Cara membuat celengan sendiri dari bambu & kaleng bekas

In uang lainnya

Cara membuat celengan sendiri –  Celengan atau yang dalam bahasa Inggris disebut Piggy bank ini tidak hanya digunakan oleh anak-anak. Orang dewasa juga banyak yang memanfaatkan benda ini untuk mengumpulkan recehan (biasanya uang kembalian belanja) sedikit demi sedikit. Nah nanti setelah terkumpul dan celengan penuh, hasilnya lumayan juga kok. Jadi meskipun anda mengaku sudah dewasa, jangan malu-malu deh untuk menabung di celengan. Kan jadi asyik tuh, menabung uang nominal besar di bank, sedangkan recehan di celengan.

Silakan baca: Cara bikin rekening bank terbaru

Masalahnya adalah celengan yang saat ini banyak di jual di toko-toko didesain sedemikian rupa biar kita bisa mengambil isinya selayaknya ATM. Padahal menabung di celengan itu akan terasa nikmat kalau kita tidak pernah tau jumlah isinya dan tidak bisa diambil nyicil. Pokoknya tau-tau penuh, dibongkar, dan terasa banyak.

Maka dari itulah kali ini uangindonesia.com ingin membagikan tips cara membuat celengan sendiri yang uangnya tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Kalau mau ambil, celengan harus dibongkar. Kan jadi sayang tuh kalau belum penuh tapi sudah dibongkar. Selain itu bahan yang digunakan untuk membuat celengan ini juga relatif gampang didapat. Yaitu bambu atau kaleng susu bekas.


Cara membuat celengan sendiri dari bahan bambu

cara membuat celengan sendiri dari bambu

Saya dapat ide untuk membuat celengan dari bahan bambu adalah dari ayah saya. Keluarga saya kan tinggal di desa. Untuk mendapatkan bambu sangatlah gampang. Waktu kecil saya sudah diajari menabung oleh beliau dengan membuatkan saya celengan dari bahan ini.

Cara membuatnya adalah ambil sepotong bambu. Batang bambu kan ada ruas-ruasnya. Nah potonglah sedemikian rupa bias kedua sisinya tertutup oleh ruas-ruas tersebut. Setelah itu lubangilah pada salah satu sisi (terserah posisinya, sesuai selera) untuk tempat memasukkan uang. Sudah tau kan lubang celengan tempat memasukkan uang itu bentuknya seperti apa? Nah buatlah dengan bentuk seperti itu menggunakan pisau tajam dan sedikit bantuan gergaji.

Untuk memperoleh hasil yang bagus, kita bisa memilih bahan bambu yang kering dan mempunyai kayu yang tipis. Sebelum digunakan kita bisa mencucinya terlebih dahulu baik luar maupun dalamnya dengan cara memasukkan air dan kemudian dikocok-kocok. Setelah itu jemur. Untuk mendapatkan tampilan yang menarik, kita bisa mengukir atau mengecatnya dengan berbagai warna pilihan.

Bila anda tinggal di perkotaan dan mendapatkan bahan bambu terasa sulit, bisa diganti dengan benda lain, seperti kaleng susu misalnya. Pokoknya apa saja yang penting benda tersebut tertutup dan kalau mau dibuka harus dirusak.

Cara membuat celengan sendiri dari bahan kaleng bekas

cara membuat celengan sendiri dari kaleng susu bekas

Kaleng susu bekas juga bisa kita manfaatkan untuk dibuat celengan. Namun perlu kita ketahui dulu kaleng susu biasanya dua macam bentuknya. Ada yang seluruh bagiannya tertutup (biasanya susu kental/cream/cair), ada pula yang tutupnya bisa dibuka-tutup (kaleng susu bubuk).

Sebenarnya kedua macam kaleng tersebut bisa dibuat semua. Namun karena tutup kaleng susu bubuk bisa dibuka-tutup, bisa jadi nanti sebelum celengan penuh kita tidak kuat menahan godaan untuk mengambil isinya. Maka dari itulah saya menyarankan menggunakan kaleng susu cair saja meskipun bentuknya lebih kecil.

Cara membuatnya adalah sediakan kaleng yang susunya sudah habis tapi masih baru. Biasanya orang kalau buka kaleng susu kan cukup dilubangi 2 lubang bagian atas pinggiran kanan dan kiri. Nah dengan lubang itu masukanlah air untuk mencucinya. Isi sampai setengah kemudian kocok berkali-kali, setelah itu buang air dengan cara menuangkannya ke luar. Lakukan hal itu berkali-kali sampai dirasa bagian dalam kaleng sudah bersih. Karena kalau tidak bersih bisa-bisa bekas susu yang lengket menempel pada uang yang nantinya bisa mengotori. Bahkan kalau tidak bersih bisa juga mendatangkan semut.

Setelah dicuci, kemudian keringkan dengan cara dijemur. Setelah dipastikan kering, kita bisa memulai untuk membuat lubang tempat memasukkan uang. Bentuk lubangnya sama seperti bambu tadi. Kalau kaleng, cukup gampang kok membuat lubangnya. Hanya dengan memakai pisau tajam juga cukup.

Menurut saya kaleng yang tidak dicat juga tidak terlalu mengganggu pemandangan. Lagian itu kan cuma celengan, tidak perlu dong dipamer-pamerkan buat pajangan. Cukup disimpan dalam kamar saja. Namun kalau mau, mengecatnya juga boleh. Alternatif lain untuk membuat tampilan enak dilihat adalah dengan membungkusnya dengan kertas bungkus kado. Lilitkan kertasnya ke seluruh permukaan kaleng, ya seperti kertas merk aslinya itu loh.

Selain kaleng susu, kita juga bisa menggantinya dengan kaleng bekas minuman ringan. Namun kaleng ini ada kekurangannya, yaitu lubang tempat minumnya lumayan lebar sehingga bisa untuk mengintip dalamnya.

Itulah dua benda yang mudah didapat untuk membuat celengan sendiri tanpa harus membelinya di toko-toko. Niat kita kan mau menabung biar hemat, ngapain coba jika harus membeli celengan yang harganya mahal? Selanjutnya baca Trik sulap mengubah uang dari kertas kosong biasa


Tags: #atm bank #nilai uang #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
Meskipun sudah lama dikumpulkan, tetapi meme-meme uang
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Dengan berbagai kelebihannya, pencairan uang kiriman melalui
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking adalah salah satu fitur perbankan
Batas maksimal transfer uang menggunakan Western Union (WU)
Batas maksimal transfer uang menggunakan Western Union (WU)
Bicara soal batas pada transfer Western Union
Batas jumlah maksimal pengiriman uang melalui Western Union
Batas jumlah maksimal pengiriman uang melalui Western Union
Kemarin sudah dibahas batas waktu pengambilan uang

Leave a reply "Cara membuat celengan sendiri dari bambu & kaleng bekas"

Must read×

Top