Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali

In uang lainnya 15387 views

Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali

Kemarin di uangindonesia.com masuk sebuah komentar yang menanyakan cara ganti PIN kartu ATM untuk pertama kali. Pertanyaan aslinya seperti gambar screenshot di atas. Penanya tidak menginformasikan lebih detail kartu debit apa yang dimilikinya: apakah BRI, BNI, BCA, MANDIRI, DANAMON, atau lainnya.

Meskipun tidak disebutkan nama banknya, tetapi mengganti PIN kartu ATM dari masing-masing bank penerbit caranya tiada beda. Isi menu mesin ATM dari bank apapun hampir sama semua. Jadi, walaupun tutorial berikut mungkin tidak menggunakan kartu ATM keluaran dari bank yang sama dengan penanya, tetapi semoga saja mencerahkan dan bisa diterapkan hingga berhasil.

Artikel terkait: Panduan menggunakan ATM lengkap


Kartu ATM baru sudah dikasih PIN oleh CS (Customer Service) bank

Saat nasabah mendapatkan kartu ATM baru, entah dapatnya barengan saat buka rekening atau susulan, sebenarnya kartu tersebut sudah disertai PIN. PIN (Personal Identification Number)-nya terdiri dari angka berjumlah enam digit. Berdasarkan pengalaman saya, 6 digit angka tersebut terbentuk dua cara.

Pertama: Pada saat pembuatan kartu ATM, setelah CS menggesekannya ke mesin EDC, pasti Anda diminta untuk memasukkan angka 6 digit. Tidak tanggung-tanggung, memasukkannya, yang caranya dengan pencet-pencet angka tersebut bahkan diulangi sampai dua kali. Nah, enam digit angka itulah PIN kartu ATM Anda. Anda harus ingat-ingat, jangan sampai lupa.

Kedua: PIN dikasih standar dan dimasukkan pada sebuah amplop. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah mendapatkan PIN kartu ATM dengan cara ini dulu-dulu (hampir puluhan tahun yang lalu). Tepatnya di bank BRI tipe Britama.

Saat itu kartu ATM tidak bisa didapatkan di hari yang sama dengan pembuatan rekening. Tepatnya harus menunggu seminggu kemudian. Meski merepotkan karena harus bolak-balik, tetapi keuntungannya nama saya tercetak pada kartu ATM tersebut.

Untuk sekarang-sekarang ini, saya coba bikin rekening di BCA, BNI, bahkan BRI, saya mendapatkan kartu beserta PIN-nya seperti cara yang pertama (berbarengan di hari yang sama dengan pembuatan rekening).

Baca juga: Cara membuat kartu ATM BCA BNI BRI MANDIRI Dll biar ada namanya

Proses atau tahap-tahapan cara mengganti PIN kartu ATM untuk pertama kali

Jika Anda mendapatkan PIN kartu ATM seperti cara pertama, sebenarnya PIN tersebut sudah aman dan tidak perlu diganti. Anda hanya perlu menggantinya secara berkala tiga bulan sekali. Namun, bila Anda tetap ingin menggantinya sekarang, tetap bisa juga, terserah.

Sedangkan jika mendapatkan PIN barunya seperti cara kedua, disarankan menggantinya segera mungkin (dulu sih harus menggantinya setelah 1×24 jam).

Jika ini pertama kali Anda menggunakan ATM, mengganti PIN memang terasa menakutkan, takut terjadi kesalahan dan rasa gugup susah dihilangkan. Padahal, perasaan-perasaan tersebut justru mengganggu. Menggunakan ATM sebaiknya dengan rasa tenang dan tidak panik. Dengan begitu bisa lebih fokus dan kesalahan bisa diminimalkan.

Setelah menemukan mesin ATM dan siap, masukkanlah kartu ke lubangnya. Ingat, posisi kartu masuk yang benar adalah bagian pita hitam di bawah. Atau di bawah slot lubang masuk biasanya ada gambar contoh posisi kartu yang pas. Atau bisa juga dengan mengamati bagian depan kartu ATM Anda: mayoritas ada tanda panah yang menunjukan bagian tersebut dimasukkan lebih dulu.

Bagaimana kalau kita memasukkan kartu ATM-nya terbalik? Tenang, beberapa mesin lubangnya akan tetap tertutup (tidak menerima/menarik kartu), sebagian lagi ada yang menarik tetapi kemudian langsung mengeluarkannya lagi.

Baca juga: Mengapa PIN kartu ATM harus diganti maksimal tiga bulan sekali secara berkala?

Jika memasukkannya dengan posisi yang sudah benar, maka layar akan muncul “PILIH BAHASA”. Anda pilih saja bahasa Indonesia. Kemudian Anda disuruh masukkan PIN. Nah PIN yang tadi di atas saya jelaskanlah yang harus Anda masukkan. Masih minta dijelaskan caranya? Dengan mengetik papan tombol yang berada di bawah layar monitor.

Setelah PIN cocok, layar akan menampilkan tulisan beberapa nominal angka. Angka-angka tersebut bisa Anda pilih/tekan tombol di sampingnya bila ingin tarik tunai. Namun jika ingin mengubah PIN, carilah tulisan “LAINNYA”, “TRANSAKSI LAIN”, atau “MENU LAINNYA”. Opsi tersebut biasanya berada di kanan/kiri paling bawah. Tekanlah menu tersebut.

Kemudian layar akan menampilkan beberapa menu lainnya. Yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mencari dan memilih tulisan “UBAH/GANTI PIN”. Setelah ditekan, layar akan menampilkan halaman pengubahan PIN.

Beberapa ATM ada yang langsung meminta masukkan PIN baru. Namun beberapa mesin lain ada yang meminta Anda memasukkan PIN yang saat ini aktif terlebih dahulu baru kemudian PIN baru. Apa pun itu, sebaiknya Anda baca komando/petunjuk di layar dengan teliti. Memasukkan PIN baru sebanyak dua kali sebagai tanda konfirmasi.

Jika sudah pada tahap ini, artinya kartu ATM Anda sudah berhasil diganti PIN-nya. Selanjutnya mesin akan langsung mengeluarkan kartu Anda secara otomatis. Namun, beberapa mesin akan menawarkan apakah Anda ingin melakukan transaksi lain atau tidak. Bila tidak, tekan pilihan “TIDAK” dan kartu ATM akan keluar disusul kertas struk bukti pergantian PIN telah dilakukan dengan sukses.

Baca juga: Pakai cara ini bila struk ATM bukti transaksi tidak keluar

Ambil segera kartu ATM dan struk lalu kemudian pulang. Bila penjelasan tahap-tahap cara ganti PIN kartu ATM di atas masih tetap membingungkan, silakan lihat video tutorial berikut.


Tags: #atm bank #e-banking #kartu debit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Ciri-ciri rumah dimasuki tuyul pencuri uang
Ciri-ciri rumah dimasuki tuyul pencuri uang
Pernahkah Anda di rumah kehilangan uang secara
Ciri-ciri orang memelihara pesugihan tuyul
Ciri-ciri orang memelihara pesugihan tuyul
Dalam cerita masyarakat Indonesia, khususnya Jawa, tuyul
Ciri-ciri uang hilang diambil tuyul dan cara mengetahuinya
Ciri-ciri uang hilang diambil tuyul dan cara mengetahuinya
Tidak semua orang percaya adanya tuyul. Jadi,
Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul
Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul
Oleh orang-orang yang mengaku memiliki kemampuan melihat
Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul
Cara menangkal agar uang tidak diambil tuyul
Zaman sekarang masih ada yang percaya tuyul
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
Tidak punya duit atau yang biasa disebut
  1. author

    Hannan4 months ago

    Ini saya gak tau pin ATM saya Karna kemarin yang bikin barengen

    Reply
  2. author

    Hannan4 months ago

    Ini saya gak tau pin ATM saya Karna kemarin yang bikin barengan

    Reply
    • author
      Author

      Sarah4 months ago

      Saat dibikin kan Anda diminta membuat PIN (saat diminta masukkan PIN pada mesin kecil/EDC). Itu nomor PINnya

Leave a reply "Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali"

Must read×

Top