan menggunakan mata uang resminya, saat ini tidak akan ditemukan pecahan uang koin dengan nominal paisa. Paisa adalah satuan kecil di bawah rupee (layaknya sen pada turunan rupiah). Hal ini dikarenakan nilai paisa untuk zaman sekarang sudah terlalu kecil. Koin paisa sendiri sudah tidak lagi diterbitkan sejak tahun 1994.

Secara umum, berikut adalah tabel pecahan-pecahan yang tersedia pada mata uang negara Pakistan.

[table style=”table-bordered”]

 Denominasi mata uang rupee Pakistan logam Denominasi mata uang rupee Pakistan kertas
 1, 2, 5 rupee (sering digunakan) 10, 20, 50, 100, 500, 1000 rupee (sering digunakan)

5.000 rupee (jarang digunakan)

[/table]

Penghitungan unik pada mata uang rupee

Ada standar penghitungan unik pada mata uang rupee. Sistem penghitungan ini mungkin juga berlaku pada rupee India. Penghitungan yang dimaksud adalah istilah khusus untuk penyebutan setiap 100.000.

  • lakh = 100.000 rupee
  • crore = 10.000.000 rupee
  • arab = 1.000.000.000 rupee
  • kharab = 100.000.000.000 rupee.

Misal, 150.000 rupee bisa kita singkat menjadi 1,5 lakh rupee. Begitu seterusnya.

Baca juga: Urutan nama bilangan nol banyak di atas milyar, triliun, dst

Harga kurs mata uang rupee Pakistan

Asal-usul nama mata uangnya sama dengan India, simbolnya juga ada yang sama, kira-kira apakah harga kursnya juga sama? Mari kita hitung bareng. Jujur saya sendiri juga penasaran seandainya harga kursnya berbeda, kira-kira yang lebih mahal rupee India apa rupee Pakistan ya?

  • 1 rupee Pakistan berapa rupiah
  • 1 USD berapa rupee Pakistan?

Berdasarkan kolom pencarian google yang saya input saat ini dengan kata kunci PKR to IDR, keluar hasil 127.36 Indonesian rupiahs. Lalu USD to PKR dan klik enter menampilkan info 104.690117 Pakistan rupees.

Jika dibandingkan dengan rupee India yang nilai kurs saat ini 67.4672784 per American dollar, ini artinya bisa ditarik kesimpulan bahwa rupee Pakistan tidak lebih mahal atau kuat alias kalah perkasa sama rupee negara tetangganya, India.

Gambar mata uang rupee negara Pakistan

Biar lebih yakin bahwa negara India dan Pakistan menggunakan rupee yang berbeda, berikut saya tampilkan beberapa foto uang rupee negara Pakistan baik kertas maupun logam/koin.

[coloum_row][coloum_one_half]

Mata uang rupee negara Pakistan kertas

[/coloum_one_half][coloum_one_half]

mata uang rupee Pakistan logam atau koin

[/coloum_one_half][/coloum_row]

Silakan bandingkan dengan gambar uang India yang hampir semuanya memuat potret Mahatma Gandhi di artikel sebelumnya di link ini http://uangindonesia.com/mata-uang-rupee-india-sejarah-sampai-kurs/.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *