Cara dan syarat buka rekening TabunganKu Bank Mandiri Syariah (BSM)

Cara dan syarat buka rekening TabunganKu Bank Mandiri Syariah (BSM)

Posted on

Cara dan syarat buka rekening TabunganKu Bank Mandiri Syariah (BSM)

Cara dan syarat buka rekening TabunganKu Bank Mandiri Syariah (BSM) –┬áTabunganKu adalah salah satu jenis rekening bank yang diluncurkan pemerintah pada 20 Februari 2010 saat Pak Susilo Bambang Yudhoyono masih menjabat sebagai presiden Indonesia. Tujuan program ini untuk meningkatkan gemar menabung pada masyarakat sehingga hidup lebih sejahtera. Tipe tabungan ini bisa didapatkan di hampir semua bank di Indonesia, termasuk Mandiri.

Tidak hanya pada bank Mandiri konvensional saja, BSM atau Bank Syariah Mandiri juga mengeluarkan produk Tabungan yang di mana-mana biaya administrasinya lebih kecil ini. Jadi bagi anda yang mempersoalkan bunga/riba tentu akan lebih memilih TabunganKu BSM.

TabunganKu sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis., yaitu Fitur Standar (Mandotary) dan Customized (Optional). Perbedaannya, Fitur Standar di bank manapun mempunyai aturan dan syarat sama. Sedangkan Customized, beda bank bisa saja berbeda mengenai fitur dan layanannya. Maka dari itu sebelum buka rekening TabunganKu di bank mana, ada baiknya riset dulu di masing-masing bank. Tujuannya biar mendapatkan yang sesuai kebutuhan dan memperoleh fitur selengkap mungkin.

Sebaiknya dibaca: Cara membuka rekening Tabungan BNI iB Hasanah

Syarat buka rekening TabunganKu BSM

TabunganKu terkenal sebagai rekening yang syarat pembuatannya tergolong ringan. Apalagi di bank syariah, pasti akan lebih dipermudah lagi. Selain setoran awalnya bisa lebih kecil, juga tidak perlu NPWP segala seperti layaknya buka di bank konvensional.

  1. Kartu identitas. Bisa KTP, SIM, ataupun Paspor.
  2. Setoran awal minimal Rp20.000,00 untuk rekening tanpa KTP, dan Rp80.000,00 jika ingin ada kartu ATM.

Banyak yang tanya apakah KTP biasa, belum elektronik, bisa untuk mengajukan pembuatan rekening baru? Untuk saat ini agak susah. Kalau KTP anda belum elektronik, saran uangindonesia.com bikin dulu di kecamatan/kelurahan masing-masing. Caranya sangat gampang, silakan tanya google saja hehe…

Bagaimana jika tempat dikeluarkan KTP tidak sewilayah dengan lokasi bank yang akan dituju untuk buka rekening TabunganKu (misal KTP daerah/kampung tapi bikin rekeningnya di bank cabang Jakarta), katanya KTP elektronik bisa digunakan secara nasional? Itu memang betul. Tapi dibutuhkan syarat tambahan khusus. Seperti misalnya KTP harus dalam keadaan baik (tidak rusak) dan disertai kartu identitas lain (SIM/KK, dll). Bila tidak ada, mau tidak mau harus disertai surat keterangan domisili dari RT dan RW setempat.

Baca juga: Kendala yang sering muncul saat bikin rekening dan solusinya

Cara buka rekening TabunganKu bank Mandiri syariah

Proses pembuatan rekening TabunganKu BSM kurang lebih sama seperti buka rekening lainnya. Anda cukup bawa 2 persyaratan di atas dan langsung saja menuju ke kantor cabang BSM terdekat.

Sesudah sampai di sana, ambillah nomor antrean customer service. Jangan keliru dengan nomor antrean yang untuk teller. Karena teller hanya melayani setor, tarik tunai, pembayaran, dan sebagainya. Kalau saya sendiri biasanya sih tanya dulu ke satpam yang selalu stand by di depan pintu masuk.

