Cara mengetahui uang asli atau palsu versi orang bodoh

In uang lainnya

Cara mengetahui uang asli atau palsu versi orang bodoh

Cara mengetahui uang asli atau palsu sangat penting bagi orang yang hidupnya masih ketergantungan akan benda yang fungsinya sebagai alat tukar-menukar tersebut. Tidak terkecuali pada orang bodoh sekalipun. Tanpa memandang tingkat kecerdasan, semua harus bisa membedakan.

Pasalnya, bukan tidak mungkin kita transaksi dengan orang yang sengaja menggunakan uang palsu. Kalau tetap menerima lalu buat keperluan yang lain, kita bisa tertuduh ikut mengedarkan upal itu. Jadi sebaiknya tolak, kalau bisa tahan lalu laporkan ke pihak berwajib untuk penyelidikan lebih lanjut.

Cara mengetahui uang asli atau palsu sebenarnya sangat gampang. Dengan disinari lampu ultraviolet, keduanya akan menampakkan perbedaan. Jika tidak mempunyai alat ini, kita masih bisa menggunakan teknik 3D. Yaitu dilihat warnanya, diraba permukaannya, dan diterawang ke matahari atau sumber cahaya lain untuk memastikan adanya tanda air / water mark.

Artikel terkait: Apa yang harus dilakukan jika mendapatkan uang palsu?


Cara mengetahui uang asli atau palsu versi orang bodoh

Masalahnya adalah, apakah dengan melihat, meraba, dan menerawangnya lantas akan ada tulisan “asli” atau “palsu” di sana? Tidak. Jika belum pernah mencoba melakukan pada keduanya (uang asli dan palsu) akan sedikit susah menentukan apakah itu asli atau palsu. Terlebih pada orang bodoh seperti saya. Intinya belum tau tingkat perbandingannya.

Misalnya begini. Anda diminta mengecek keaslian selembar uang kertas baru yang sebelumnya belum pernah lihat. Anda cuma dikasih tau ciri-ciri asli kalau diraba halus. Sedangkan yang palsu agak sedikit kasar. Setelah jari merabanya, bisakah Anda menentukan asli apa palsu? Kemungkinan Anda akan berpikir jangan-jangan masih ada yang lebih halus atau lebih kasar lagi selain uang yang sedang dites itu. Kekasaran atau kehalusan pada kertas bukannya relatif?

Maka dari itulah kali ini uangindonesia.com akan berbagi tips dan trik cara mengetahui uang asli atau palsu yang paling gampang. Sangken gampangnya, orang bodoh sekalipun bisa mencobanya.

Baca juga: Cara kerja dan harga alat pendeteksi uang palsu lampu ultraviolet

  • Untuk mengetahui keaslian pada uang kertas pecahan Rp1.000,00 yang bergambar Pahlawan Pattimura, caranya yaitu lipat jadi 4 bagian. Setelah itu tekan-tekan sekuat tenaga. Kemudian buka kembali dan ceklah gambar pedangnya. Bila patah, berarti uang tersebut palsu.
  • Lanjut ke uang kertas Indonesia nominal 5.000 rupiah yang bergambar Pahlawan Tuanku Imam Bonjol. Kali ini tak perlu melipatnya. Cukup ambil saja sisir yang biasa Anda pakai. Gesek-gesekkanlah di dekatnya. Bila dibawahnya Anda menemukan sehela dua helai kerontokan bulu jenggotnya, dapat dipastikan bahwa uang tersebut palsu.
  • Uang 100.000 rupiah. Cara mengecek keasliannya coba taruh di meja. Tekan beberapa kali dengan telapak tangan. Bila tangan Anda mengeluarkan darah karena luka akibat kena pecahan kaca mata yang dipakai Bung Hatta, tidak perlu diragukan lagi kalau uang tersebut adalah palsu.
  • Terakhir, cara mengetahui uang asli atau palsu pada uang kertas pecahan lainnya; Rp2.000, Rp10.000, Rp20.000, dan Rp50.000, dengan cara bodoh iyalah dengan meletakkan di pagar rumah. Kalau bisa di pinggir jalan yang ramai. Setelah ditinggal berjam-jam dan dilihat lagi ternyata sudah hilang, kemungkinan besar duit-duit tersebut asli.

Nb. Just kidding, sumber: kaskus.com, selanjutnya baca: Cara mendapatkan uang banyak di google hanya dengan 1 kali klik saja.


Tags: #uang kertas #uang lainya #uang palsu

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Selain bank, Pegadaian, dan Kantor Pos, pengambilan
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Kemarin di uangindonesia.com masuk sebuah komentar yang
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Pertumbuhan jual beli online sudah menjamur seperti
  1. author

    Hanif Farhan Sitakar5 months ago

    Kembalikan 2 menitku

    Reply
    • author

      Sarah4 months ago

      Ntar kalau Mbak Hanif sudah baca-baca tulisan yang lain dan sudah 30 menit lebih. Jadi tambahkan dulu ya…hihi

      Reply
  2. author

    amirul mustofa2 months ago

    njir gue termasuk yg bodoh itu…hahaha

    Reply

Leave a reply "Cara mengetahui uang asli atau palsu versi orang bodoh"

Must read×

Top