Mata uang Negara Palau adalah dolar Amerika Serikat (USD)

In tentang uang

Mata uang Negara Palau adalah dolar Amerika Serikat (USD)

Mata uang Negara Palau – Ada yang belum tau letak Negara Palau? Memang, meski merupakan negara tetangga, tapi negara dengan nama resmi Republik Palau ini masih terasa asing di telinga, tidak seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan lainnya. Padahal negara ini berbatasan laut dengan Maluku Utara dan Sulawesi utara.

Meski begitu, berdasarkan Wikipedia, Palau tidaklah masuk wilayah Asia Tenggara, melainkan Oseania bersama Selandia Baru, Tonga, Nauru, Kepulauan Marshall, dan lainnya.

Kepulauan Palau memiliki pemandangan yang sangat indah. Jadi jangan heran bila negara beribu kota Ngerulmud ini menjadi tujuan wisata. Bila Anda juga berniat ke sana, selain sejumlah uang, hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan adalah mengetahui nama mata uangnya. Tujuannya biar uang yang dibawa laku, bisa digunakan transaksi beli barang dan juga jasa.

Baca juga: Mata uang negara-negara anggota ASEAN


Apa nama mata uang Negara Palau?

Negara Palau menggunakan dolar Amerika Serikat sebagai mata uang resminya. Dolar yang dipakai benar-benar sama seperti yang digunakan di Amerika sana, yaitu memiliki kode ISO 4217 USD, simbol $, dan mempunyai sebutan greenback.

Mengapa negara dengan lagu kebangsaan Belau Rekid ini memilih dolar Amerika Serikat sebagai mata uangnya? Jawabannya masih terkait dari sejarahnya. Memang betul Negara Kepulauan ini memang sempat diduduki oleh Jerman dan Jepang. Namun memperoleh kemerdekaan pada 1994 setelah lepas dari koloni Amerika Serikat.

Lebih jauh ke belakang, sebelum dikenalkan uang dengan bahan kertas dan koin, masyarakat Belau (bacaan dari Palau) menggunakan kerang dan necles untuk alat transaksi/tukar-menukar barang kebutuhan sehari-hari.

Palau, salah satu negara pengguna mata uang dolar Amerika Serikat

Sebagian besar negara-negara di dunia memang memiliki mata uang sendiri. Sebelum menggunakan mata uang tunggal euro, negara-negara Uni Eropa juga menggunakan mata uang masing-masing. Tapi, Palau sendiri juga bukan anggota Uni Eropa. Jadi tidak lah menggunakan euro.

Sebagian kecil, ada juga negara-negara yang belum atau tidak mempunyai mata uang sendiri. Karena kebutuhan akan alat transaksi, lalu mereka “meminjam” mata uang negara lain. Dolar Amerika Serikat adalah salah satu mata uang yang paling banyak diadopsi oleh negara-negara tersebut.

Selain Palau, negara-negara pemakai dolar Amerika Serikat adalah Kepulauan Virgin British, Timor Leste, Ekuador, El Salvador, Kep. Marshall, Persekutuan Micronesia, Turks & Caicos, Zimbabwe, dan tentu saja Amerika Serikat sendiri.

Namun perlu diingat, di dunia ini lumayan banyak negara yang mata uang resminya bernama dolar tapi bukan berarti dolar yang sama dengan dolar Amerika. Negara-negara yang dimaksud iyalah Singapura, Brunei Darussalam, Australia, Kanada, Hongkong, Selandia Baru, Suriname, Taiwan, dan beberapa negara kecil.

Baca juga:


Tags: #info uang #mata uang #tentang uang #uang lainya

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
Perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika – Berdasarkan
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
Kerugiannya tidak sedikit jika di negara kita
Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya
Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya
Sebetulnya uangindonesia.com sudah dua kali bahas mata
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Berdasarkan bahan pembuatannya, uang dibedakan menjadi dua:
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin ∼ Meski

Leave a reply "Mata uang Negara Palau adalah dolar Amerika Serikat (USD)"

Must read×

Top