pos

Mengenal mata uang dolar Singapura

Posted on

Nama mata uang negara Singapura adalah dolar. Hah, dolar? Sama dong seperti Amerika Serikat?! Tunggu dulu, meskipun namanya sama-sama dolar tapi hanya namanya doang yang sama. Uang, kode ISO, dan nilai kursnya beda. Lambang uangnya juga hampir sama. Yang membedakan di depan simbol $ ada huruf S, jadi S$. Untuk penyebutannya diikuti embel-embel negaranya, dolar Singapura.

Sebenarnya yang nama mata uangnya sama seperti ini tidak hanya Singapura saja. Negara lain seperti Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Hongkong, Selandia Baru, Taiwan, dan Suriname juga iya. Namun berbeda dengan Timor Leste, Ekuador, El Salvador, dan Zimbabwe, negara-negara ini memang “meminjam” mata uang dolar Amerika Serikat untuk keperluan warganya dalam transaksi sehari-hari.

baca juga:

Jika di atas sudah cukup jelas, sekarang kita lanjut bahas mata uang dolar Singapura lebih detail. Mulai dari sejarah, simbol atau lambang, kode ISO 4217, denominasi atau pecahan, gambar, sampai harga kurs bila dikonversikan ke rupiah dan dolar USA untuk saat ini.

Nama, simbol atau lambang, dan kode ISO 4217 mata uang dolar Singapura

Seperti yang sudah disinggung di atas, mata uang resmi negara yang arti namanya Kota Singa (padahal menurut penelitian tidak pernah ada singa yang berhabitat alami di sini) adalah dolar Singapura. Kita menulisnya dengan bahasa Indonesia cukup satu l saja. Tidak seperti bahasa Inggris yang dibalik dan dobel l, Singapore dollar.

Oh ya jangan lupa, negara kecil tapi sangat maju ini juga banyak didiami oleh orang Tionghoa, Melayu, dan Tamil. Dengan bahasa masing-masing menyebut dolar Singapura sebagai 新加坡元 , Ringgit Melayu, dan சிங்கப்பூர் வெள்ளி.

Dalam dunia perbankan dan bisnis, sekarang lebih banyak menggunakan kode ISO 4217 untuk mendefinisikan nama mata uang dari pada dengan simbol atau lambang atau tanda mata uang. Bahkan di beberapa negara simbol-simbol ini sudah tidak dikenal secara luas. Jadi dari pada menuliskan S$, akan lebih gampang kita menggunakan SGD.

Baca juga: Pengertian ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR

Sejarah mata uang dolar Singapura

Pada tahun 1845 sampai 1939, negara Singapura masih menggunakan Dolar Selat. Dolar Selat adalah nama mata uang yang digunakan di Negeri-Negeri Selat. Apa itu Negeri-Negeri Selat? Iyalah sekelompok wilayah kekuasaan Perusahaan Hindia Timur Britania. Dan Singapura merupakan salah satunya selain Penang dan Malaka.

Namun pada tahun 1953, penggunaan Dolar Selat di Singapura digantikan Dolar Malaya dan Borneo Inggris. Sama seperti namanya, mata uang ini dikeluarkan oleh Dewan Komisaris Mata Uang Malaya dan Borneo Inggris.

Di tahun 1963, Singapura masih bergabung dengan Malaysia. Ini artinya di waktu ini negara Singapura menggunakan mata uang yang sama dengan Malaysia. Hingga tahun 1965 keduanya memutuskan berpisah dan Singapura mulai membuat mata uangnya sendiri.

Untuk mengurus kebutuhan itu, Singapura mendirikan Dewan Komisaris Mata Uang pada 7 April 1967. Lalu dua bulan berikutnya, tepatnya tanggal 12 Juni 1967, badan ini menerbitkan mata uang pertama serial “Orkid”.

Baca juga: Mengenal mata uang ringgit Malaysia

Denominasi atau pecahan mata uang dolar Singapura

Dolar Singapura tergolong memiliki harga kurs yang lumayan mahal jika dibanding dengan rupiah. Kalau mata uang Indonesia memiliki pecahan-pecahan besar, uang Singapura justru kecil-kecil. Pada uang kertasnya saja paling besar hanya 1.000 dolar. Secara keseluruhan, berikut inilah denominasi SGD.

[table style=”table-bordered”]

 Denominasi uang dolar Singapura kertas Denominasi uang dolar Singapura koin
 2 dolar, 5 dolar, 10 dolar, 20 dolar, 50 dolar, 100 dolar, 1.000 dolar 1 sen, 5 sen, 10 sen, 20 sen, 25 sen, dan 1 dolar

[/table]

Gambar mata uang negara dolar Singapura

Untuk lebih memastikan bahwa dolar Singapura dan Amerika tidak hanya beda kode ISO 4217 dan harga kursnya saja, tapi beserta uangnya juga, berikut saya tampilkan foto mata uang dari sebuah negara yang dipimpin oleh Tony Tan Keng Yam.

[coloum_row][coloum_one_half]

Gambar uang kertas dolar Singapura

mata uang dolar Singapura kertas

[/coloum_one_half][coloum_one_half]

Gambar uang koin dolar Singapura

mata uang dolar Singapura koin

[/coloum_one_half][/coloum_row]

Harga kurs mata uang dolar negara Singapura

Dari atas saya sudah berkali-kali menyebut dolar Singapura mempunyai nilai kurs yang berbeda dengan dolar Amerika. Sangken seringnya mungkin membuat sebagian pembaca bosan karena sebetulnya memang sudah tau. Sebagian lagi mungkin justru bertanya,

1 dolar Singapura berapa rupiah kalau dikonversikan? dan,
Lebih mahal mana antara dolar Singapura dibanding dolar Amerika?

Untuk menjawab pertantaan itu saya menggunakan situs bloomberg sebagai acuan. Di situs ini kita bisa melihat kurs semua mata uang di seluruh dunia secara up to date. Dan pada saat tulisan ini dibuat, 1 dolar Singapura dirupiahkan menjadi 9.800. Sedangkan kalau ditukar dolar Amerika senilai 0,73. Ini artinya mata uang dolar Singapura tidak lebih mahal dari dolar Amerika.

Itulah pembahasan kali ini yang mengangkat tema mata uang negara Singapura yang. Mulai dari nama, simbol, kode, gambar, dan harga kursnya sudah saya jelaskan dengan cukup lengkap. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di bawah ini dan tunggu artikel terbaru setiap harinya.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

6 thoughts on “Mengenal mata uang dolar Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *