Cara hemat beli gadget smartphone, tablet, atau notebook

In tips trik uang 4981 views

Cara hemat beli gadget smartphone, tablet, atau notebook

Cara hemat beli gadget – Di zaman sekarang ini, gadget baik smartphone, tablet, ataupun notebook sudah menjadi barang yang lumrah bahkan wajib dimiliki. Jangankan untuk orang yang memang pekerjaannya membutuhkan barang-barang tersebut, orang yang kerjanya tidak tergantung padanya pun rata-rata memilikinya. Tidak bisa dipungkiri memang, fungsi gadget saat ini tidak hanya untuk komunikasi saja, buat mencari informasi dan hiburan pun bisa. Maka jangan heran jika banyak anak-anak yang sudah mempunyainya meski belinya hasil dari merengek orang tua.

Untuk orang komunitas nyeleneh yang tidak patut ditiru, kadang gadget justru dijadikan gaya hidup. Semakin mahal dan canggihnya smartphone yang ia selalu pegang ke mana-mana, menandakan bahwa ia orang berada. Padahal tidak semua fitur yang tersedia tidak semuanya dia butuhkan bahkan anehnya kadang-kadang tidak ngerti gunanya buat apa. Namun demi gengsi, dia selalu upgrade smartphone kalau ada keluaran terbaru yang spesifikasinya lebih tinggi.

Mengikuti gaya hidup orang seperti di atas sangat mahal. Baca deh artikel saya sebelumnya yang berjudul 2 cara mendapatkan uang banyak tanpa modal dan kerja apapun. Gonta-ganti barang terlalu sering justru menghambur-hamburkan uang. Apalagi ini hanya barang gadget. Namun kadang kita berfikir juga, kalau tidak sering upgrade atau ganti ke model terbaru, kita akan kelihatan jadul dan ketinggalan jaman. Untuk mengatasi hal itu, kali ini uangindonesia.com akan mencoba ngasih tips dan trik membeli kebutuhan gadget yang tidak boros namun tetap tidak malu-maluin kalau gadget tersebut dibawa apel ke rumah gebetan.


Cara beli kebutuhan gadget yang tidak boros tapi barangnya tidak jadul dan gak malu-maluin

Cara ampuh memenuhi kebutuhan gadget yang paling hemat adalah beli saja handphone low end alias handphone dengan fitur terbatas, cuma bisa telpon dan sms doang. Namun hp tersebut nantinya tidak bisa buat hiburan seperti multimedia ataupun sosial media semacam facebook, twitter, dll. Apalagi kalau buat nongkrong, bisa-bisa kita akan dikatain sedang hidup di jaman baheula.

Satu-satunya cara biar tidak diledekin teman dan kita tetap bisa menikmati hiburan, mau gak mau harus beli smartphone kelas mid end atau bahkan high end. Nah berikut inilah panduan beli smartphone, tablet, ataupun laptop dengan harga mahal tapi kalau dihitung-hitung dengan cermat justru hemat.

1. Tentukan budget

Hal yang paling utama adalah tentukan dulu berapa anggaran uang yang anda sediakan untuk membelinya. Untuk kebutuhan gadget, anda tidak perlu memotong jatah makan apalagi harus hutang. Cukup lihat saja berapa banyak uang nganggur anda. Dan uang nganggur tersebut bukan pula tabungan anda. Ya semacam uang hasil ngumpulin sisa-sisa jajan dan makan gitu lah.

2. Tentukan kebutuhan gadget tersebut fiturnya mau buat apa

Jika budget anda minim, lihat kembali kebutuhan anda akan gadget tersebut buat apa saja. Kalau kebutuhan anda hanya telpon, sms, dan musik doang, belilah gadget dengan fitur standar alias tidak usah yang canggih-canggih amat. Bila butuhnya hanya untuk gaya hidup, belilah yang sebanding dengan teman-teman anda. Bila teman-teman anda didominasi orang kaya dan gadgetnya keren-keren, ini masalah buat anda.

3. Tentukan merk dan spesifikasi

Setelah mengetahui kebutuhan anda akan gadget, sekarang pilihlah spesifikasi yang paling cocok mendukung kebutuhan anda. Maksudnya, misal anda butuhnya buat memotret dan multimedia lainnya, maka carilah spesifikasi gadget yang handal dibagian itu. Karena biar bagaimanapun spesifikasi gadget beda-beda.

Anda bisa membandingkan antar spesifikasi dengan melihat di internet atapun majalah yang khusus mengulas tentang gadget.

Setelah ditentukan, jangan lupa pilih merk-nya. Adakalanya merk juga mempengaruhi kualitas, keawetan, garansi, dan lain-lain. Pilihlah merk yang sudah terkenal saja. Meski harganya sedikit mahal tapi sebenarnya lebih hemat jika harus beli merk abal-abal yang gampang rusak.

4. Belilah spesifikasi tertinggi yang mampu anda beli

Di sinilah rahasianya biar membeli gadget tapi tidak cepat jadul meskipun perusahan pembuat gadget tiap tahun mengeluarkan produk terbarunya dengan penambahan fitur sedikit demi sedikit.

Jika anda membeli gadget setengah-setengah, kemungkinan gadget tersebut akan dirasa jadul oleh anda hanya selang waktu satu tahun kedepan. Akhirnya anda tiap tahun akan menggantinya dengan yang lain. Pembelian dengan cara begini kalau dihitung-hitung justru boros.

Cara yang benar adalah belilah dengan spesifikasi tertinggi yang mampu anda beli. Dengan begini gadget tersebut akan terasa jadul kalau sudah sekitar 5 tahun kedepan. Dan saat barupun anda akan puas karena telah menggunakan gadget canggih.

5. Belilah ditempat promosi atau pameran

Sebelum berangkat membeli, rajin-rajinlah cari info tempat yang mengadakan promosi atau pameran. Biasanya hari minggu ditempat-tempat mall ada acara beginian. Atau dihari tertentu pada toko-toko online. Pokoknya sebelum beli survey harga dulu. Dan biasanya ditempat yang sedang mengadakan pameran dan promosilah yang paling murah.

Selain paling murah, biasanya juga mereka ngasih hadiah lain berupa tas tempat laptop, cover atau casing handphone, mouse, atau aksesoris lainnya. Bahkan ada juga yang memberikan cashback cukup besar. Kan lumayan tuh.

Begitulah 5 cara hemat beli gadget, entah itu smartphone atau handheld, tablet, ataupun notebook/netbook yang saya lakukan setiap kali saya butuh gadget baru. Saya akan memilih spesifikasi tertinggi yang mampu saya beli dan tentunya yang sesuai kebutuhan saya. Setelah ketemu merk dan tipe yang sesuai, saya akan membelinya ditempat yang sedang mengadakan promosi atau pameran. Saya sendiri ganti gadget 4-5 tahun sekali, tapi kalau dibandingkan dengan teman-teman di lingkungan saya, gadget saya tidak begitu jadul atau ketinggalan jaman. Setelah 5 tahun barulah terasa jadul, dan setelah itu beli baru lagi yang canggih.


Tags: #arti uang #tips dan trik #uang lainya

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Cara menghemat selama bulan Puasa
Cara menghemat selama bulan Puasa
Sekilas bulan Puasa orang-orang tampak lebih hemat
7 pengeluaran menjelang lebaran yang harus disiapkan
7 pengeluaran menjelang lebaran yang harus disiapkan
Saya yakin hampir semua anak menyambut lebaran
8 peluang bisnis pada bulan Ramadan untuk menambah penghasilan uang
8 peluang bisnis pada bulan Ramadan untuk menambah penghasilan uang
Tidak terasa sebentar lagi bulan puasa Ramadan.
Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg
Cara hidup hemat ala Mark Zuckerberg
Hampir semua orang di dunia kenal Mark
Biaya ambil kiriman uang di Western Union
Biaya ambil kiriman uang di Western Union
Sebelumnya sudah dibahas Syarat pengambilan uang di
Syarat pengambilan uang di Western Union
Syarat pengambilan uang di Western Union
Syarat pengambilan uang di Western Union pada

Leave a reply "Cara hemat beli gadget smartphone, tablet, atau notebook"

Must read×

Top