pos

Mengenal mata uang rupee India dari sejarah sampai harga kurs

Posted on

Karena ada salah satu versi yang mengatakan nama mata uang negara kita, rupiah Indonesia, berasal dari mata uang rupee India, akhirnya pendapat tersebut membuat uangindonesia.com tertarik untuk membahas mata uang negara pemilik industri film Bollywood lebih dalam lagi. Apakah sejarah rupee dari bahasa Mongolia juga, bagaimana lambang, kode ISO 4217, gambar, dan harga kurs ke rupiah serta dolar Amerika hari ini. Itu semua akan kita kupas tuntas pada kesempatan kali ini.

Silakan baca: Asal-usul nama rupiah dari berbagai macam versi

Oh ya sebenarnya bukan hanya India saja yang alat pembayaran jual dan belinya bernama rupee. Di negara lain yang masih berada di benua Asia, ada Nepal, Pakistan, Sri Lanka, Mauritius, dan Saychelles, yang saya belum ketahui apa alasannya nama mata uangnya kebetulan hampir sama. Namun untuk saat ini saya cukup tau kode ISO 4217-nya dulu. Kode mata uang dari masing-masing negara yang saya sebutkan di atas beda-beda. Itu artinya hanya namanya saja yang sama. Soal uangnya, lain.

Sejarah asal muasal nama mata uang negara India rupee

Berdasarkan link Wikipedia https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rupiah, dikatakan bahwa nama rupee juga berasal dari bahasa Mongolia yang kata aslinya rupia (tanpa huruf h di akhir) dan memiliki arti perak. Kemudian kita juga tau sewaktu Mongolia di bawah kepimpinan Genghis Khan lalu dilanjutkan Kubilai Khan melakukan serangkaian invasi ke negara-negara selatan. Di antaranya India, Afghanistan, Pakistan, bahkan Rusia. Maka tak heran nama rupia akhirnya menyebar ke wilayah-wilayah ini.

Namun kalau dibandingkan dengan link Wikipedia lainnya, https://en.m.wikipedia.org/wiki/Indian_rupee, di sini kita menemukan bahwa asal-usul nama mata uang rupee India berasal dari bahasa Sanskerta. Tepatnya kata रूप्यकम् (rūpyakam) yang berati perak dan mengacu pada koin perak yang telah ditempa/cetak. Uang rupee sendiri mulai digunakan sejak abad ke-16. Orang yang pertama memperkenalkan iyalah Kaisar Sher Shah Suri tahun 1540-1545 di India Utara. Sampai saat ini, mata uang dengan nilai harga kurs hari ini 67,56 per dolar AS mempunyai julukan Rupayya dan Rūbāi.

Lambang mata uang rupee India

Lambang atau simbol mata uang negara pemilik lagu kebangsaan Jana Gana Mana ini bermacam-macam alias tidak hanya satu saja. Di antaranya ₹, ₨, Rs, ৳, ૱, ௹, dan रु. Namun yang umum dan paling banyak digunakan iyalah Rs dan ₹.

Menuliskan tanda mata uang Rs dengan keyboard gampang-gampang saja. Kita tak akan menemui kesulitan sedikitpun. Tapi bagaimana kalau ₹ ? Anda bisa mengakalinya dengan unicode U+20B9.

Lambang uang rupee ₹ berasal dari kombinasi huruf Dewanagari “र” (ra) dan huruf kapital latin R. Dibentuk sedemikian rupa agar tercipta garis sejajar/paralel di atas. Filosofisnya sebagai bentuk kesetaraan dan melambangkan keinginan masyarakat India untuk menghilangkan perbedaan ekonomi. Tanda ini di desain oleh Kumar Dharmalingam di Indian Institute of Technology Bombay.

Kode ISO 4217 mata uang negara India

Umumnya tanda mata uang negara-negara dunia ada dua jenis bentuk. Pertama ada yang cukup dengan inisial atau huruf pertama pada nama uang. Dan yang kedua, menggunakan perubahan kecil sehingga membentuk simbol yang unik. Yang masuk kategori pembagian pertama misalnya rupiah dengan lambang cukup Rp saja. Sedangkan pembagian kedua misalnya lambang rupee yang kita sedang bicarakan ini.

