Cara Twitter mendapatkan uang jutaan dollar

Posted on

Cara Twitter mendapatkan uang jutaan dollar

uangindonesia.com – Karena di facebook tampak jelas di halamannya ada iklan, kita sudah bisa menebak bahwa sumber penghasilan media sosial tersebut berasal dari iklan. Namun bagaimana dengan jejaring sosial lawannya, twitter? Seperti kita ketahui bahwa saat kita mengakses microblogging yang setiap tweetnya dibatasi 140 karakter ini tampilan halaman yang muncul sangat bersih alias tidak tampak ada iklan disana. Pertanyaan selanjutnya yang muncul adalah, bagaimanakah caranya twitter mendapatkan uang untuk menggaji karyawan dan biaya operasional lainnya? Dan asal kalian tau, pendiri twitter yang bernama Jack Dorsey dan kawan-kawannya juga terkenal kaya raya.

Twitter sejatinya lebih terkenal dari pada facebook. Penggunanya mulai dari pejabat politikus, artis dunia, brand internasional bahkan sampai orang gak penting lainnya. Meskipun begitu, menggunakan twitter sama seperti facebook, gratis tidak dipungut biaya. Yuk sekarang kita pikir, sudah penggunanya gak bayar dan gak ada iklan, kira-kira dari manakah sumber penghasilan jejaring sosial yang berlogo burung tersebut? Jika anda sama-sama penasaran seperti saya, ada baiknya baca ulasan berikut ini.

Cara Twitter mendapatkan uang jutaan dollar

1. Google membayar twitter

Kamu tau kan kalau pengguna twitter sangat banyak dan sangat aktif. Sekarang ini kan kita bisa mendapatkan tweet-tweet dari pihak tertentu berdasarkan kelompok hashtag dengan melalui sistem pencari google. Nah google biar bisa mendapatkan data-data tersebut untuk ditampilkan ke hasil pencariannya harus mempunyai izin dari pihak twitter. Untuk bisa mendapatkan izin, maka mau tidak mau google harus membayar sejumlah uang kepadanya.

Seandainya google tidak mau membayar, otomatis data tweet akan dibuat sedemikian rupa biar tidak bisa dijangkau mesin pencari berlogo G itu. Dan pihak twitter sendiri kemungkinan akan membuat mesin pencari sendiri sebagai saingannya google. Tentu hal ini gampang-gampang saja bagi twitter, toh penggunanya sudah sangat banyak dan otomatis akan sangat gampang untuk mempromosikan mesin pencari barunya tersebut. Kalau sudah begini, otomatis google akan ditinggalkan jutaan penggunanya di seluruh dunia. Pasti dong google gak mau kalau hal itu sampai terjadi. Kira-kira seperti itulah permainam bisnis yang mereka lakukan dibelakang kita.

2. Pengguna beli akun premium

Pernah melihat akun twitter orang yang dilengkapi tanda centang biru? Yup, itulah yang kita sebut akun twitter premium atau verified profile. Untuk bisa mendapatkan akun seperti ini kita harus bayar sejumlah uang yang harganya tidak sedikit. Keuntungan akun seperti ini adalah akan selalu muncul pada pengguna yang lain sebagai ‘recommended to follow‘. Dengan begini maka akun premium tersebut akan mendapatkan follower yang banyak. Akun ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh artis, pejabat, atau brand besar dengan tujuan untuk membuat mereka makin terkenal.

Pengguna twitter aktif tentunya akan sangat paham dengan penulisan kode ataupun bahasa sandi seperti tag maupun hashtag. Tetapi sedikit di antaranya yang mungkin memahami, apabila di sinilah tambang uang bagi twitter. Siapapun boleh menuliskannya apa saja, karena pihak twitter mengijinkan untuk melakukannya. Jika tujuan penulisan tag maupun hashtag adalah untuk kepentingan komersial, pihak twitter akan mengenakan ‘charge‘, terutama untuk perusahaan-perusahaan ataupun brand yang sudah lebih dulu populer. Sejumlah perusahaan dan brand asal Indonesia pun saat ini sudah dibidik dan menjadi klien twitter. Jika tidak, pihak twitter bisa saja akan mem-banned hashtag komersil tersebut.

3. Lisensi pihak ketiga

Biasanya di dalam smartphone terdapat menu khusus yang bisa untuk mengakses twitter tanpa harus mengunjungi situs resminya twitter, seperti misalnya twitter for blackberry maupun twitter for android. Gadget-gadget tersebut bisa membuat aplikasi tersebut atas izin dari pihak twitter dan tentunya harus bayar dengan sejumlah uang yang tidak sedikit.

Dengan tersedianya aplikasi tersebut di smartphone mereka bisa jadi menjadikan smartphone tersebut makin laku dipasaran alias makin banyak yang beli. Keuntungan lainnya yang bisa pembeli lisensi dapatkan adalah biasanya logo/merk/brand dari gadget tersebut akan muncul di setiap tweet dari penggunanya.

4. Tweet promosi di atas trending topik dan atas bagian kanan

Sumber pendapatan twitter yang tidak kalah besar adalah iklan baris yang letaknya di atas trending topik. Dengan letaknya yang sangat strategis maka untuk bisa menyisipkan iklan kita di tempat ini kita harus bayar mahal.

Iklan ini akan secara otomatis muncul sesuai wilayah dan pengguna tertarget. Saya sendiri sering lihatnya sih produk dari brand asal indonesia yang sudah sangat terkenal.

Begitulah sumber-sumber pemasukan twitter yang berhasil saya himpun dari berbagai info yang saya dapatkan. Saya sendiri awalnya tidak menyadari bahwa hal seperti itu bisa menjadi tambang emas untuk sebuah situs di internet. Namun karena mengingat pengguna twitter yang sangat banyak jumlahnya dari seluruh penjuru dunia, agaknya hal tersebut masuk akal juga bagi saya yang memang orang awam. Oh ya, bagi yang tau sumber pendapatan mereka yang lainnya, mohon sekirannya mau berbagi lewat kolom komentar di bawah ini ya….

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

3 thoughts on “Cara Twitter mendapatkan uang jutaan dollar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *