Lima uang paling aneh di dunia

In info uang

Membahas tentang benda yang mempunyai nama lain duit memang tidak ada habisnya. Tidak hanya untuk orang yang gila uang saja, bagi numismatik juga menarik kalau ngomongin tentang alat pembayaran ini. Kalau saya sendiri sih kadang suka membandingkan uang negara satu dengan lainnya. Entah desain ataupun nilai kursnya. Dari kebiasaan suka membanding-bandingkan itu, uangindonesia.com sudah punya daftar nih:

  1. 10 mata uang paling mahal di dunia
  2. 10 mata uang dengan nilai paling rendah di dunia
  3. 5 desain uang paling unik sedunia.

Nah untuk melengkapinya, kali ini saya ingin mengumpulkan data tentang uang paling aneh di dunia nih. Kira-kira dari asal mana sajakah yang alat pembayaran jual beli dan transaksi lainnya yang mendapat julukan seperti itu, berikut adalah infonya yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber.


1. Rai stone, Pulau Yap, Kepulauan Solomon

Lima uang paling aneh di dunia

Biasanya uang kan terbuat dari logam dan kertas, tapi di kepulauan Solomon anda akan menemukan mata uang yang terbuat dari batu dan bentuknya sangat besar, tepatnya di pulau Yap. Coba bayangkan, ukuran uang ini bisa mencapai diameter 12 kaki dan berat 8 ton. Keunikan lainnya dari uang Rai Stone ini adalah nilainya tidak berdasarkan nominal yang tertera seperti pada uang umumnya, tapi berdasarkan pengorbanan untuk bisa mendapatkannya. Konon kabarnya dulu penduduk sekitar pulau ini bahkan rela mengorbankan nyawa demi uang paling aneh ini.

2. Green Stamp Money, Vietnam

uang aneh perangko vietnam

Di negara vietnam sekitar tahun 70-an terdapat uang ini. Yaitu kalau dibandingkan sekarang seperti kumpulan voucher-voucher. Cara pembeliannya juga sama. Yaitu robek sebagian dan tukarkan dengan barang yang anda inginkan di toko. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena rakyat Vietnam percaya bahwa uang kadang tidak bisa untuk membeli segalanya. Tapi kabarnya uang jenis kupon ini hanya laku untuk beli pakaian dan perlengkapannya saja. Kalau ingin beli barang lainnya, pakai uang yang biasa.

3. Peso, Chili

uang paling aneh

Kalau dilihat sekilas, uang ini tampak tidak memiliki keanehan apapun. Dilihat bentuk dan warnanya pun seperti kebanyakan uang yang ada di dunia. Tapi coba perhatikan tulisannya, seharusnya ditulis “Republica de Chile” tapi yang ada di situ justru “Republica de Chiie”. Mungkinkah ini terjadi karena kelalaian saat proses pencetakan sehingga menyebabkan typo? Mungkin iya karena uang ini juga hanya diproduksi sebanyak 50 juta koin saja, tepatnya di tahun 2008.

4. Kulit Tupai, Rusia

uang paling aneh

Memang sih asal muasal uang awalnya adalah uang-barang, yaitu barang difungsikan sebagai uang. Namun umumnya barang yang ditunjuk sebagai uang adalah barang yang dibutuhkan sehari-hari oleh kebayakan orang. Seperti misalnya garam atau salary (inilah asal usul gaji karyawan disebut salary). Tapi kalau di Rusia ini yang digunakan justru kulit Tupai. Bahkan bagian-bagian tubuh tupai lainnya seperti kuku, kuping, hidung dan sebagainya dijadikan recehannya. Hmmm, kira-kira mengapa ya bisa begitu? Ternyata masyarakat Rusia saat itu percaya bahwa kulit tupai bisa menangkal penyakit yang ditularkan melalui satwa.

5. Moose Jaw Centennial, Jerman

uang paling aneh

Kalau biasanya uang umumnya terbuat dari kertas dan logam, uang Jerman yang satu ini terbuat dari kayu. Ini terjadi pada saat pemulihan ekonomi di negara tersebut usai perang dunia ke-1. Karena keadaan yang serba darurat, maka Jerman memutuskan menciptakan uang dari bahan kayu saja dari pada dengan menggunakan logam berharga. Selain kayu, sebenarnya mereka juga mencetak uang dengan bahan lainnya, antara lain: alumunium foil, kain sutra, dan kartu resmi sisa perang. Meski begitu, salah seorang kolektor pernah berani membayar mahal uang – uang tersebut untuk dijadikan koleksi lho!

6. Holly water dollar, Kepulauan Palau

uang paling aneh

Kepulauan Palau adalah sebuah negara yang terletak di samudra pasifik. Pada tahun 2007 negara ini mencetak uang yang bentuk dan bahannya tidak konvensional. Kalau dari gambarnya ada gambar perawan suci. Desainnya sih relief seperti kebanyakan uang logam lainnya. Tapi yang membuatnya masuk kategori uang paling unik di dunia adalah di samping kanan gambar tersebut ada bonus botol kecil berisi air “suci” beneran. Air ini diambil dari mata air di Lourdes, Perancis. Agaknya negara ini mempunyai selera seni uang yang tinggi, karena pernah juga membuat uang lainnya yang terbuat dari mutiara, perak, hingga batu meteor.

7. Pengo, Hungaria

uang paling aneh

Mata uang negara Hungaria ini dicetak pada tahun 1946. Apakah anda tau berapa nominalnya? Yup, uang ini senilai 100,000,000,000,000,000,000 pengo. Wow besar banget ya. Tapi yang disayangkan adalah saat itu kalau dikonversikan ke dolar Amerika yang nota bene mata uang internasional, nilainya cuma setara dengan 20 USD saja. Keanehannya uang ini tidak berhenti di situ saja. Coba lihat baik-baik penampakannya, di sana nominalnya tidak tertulis dengan angka, melainkan dengan huruf biar menghemat tempat. Soalnya dengan angka mungkin tidak akan muat karena digitnya yang terlalu banyak. Oh ya uang ini juga pemecah rekor sebagai uang dengan nominal tertinggi di dunia loh. Maka dari itu saya masukan ke daftar 7 uang paling ter-unik seluruh dunia.


Tags: #info uang #mata uang #uang unik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Pada setiap lembar dan keping uang kartal,
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Cara hitung uang dari berbagai negara – Jangan
20 gambar uang logam paling unik di dunia
20 gambar uang logam paling unik di dunia
Ingat kemarin uangindonesia.com membahas uang koin bergambar
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon – Mumpung lagi
Uang logam Indonesia yang mengandung emas (koin peringatan)
Uang logam Indonesia yang mengandung emas (koin peringatan)
Sangkaan uang logam Indonesia yang mengandung emas

Leave a reply "Lima uang paling aneh di dunia"

Must read×

Top