Keduanya sama-sama mempunyai kekurangan. Bagi yang menggunakan inisial kadang ada simbol mata uang dari negara lain yang menyamai. Misal saja kyat Myanmar dan kina Papua Nugini. Lambang keduanya sama-sama K. Tentu ini akan membingungkan bahkan bisa jadi masalah. Kemudian kekurangan yang menggunakan simbol khusus, orang-orang akan kesulitan menulis bahkan mengetiknya.

Tapi tenang saja. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, kini bidang ekonomi, bisnis, dan perbankan internasional lebih memilih menggunakan sistem kode ISO 4217. Belum tau tentang ISO ini? Silakan baca saja Pengertian ISO 4217 dan alasan mengapa rupiah disingkat IDR. Yang jelas kode ISO 4217 untuk mata uang negara India yang bernama rupee iyalah INR.

Denominasi atau nilai pecahan-pecahan mata uang rupee India

Meskipun rupee adalah mata uang resmi dari negara yang beribu kota di New Delhi, tapi ternyata di negara Bhutan dan Nepal juga ikut menggunakannya untuk transaksi sehari-hari. Namun biasanya penggunaannya hanya di perbatasan wilayah saja dan itu pun digunakan bersamaan dengan mata uang mereka sendiri.

Mata uang rupee India dicetak oleh Reserve Bank of India yang sekaligus berperan sebagai bank sentral di negara yang terkenal dengan pakaian Sarinya. Secara keseluruhan, berikut inilah pecahan-pecahan mata uang rupee India yang tersedia.

[table style=”table-bordered”]

 Denominasi uang logam rupee India Denominasi uang kertas rupee India
 50 paisa, ₹ 1, 2, 5, 10 ₹ 1, 2, 5, 10, 20, 50, 100, 500, 1.000

[/table]

Setelah melihat tabel pasti akan ada yang bertanya paisa itu apa. Paisa adalah nama unit satuan yang nilainya lebih kecil atau di bawah rupee. Sama seperti rupiah punya turunan sen. Dan 1 rupee India setara dengan 100 paisa (p).

Harga kurs mata uang rupee India ke rupiah dan dolar AS

Kalau kita perhatikan tabel di atas, pecahan-pecahan rupee India mempunyai nominal yang cukup kecil-kecil. Apalagi kalau dibandingkan dengan rupiah yang pecahan terbesar saat ini mencapai 100.000 rupiah. Biasanya, kalau mata uang dengan denominasi kecil-kecil mempunyai harga kurs lumayan kuat atau tinggi loh. Apakah kebiasaan ini berlaku juga untuk Indian rupee? Mari kita coba cek.

  • 1 rupee India berapa rupiah (IDR)?
  • 1 USD sama dengan berapa INR?

Untuk mendapatkan informasi harga kurs hari ini yang up to date, seperti biasa kita bisa mengandalkan google. Setelah home page terbuka dan muncul kolom pencarian, langsung saja ketikkan INR to IDR lalu klik enter. Kemudian untuk mengetahui kurs dolar AS ke rupee India, kita input USD to INR.

Pada saat tulisan ini dibuat, INR to IDR di google menampilkan hasil 1 Indian rupee = 197.346667 Indonesian rupiahs. Sedangkan USD to INR iyalah 1 U.S. dollar = 67.5630025 Indian rupees. Berdasarkan informasi ini, kita jadi tau ternyata rupee India memang memiliki nilai kurs lebih mahal dari rupiah yang di waktu bersamaan hanya bertahan di angka 13,333.3333 per dolar Amerika Serikat.

Baca juga: Mengapa nama mata uang negara-negara dan harga kursnya beda-beda

Gambar mata uang rupee India

Bahas sejarah nama, lambang, kode ISO, denominasi, dan harga kurs rupee India sudah semua. Sebagai penutup di bawah ini saya tampilkan gambar-gambar uang dari negara tempat lahirnya agama Hindu dan Budha baik kertas maupun logam/koin.

[coloum_row][coloum_one_half]

gambar mata uang rupee India kertas

[/coloum_one_half][coloum_one_half]

gambar mata uang rupee india koin atau logam

[/coloum_one_half][/coloum_row]

Bisa dibilang keunikan gambar mata uang negara India sama seperti Thailand dan Brunei. Yaitu sama-sama menampilkan foto satu tokoh saja di semua seri uang yang beredar. Tidak seperti uang rupiah yang tiap nominal bisa beda foto pahlawannya. Saat ini rupee yang beredar di India menampilkan potret Mahatma Gandhi semua.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *