Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul
Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul

Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul

Posted on

Zaman sekarang masih ada yang percaya tuyul pencuri uang? Menurut beberapa orang, makhluk gaib serupa anak kecil berkepala pelontos itu sebenarnya cuma mitos. Faktanya, seseorang kehilangan uang karena diambil orang lain, lupa menaruh, tidak ingat sudah dibelanjakan, dan sebagainya. Kemudian menuduh pelakunya tuyul karena tidak tau lagi siapa yang harus disalahkan.

Namun, mengapa korban yang mengaku duitnya diambil tuyul biasanya tidak hanya satu saja (bertetanggaan)? Hal itu diibaratkan latah. Saat seseorang koar-koar uangnya dicuri tuyul, maka orang lain yang juga merasa kehilangan akan ikut-ikutan memberikan pernyataan yang sama. Karena lebih dari satu orang, akhirnya seolah-olah menjadi sebuah kebenaran.

Baca juga: Mengapa tuyul hanya mencuri uang di rumah warga saja, bukan di bank dan ATM?

Itu menurut beberapa orang saja. Sebagian lagi meyakini tuyul benar-benar ada dan tugasnya mengambili uang untuk dikasih kepada pemeliharanya. Terlebih, pada koran-koran sering terdapat iklan jual-beli tuyul oleh juru kunci atau pawang. Kemudian di televisi juga pernah menampilkan berita soal keributan tuyul di beberapa daerah di Indonesia.

Cara menangkal tuyul agar tidak mencuri uang ala orang-orang yang pernah saya dengar dan lihat

Saya tidak akan memperpanjang perdebatan ada atau tidaknya tuyul. Mengapa? Seperti biasa, saya lebih suka membahas uang, uang, dan uang. Namun, biar nyambung, baiklah, saya akan bagikan beberapa trik cara menangkal tuyul agar tidak mencuri uang kita. Saya kira ini bisa juga jadi pertengahan antara orang yang percaya dan yang tidak.

Bagi yang percaya, cara menangkal atau mencegah agar uang tidak diambil tuyul sangatlah penting. Bagi yang tidak, saya kira tidak ada salahnya untuk mempraktikkan. Oh ya, cara-cara yang dijabarkan uangindonesia.com ini didapat dari internet dan melihat keadaan sekitar. Beberapa orang akan melakukan hal berikut.

Baca juga: Cerita pesugihan babi ngepet yang sering tertangkap warga

1. Beramal dan berdoa kepada Tuhan YME

Karena tuyul merupakan makhluk gaib, jadi untuk menghadapinya kita butuh bantuan secara gaib juga. Bukan dukun, paranormal, atau siapa, melainkan Tuhan Yang Mahakuasa. Selain meminta perlindungan-Nya dengan doa, kita harus juga beramal sedekah: memberi sekian persen rezeki kita kepada yang berhak.

Menurut berbagai cerita, tuyul sebenarnya tidak serakah-serakah amat. Saat mengambil uang, dalam satu rumah hanya beberapa lembar saja dan kemudian pindah ke rumah yang lain. Konon, tuyul tidak akan mencuri di rumah yang hartanya sudah bersih (sudah dizakatkan, amalkan sekian persen, dll.) Jadi, cara menangkal tuyul yang paling utama adalah dengan berdoa dan beramal.

2. Simpan di bank

Hampir sama seperti poin nomor satu. Katanya, tuyul tidak akan mengambil uang yang tidak jelas pemiliknya. Misalnya di bank dan ATM yang pemilik aslinya ribuan nasabah bercampur jadi satu. Tuyul akan bingung mengambilnya karena konon, sebenarnya dari rumah sudah diperintahkan tuannya untuk mencuri milik si A, B, C, dan seterusnya.

Di samping itu, tuyul adalah bangsa dengan peradaban tertinggal. Mereka tidak bisa baca-tulis. Jadi, saat akan membuka brankas dan tarik dari ATM, sudah pasti akan terkendala dengan PIN.

3. Diikat karet

Di atas dikatakan tuyul tidak bisa mencuri uang di ATM karena terkendala tidak bisa input PIN. Namun, bukankah Mesin Tunai itu terdapat lubang yang memungkinkan tuyul untuk menyelinap? Bukankah selama ini makhluk kecil tersebut memang begitu cara masuknya?

Iya, sangat mungkin bagi tubuh tuyul untuk mengecil dan kemudian masuk ke dalam mesin berisi banyak uang itu. Akan tetapi, lembaran-lembaran duit di dalam mesin dijepit dengan besi-besi baja. Nah tuyul, tidak bisa mengambil uang yang tersimpan dalam kondisi seperti itu. Ini termasuk juga uang yang tersimpan dengan terikat karet gelang.

4. Diberi cermin

Ada sebuah perdebatan mengenai sosok tuyul yang sebenarnya. Wujudnya yang seperti anak kecil, berkepala gundul, dan hampir mirip seperti manusia, tidak disepakati semua pihak. Beberapa berpendapat rupa tuyul memang sebesar anak kecil, tetapi dengan tubuh dipenuhi bulu hitam dan muka sangat menyeramkan.

Bila Anda menyimpan uang dan disampingnya disediakan cermin, secara tidak sengaja tuyul yang akan mencurinya akan melihat bayangan wajah sendirinya pada cermin tersebut. Jika hal itu terjadi, ia akan lari terbirit-birit karena ketakutan sebelum tugas mencuri uang Anda dimulai.

Baca juga: Cara mendapatkan uang gaib milyaran dengan jual sate gagak semalam?

5. Dikasih kepiting

Bagaimana pun rupanya, tetap saja tuyul dikategorikan sebagai makhluk gaib anak-anak. Jadi wajar saja jika masih suka bermain meskipun ditugasi tuannya untuk mencuri uang milik orang lain. Apakah Anda tau benda yang ia minati untuk dijadikan permainan? Salah satunya adalah hewan kepiting.

Cara menangkal agar tuyul tidak mencuri uang kita dengan metode kepiting adalah dengan menyediakan hewan tersebut di depan rumah. Biar tidak kabur dan menarik perhatian tuyul, terlebih dahulu kepiting harus diikat dengan benang putih dan ditaburi bunga. Otomatis nanti sebelum masuk rumah, tuyul sudah keasyikan main sendiri.

6. Kacang hijau

Selain kepiting, benda lain yang jadi mainan favorit tuyul adalah kacang hijau. Baginya, benda bulat kecil-kecil yang sering dimasak jadi bubur, peyek, dan sebagainya itu bagaikan kelereng yang sangat mengasyikan untuk dimainkan.

Berbeda dengan cara mengatasi agar tuyul tidak mencuri uang seperti di atas (nomor 5) yang lumayan ribet, untuk kacang hijau, caranya cuma perlu ditaruh dekat uangnya. Bisa beberapa biji atau setoples kecil sekalian. Yang penting toplesnya tidak dalam keadaan tertutup. Nantinya, tuyul akan bermain sampai lupa waktu untuk mencuri uang.

7. Botol bening

Pernah lihat di televisi adegan tuyul terperangkap dalam botol? Kira-kira seperti itulah kisahnya. Tuyul menganggap botol adalah penjara yang sangat menakutkan. Bayangkan saja, hanya berdekatan dalam keadaan tutup terbuka pun seakan-akan botol bisa menyedot tuyul untuk masuk kedalamnya, apalagi kalau sampai bersentuhan? Sudah dipastikan ia pergi menjauh.

Saat kembali dan sampai ke rumah tuannya dan ditanyakan hasil kerja, saya tidak tau deh tuyul akan menjawab apa. Menangiskah? Entah, saya belum pernah punya tuyul, jadi tidak tau, hehe.

8. Bawang dan cabe merah

Untuk yang terakhir ini saya kurang tau alasannya: apakah tuyul tidak mencuri uang yang didekatnya ada bawang dan cabe merah karena takut, atau justru dijadikan mainan olehnya. Yang jelas, saya pernah melihat dengan mata kepala sendiri beberapa warung menaruh dua bumbu dapur itu di lacinya yang berisi uang. Sempat kutanya mengapa, jawabnya, “Biar uangnya tidak bisa dicuri oleh tuyul.”

Selanjutny baca: Hukum pesugihan dan uang gaib menurut agama Islam.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *