Mengenal Mata Uang Euro Negara Anggota Uni Eropa

In tentang uang

Mengenal Mata Uang Euro Negara Anggota Uni Eropa

Mengenal Mata Uang Euro Negara Anggota Uni Eropa – Umumnya setiap negara mempunyai mata uang sendiri dan nilainya beda-beda. Jika mau transaksi baru dikonversikan atau biasa disebut kurs. Namun saat ini ada sekitar 18 negara di benua biru yang khususnya anggota Uni Eropa yang menggunakan mata uang sama, yaitu Euro. Salah satu tujuannya tentu untuk mempermudah transaksi antar negara di sana sekaligus menciptakan kestabilan ekonomi. Ingin mengenal euro lebih dekat, seperti sejarahnya, arti lambang dan berapa kurs euro saat ini? Yuk baca tulisan ini sampai selesai.


Apa itu Mata Uang Euro?

Seperti yang sudah sedikit saya katakan di atas, Euro adalah mata uang tunggal untuk Benua Eropa khususnya yang tergabung di Uni Eropa. Meskipun begitu namun saat ini tidak/belum semua negara sana menggunakan mata uang yang mempunyai lambang “” ini. Negara yang terakhir gabung adalah Latvia pada tanggal 1 Januari 2014. Sedangkan yang tidak menggunakan, misalnya Inggris dan beberapa negara skandinavia. Konon Inggris tetap memakai Poundsterling dikarenakan dulu sempat menjadi mata uang internasional (sebelum Dollar Amerika Serikat). Karena keegoisan dan kegengsian inilah Inggris tetap mempertahankan Poundsterling.

Keputusan Inggris sepertinya tepat. Setidaknya untuk kemarin-kemarin pada saat Yunani mengalami krisis. Karena Yunani juga sama menggunakan Euro, maka secara otomatis negara-negara lain pengguna Euro juga akan mengalami dampak kemerosotan nilai Euro.

Sejarah Sejak Kapan Mata Uang Euro Digunakan?

Sejarah Sejak Kapan Mata Uang Euro Digunakan adalah sebagai berikut: Pada tanggal 1-4 Januari 1999, 11 negara yang tergabung di Uni Eropa meluncurkan Euro untuk mata uang tunggal bagi anggotanya atas dasar Persetujuan Maastricht. Sejak saat itu Euro mulai digunakan pada pasar perdagangan uang. Sebelas negara tersebut iyalah: Austria, Belgia, Finlandia, Prancis, Jerman, Irlandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Porugal, dan Spanyol.

Saat memulai debut di pasar keuangan dunia, 1 Euro dihargai US$1,17. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 1 Januari 2002 barulah uang fisik Euro mulai digunakan.

Dengan menggunakan uang Euro ini, secara otomatis 11 negara penggagasnya menggantikan mata uang lamanya. Yaitu:

  • Schilling (Austria)
  • Franc (Belgia)
  • Markka (Finlandia)
  • Franc (Prancis)
  • Mark (Jerman)
  • Lira (Italia)
  • Punt (Irlandia)
  • Franc (Luksemburg)
  • Guilder (Belanda)
  • Escudo (Portugal)
  • Peseta (Spanyol).
    Kini sudah ada 18 negara Uni Eropa yang menggunakan mata uang euro. Sejumlah teritori khusus non anggota Uni Eropa juga menggunakan uang euro. Mereka adalah Monako dan Vatikan.

Gambar Simbol Mata Uang Euro dan Filosofinya

Seperti mata uang lainnya, Euro juga mempunyai simbol. Simbol mata uang ini diinspirasi dari huruf Yunani kuno, Epsilon, sekaligus melambangkan huruf pertama pada kata Europe. Sedangkan gambarnya dipilih setelah survey simbol yang tadinya terdiri dari sepuluh kandidat, dikurangi menjadi hanya dua, yang kemudian diserahkan kepada Komisi Eropa untuk memilih salah satu di antaranya. Pemenangnya adalah sebuah tim yang terdiri dari empat orang ahli. Perancang sebenarnya dari simbol yang terpilih adalah Alain Billiet. Gambar di atas itulah simbol tersebut.

Filososi yang terkandung dalam simbol mata uang Euro tersebut adalah: dua garis horisontal paralel di tengah melambangkan stabilitas Euro. Kode standar internasional untuk euro menurut ISO 4217 adalah EUR. Dan untuk dapat menulis karakter simbol ini dalam unicode, dapat diketik dengan &#8364

Negara-negara Pengguna mata uang Euro

Seperti yang sudah uangindonesia.com jelaskan di atas, meskipun euro adalah mata uang tunggal untuk anggota UE di benua Eropa, tapi bukan berarti semua negara di sana menggunakan euro. Berikut daftar negara-negara yang menggunakan dan tanggal mulai menggunakannya.

Yang pertama diawali oleh sebelas negara penggagasnya yaitu:

  1. Austria mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  2. Belgia mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  3. Finlandia mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  4. Prancis mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  5. Jerman mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  6. Irlandia mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  7. Italia mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  8. Luksemburg mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  9. Belanda mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  10. Porugal mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
  11. dan Spanyol mulai menggunakan mata uang euro sejak awal tahun 1999.
    kemudian
  12. Yunani menjadi pengguna mata uang euro ke-12 sejak awal 2001.
  13. Slovenia mulai menggunakan mata uang euro sejak tanggal 1 Januari 2007.
  14. Siprus dan
  15. Malta mulai menggunakan mata uang euro sejak 1 Januari 2008.
  16. Slovakia mulai menggunakan mata uang euro sejak mulai 1 Januari 2009.
  17. Estonia  mulai menggunakan mata uang euro sejak pada 1 januari 2011.
  18. Yang terakhir adalah Latvia mulai menggunakan mata uang euro sejak 1 Januari 2014.

Selain itu beberapa negara kecil juga memakai Euro:

  1. Andorra
  2. Monako
  3. San Marino
  4. Vatikan

Beberapa daerah juga diperbolehkan memakai Euro sebagai mata uang:

  1. Montenegro
  2. Kosovo
  3. Guyana Perancis (French- Guyana) di Amerika selatan
  4. Flag of Guadeloupe (local) variant.svg Guadeloupe di kepulauan Karibia, salah satu Departemen seberang laut Perancis
  5. Martinik di kepulauan Karibia, salah satu Departemen seberang laut Perancis
  6. Mayotte di Samudra Hindia, sejak 31 maret 2011, salah satu Departemen seberang laut Perancis
  7. ReunionFlag.png Réunion di Samudra Hindia, salah satu Departemen seberang laut Perancis

Negara-negara pengguna mata uang euro disebut eurozone.

Denominasi Uang Euro

Ada delapan denominasi koin euro (euro dibagi menjadi seratus sen).

  1. Uang logam 1 sen euro
  2. Uang logam 2 sen euro
  3. Uang logam 5 sen euro
  4. Uang logam 10 sen euro
  5. Uang logam 20 sen euro
  6. Uang logam 50 sen euro
  7. Uang logam 1 euro
  8. Uang logam 2 euro

Uang kertas

  1. Uang kertas 5 euro
  2. Uang kertas 10 euro
  3. Uang kertas 20 euro
  4. Uang kertas 50 euro
  5. Uang kertas 100 euro
  6. Uang kertas 200 euro
  7. Uang kertas 500 euro

Desain uang euro

Meskipun beredar di negara-negara yang beda, namun desain uang kertas euro baik bentuk dan rupanya sama saja. Yang membedakan cuma serinya saja. Seperti:

  • Jerman dengan nomor seri X
  • Irlandia dengan nomor seri T
  • Belanda dengan nomor seri P
  • Finlandia dengan nomor seri L

Uang logam juga di bedakan dengan lambang negara yang berbeda sehingga bisa diketahui uang tersebut berasal dari negara mana. Ada 18 negara anggota Uni Eropa menggunakan mata uang Euro.

Desain Gambar Uang Euro

Karena euro adalah uang pemersatu belasan negara, maka untuk mencetak uang ini gambarnya tidak bisa luwes seperti kebanyakan uang lainnya. Gambar uang kertas euro tidak bisa gambar pahlawan, binatang, atau ikon tertentu milik satu negara. Karena itu akan memihak dan otomatis mengingkari tujuan awal untuk mempemersatukan Eurozone.


Maka ketika diluncurkan tahun 2002 secara serentak oleh 14 negara, Euro cuma memuat ragam-ragam arsitektur Eropa yang netral. Si perancang, Robert Kalin dari bank sental Austria menggambar 7 jenis langgam untuk 7 macam uang kertas, dari yang terkuno hingga yang termodern.

