Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg

Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg

Posted on

Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg

Hampir semua orang di dunia kenal Mark Zuckerberg. Dia adalah pencipta situs jejaring sosial nomor satu di dunia, Facebook. Sejak peluncuran, pengguna Facebook terus bertambah, stabil, dan sampai sekarang masih tetap banyak. Padahal media sosial saingannya diisukan mau gulung tikar.

Berkat pengguna yang membludak dari seluruh belahan bumi, pantas saja Facebook mendatangkan kekayaan pada pemiliknya. Bahkan pemilik nama lengkap Mark Elliot Zuckerberg pernah meraih gelar pemuda terkaya di dunia. Bagaimana cara Facebook mendapatkan uang? Silakan baca: Cara Facebook memperoleh keuntungan.

Meskipun bergelimangan harta, tetapi gayahidup Mark Zuckerberg ternyata sederhana dan jauh dari kata mewah. Mengapa? Dengar-dengar dia memang pandai mengatur keuangan dan selalu membeli barang yang dibutuhkan saja. Kira-kira cara hidup hemat apa bagaimana sajakah yang bisa kita tiru darinya? Berikut di antaranya.

Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg

Memakai baju yang nyaman

Meskipun terkenal dan sering menjadi pembicara di berbagai acara, tetapi tampilan milyarder muda itu tetap santai. Pada beberapa kesempatan ia sering terlihat memakai kaos berwarna abu-abu. Orang penting saja berpakaian begitu, apalagi kita?

Padahal kalau mau dia bisa saja membeli pakaian yang paling mahal. Akan tetapi menurut pengakuannya dengan memiliki baju bermodel dan berwarna sama bukan hanya menghemat uang, melainkan juga waktu. Kok bisa? Karena tiap pagi tidak perlu memikirkan mau pakai baju apa. Yang mana tentunya itu membutuhkan waktu meski sekian menit.

Tinggal di rumah sewaan

Tidak hanya pakaian, Mark Zuckerberg juga menerapkan cara hidupnya dalam soal tempat tinggal. Bagi yang belum tau, orang-orang mungkin akan berpikir rumah Bos Facebook itu sangat besar dan megah bagaikan istana. Ternyata perkiraan itu salah.

Entah masih atau tidak, dia sempat hanya sewa rumah meakipun sudah kaya raya. Ada satu quote sangat bagus dan bisa diambil pelajaran darinya, Anda harus menjadikan pikiran terfokus pada mencintai apa yang dilakukan daripada apa yang dimiliki.

Baca juga: Kata-kata mutiara dari Bos Facebook Mark Zuckerberg

Mengendarai kendaraan sederhana

Berlanjut soal kendaraan. Ternyata cara hidup hematnya juga diterapkan dalam hal alat transportasi, bukan hanya pakaian dan rumah saja. Untuk urusan ini, dia tetap setia pada mobil lamanya meakipum sudah tua. Alasannya sangat sederhana, masih aman dan nyaman digunakan.

Perlu diketahui memakai mobil mewah justru membutuhkan budget tinggi. Tidak hanya saat membeli saja yang harus mengeluarkan uang banyak, tetapi perawatannya juga tidak murah. Kalau Anda ingin hidup hemat meakipun memiliki uang banyak, tidak ada salahnya ikuti cara Mark Zuckerberg ini.

Tidak membuang uang untuk hal tidak penting

Menurutnya hidup hemat bukan berarti harus hidup serba kekurangan, melainkan bagaimana cara mewujudkan keinginan. Salah satunya dengan gaya sederhana dan tidak menghambur-hamburkan uang saat melalukan suatu hal.

Sebagai contoh saat Mark Zuckerberg menyelenggaran pernikahan. Dia lebih memilih dirayakan di halaman belakang rumah, bukan tempat yang mewah. Pestanya juga bisa dibilang sangat sederhana, hanya orang-orang terdekatnya saja yang diundang.

Pun setelah menikah. Pasangan pengantin baru itu lebih memilih bulan madu ke tempat-tempat yang umum orang datangi. Bukan tempat eksklusif seperti menyewa pulau khusus. Padahal tidak ada yang meragukan uang yang dia miliki pasti lebih dari cukup untuk membayar semua itu.

Begitulah cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg. Jika peraih gelar pemuda terkaya di dunia saja melakukan kesederhanaan seperti itu, mengapa kita, khususnya saya, yang kere tidak mau?

Selanjutnya baca: 4 tipe orang dalam memakai uang

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *