Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali

In uang lainnya

Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali

Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali – Uang kertas, khususnya rupiah, sebenarnya lebih kuat dan tahan lama bila dibandingkan dengan kertas biasa. Hal ini karena uang kertas terbuat dari serat kapas. Sehingga tidak mudah sobek meskipun ditarik dan ditekuk berkali-kali, tidak mudah lecek atau lusuh walaupun dikepal-kepal, serta tidak mudah rusak biarpun terendam air bersama pakaian/cucian kotor.

Namun tetap saja uang kertas masuk kategori kertas, ketahanannya tidak lebih kuat dan awet bila dibanding uang logam. Apalagi melihat penggunaan sebagian orang Indonesia yang kadang sembrono. Seperti misalnya dicoret-coret, diremas-remas, dan tindakan tidak menghargai uang lainnya.

Baca juga:

Mereka memperlakukan begitu mungkin dipikirnya selecek apapun uang rupiah masih tetap bisa digunakan untuk belanja. Nilainya juga masih sama seperti baru. Padahal, uang lecek sangat tidak enak untuk dipandang. Bila Anda sama-sama tidak suka melihat uang kumal atau lusuh, berikut uangindonesia.com berikan beberapa trik agar uang lecek Anda bisa kembali rapi, rata, halus, dan mulus.


Cara merapikan uang kertas lecek, lusuh, atau kumal agar halus kembali

  • 1. Disetrika

Ternyata setrika tidak hanya berfungsi untuk menghaluskan pakaian saja. Benda yang bisa panas setelah dicolokan ke listrik ini dapat juga kita manfaatkan untuk merapikan uang kertas yang lecek.

Caranya yaitu panaskan dulu setrikanya. Atur suhu setrika yang paling rendah. Bila sudah diatur seperti itu sebenarnya uang kertas lusuh boleh langsung digosok pakai setrika terebut. Namun, bila Anda takut kertasnya terbakar, boleh kok dilapisi pakai kain. Setelah disetrika, dijamin uang tidak hanya rata, tetapi juga halus bahkan sedikit kaku seperti baru.

  • 2. Catok rambut

Selain setrika, benda lain yang bisa kita manfaatkan untuk menghaluskan kembali uang kertas yang lecek adalah catokan rambut. Caranya mengerjakannya hampir sama seperti setrika, digosok. Kalau rambut dicatok saja bisa rata dan lurus, apalagi uang kertas?!

  • 3. Ditata yang rapi dalam dompet

Sebenarnya uang lecek akan bisa kembali mendingan rapi tanpa perlu digosok pakai setrika ataupun catok rambut. Hal ini bisa Anda dapatkan jika menatanya dengan baik lalu menyimpannya di dompet.

Cara mengatur atau menatanya juga simpel. Anda hanya perlu meluruskan pakai telapak tangan, membuka kembali bila dipojok-pojok uang terjadi lipatan, dan lalu memasukan ke dompet yang ukurannya muat untuk uang “selonjor”.

Baca juga: Cara memperbaiki/menyambung uang sobek yang benar

Pada kebanyakan pria akan membawa dompet di saku celana bagian belakang. Saat duduk akan ketindihan badan. Biasanya makin lama uang lecek yang ada di dalam dompet tersebut akan kembali rapi dan halus.

  • 4. Diselipkan di antara lembaran buku

Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali yang terakhir ini intinya hampir sama pada poin ke-3 di atas: ditempatkan di tempat yang rata lalu ditindih benda lain lagi yang bobotnya berat.

Jika tadi ditindih badan saat duduk, kali ini bisa pakai buku lain yang banyak, kamus yang tebal, dan bahkan benda lain asalkan tidak akan merusak buku tersebut. Oh ya, cara menempatkannya kalau bisa satu halaman buku untuk satu lembar uang, jangan uang setumpuk di tempatkan barengan. Hal ini maksudnya untuk memastikan buku tetap rata. Jangan lupa juga sebelumnya pastikan lipatan dipingir-pinggir uang sudah dibuka.

Benar, uang kertas rupiah yang lecek masih bisa buat jual beli. Nilainya juga tidak menurun alias masih sama seperti baru. Namun jika lusuhnya terlalu parah, beberapa penjual biasanya menolak dan meminta uang yang lain. Bila keadaannya begini, tenang saja, uang rusak tersebut masih bisa ditukarkan dengan yang baru sepanjang masih bisa dikenali keasliannya. Cara dan proses selengkapnya silakan baca Syarat penukaran uang rusak di Bank Indonesia.


Tags: #bank indonesia #tips dan trik #uang kertas #uang rupiah

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Selain bank, Pegadaian, dan Kantor Pos, pengambilan
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Kemarin di uangindonesia.com masuk sebuah komentar yang
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Pertumbuhan jual beli online sudah menjamur seperti
Review produk tabungan BCA dan layanannya
Review produk tabungan BCA dan layanannya
Sejak mulai menabung di bank, total tiga

Leave a reply "Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali"

Must read×

Top