  • Desain Gambar Uang Kertas €5 bergambar arsitektur Eropa Klasik yang kokoh dan sederhana; dengan tiang-tiangnya yang terinspirasi bangsa Yunani. Langgam ini menandai peradaban menuju masehi, dengan monumen yang paling terkenal bernama Pantheon. Bangunan tersebut didirikan 126 tahun setelah kelahiran Nabi Isa/Yesus, dan masih berdiri tegak hingga sekarang.gambar uang kertas 5 euro
  • Desain Gambar Uang Kertas €10 memuat gambar arsitektur Roma. Langgam ini mengoper langgam Klasik yang kokoh, kemudian melengkapinya dengan atap lengkung/archway yang lebih ngremit.gambar uang kertas 10 euro
  • Desain Gambar Uang Kertas €20 memakai gambar arsitektur Gotik yang identik dengan archway lancipnya. Ciri lain yang turut tampil adalah dekorasi stained glass ngremit yang berfungsi untuk menutup lubang jendela berukuran raksasa. Katedral Notre Dame Paris dari abad 14 merupakan salah satu katedral pertama yang berlanggam Gotik.gambar uang kertas 20 euro
  • Desain Gambar Uang Kertas €50 menampilkan arsitektur Renaissance dari era pencerahan Eropa di abad 15. Langgam “pencerahan” ini meminjam rupa-rupa klasik yang kemudian ditafsirkan ulang dengan ketaatan terhadap dalil-dalil mutakhir zaman itu. Di Basilika St. Peter Vatikan, misalnya, kolom gagrak Roma muncul kembali tetapi dengan tata bangun yang rapih dan ringkas.gambar uang kertas 50 euro
  • Desain Gambar Uang Kertas €100 bergambar bangunan bergaya Baroque yang lahir abad 17 di Italia. Langgam ini melawan kepolosan Renaissance dengan memasukkan motif-motif cantik sebanyak-banyaknya guna memamerkan kekayaan dan kekuatan gereja Katolik sebagai upaya “melawan” gerakan Protestan. Di air mancur Trefi, Roma, langgam Baroque mempertontonkan keindahannya yang “melelahkan”. Aliran ini menular ke penjuru Eropa, termasuk Perancis, yang kemudian mengagasi arsitektur Istana Versailles tempat tinggal Raja Louis XIV.gambar uang kertas 100 euro
  • Desain Gambar Uang Kertas €200 menampilkan arsitektur berlanggam Art Nouveau yang menandai perpindahan abad 19 ke abad 20. Langgam ini juga mempergunakan rupa-rupa cantik seperti Baroque, tetapi sangat disederhanakan. Hiasan-hiasan organik seperti dedaunan muncul dengan bentuk sangat sederhana dengan mengutamakan aliran bentuk.gambar uang kertas 200 euro
  • Desain Gambar Uang Kertas €500 memuat gambar bangunan berlanggam arsitektur Modern abad 20 yang kotak, bersudut, minimalis, dan kita lihat tiap hari. Hanya ada segelintir saja negara Eropa yang boleh mencetak uang ini, sehingga belum waktunya untuk khawatir untuk memikirkan langgam arsitektur untuk mengisi nominal uang Euro yang berikutnyagambar uang kertas 500 euro

Kurs Mata Uang Euro saat ini

Saat tulisan ini dibuat, kurs mata uang euro saat ini seperti screenshot di bawah ini,

kurs euro saat ini

Begitulah serba-serbi dasar tentang mata uang euro. Mulai dari pengertian euro, simbol euro, negara-negara pengguna mata uang euro dan tanggal mulainya, denominasi uang logam dan uang kertas euro, kurs uang euro bahkan desain gambar uang euro sudah cukup lengkap saya tuliskan semua. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya di bawah ini.

Tags: #berita uang #ekonomi dunia #simbol uang #uang kertas #uang logam

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
3 perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar AS
Perbedaan fisik uang kertas rupiah dan dolar
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika dari serat pohon pisang abaka
Bahan baku uang kertas dolar Amerika – Berdasarkan
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
3 unsur pengaman uang kertas rupiah
Kerugiannya tidak sedikit jika di negara kita
Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya
Mengenal mata uang yen Jepang dari sejarah, gambar, sampai harga kursnya
Sebetulnya uangindonesia.com sudah dua kali bahas mata
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Kelebihan dan kekurangan uang kertas vs. uang logam
Berdasarkan bahan pembuatannya, uang dibedakan menjadi dua:
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin
Kelebihan dan kekurangan uang logam atau koin ∼ Meski

Leave a reply "Mengenal Mata Uang Euro Negara Anggota Uni Eropa"

Must read×

Top