Setelah menghadap dan anda bilang mau buka rekening baru, Customer Service pasti akan menjelaskan beberapa produk tabungan yang tersedia di Mandiri Syariah lengkap dengan syarat bikin, kelebihan, dan kekurangannya. Kalau dari rumah anda sudah memantapkan diri memilih TabunganKu, ya langsung saja menanyakan info tipe ini lebih detail.

Jika sudah paham dan menyatakan setuju dengan ketentuan-ketentuannya, anda akan dikasih formulir aplikasi pendaftaran rekening TabunganKu. Isilah dengan benar dan teliti. Kalau ada yang membingungkan, tanyakan pada CS saja secara langsung. Formulir pendaftaran ini berisi umum saja. Seperti anda harus menulis nomor KTP, nama, alamat, pekerjaan, nama ibu kandung, dan sebagainya.

Setelah selesai, serahkan kembali formulir kepada CS. Kemudian dia akan sibuk membuatkan buku tabungan TabunganKu atas nama anda. Dan jika anda tadi minta sekaligus ada fitur ATM, di sini juga dia akan mengaktifkan satu kartu untuk anda. Setelah bagian belakang ditandatangani dan dipandu mengganti PIN standar, kartu TabunganKu BSM sudah bisa aktif detik itu juga.

Sebenarnya sampai di tahap ini rekening TabunganKu BSM sudah jadi. Namun, anda kan belum melakukan setor tunai. Jadi CS akan menyerahkan buku tabungan tadi ke teller. Tunggu saja sampai teller memanggil anda. Tunggunya di bangku tempat orang-orang antre ya. Kasih kesempatan CS untuk melayani orang lain yang mau buka rekening baru juga.

Setelah dipanggil, menujulah ke teller untuk melakukan setor awal. Di sini juga tempat anda membayar biaya pembuatan rekening baru tadi. Seperti misalnya mengganti harga meterai Rp6.000,00 yang tadi ditempel di tempat pendaftaran, bayar buku tabungan dan kartu ATM baru. Namun berdasarkan pengalaman saya, yang bayar cuma meterai saja. Buku tabungan dan kartu ATM baru pada rekening TabunganKu BSM tidak dikenakan biaya alias gratis.

Usai uang setoran awal diserahkan dan dimasukkan ke saldo dengan bukti print out di buku tabungan, maka selesailah prosesnya. Anda sudah boleh pulang sambil bawa buku tabungan dan kartu TabunganKu BSM-nya (kartu debit/kartu ATM). Oh ya, TabunganKu di Mandiri syariah ini ada fitur e-banking berupa mobile banking dan net banking. Jika anda ingin mengaktifkan, saran saya mintalah pada CS saat anda selesai dibuatkan buku tabungan tadi. Ini lebih menguntungkan dibanding jika harus meregistrasikan sendiri di ATM.

Baca juga: Cara mengurus buku tabungan dan kartu ATM hilang sekaligus

Biaya buka rekening TabunganKu BSM / Bank Syariah Mandiri dan biaya administrasi per bulannya

TabunganKu adalah produk tabungan yang ditujukan untuk masyarakat umum agar gemar menabung. Untuk menyukseskan program itu maka biaya pembuatan rekening TabunganKu dibuat semurah mungkin. Khusus untuk bank Mandiri syariah, berikut inilah detail biayanya.

  • Bebas biaya administrasi
  • Kalau pakai ATM, biaya pemeliharaan kartu Rp2.000,00 per bulan.
  • Biaya penggantian buku hilang atau rusak atau lainnya Rp0,00.
  • Setoran awal Rp20.000,00 (tanpa ATM) dan Rp80.000,00 (dengan ATM).
  • Setoran selanjutnya minimal bisa Rp10.000,00.
  • Saldo minimum setelah penarikan Rp20.000,00 (tanpa ATM) dan Rp50.000,00 (dengan ATM).
  • Penarikan tunai paling kecil Rp100.000,00 kecuali pada saat penutupan rekening.
  • Biaya penutupan rekening Rp20.000,00.
  • Rekening dormant (tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut)
  • Biaya penalti Rp2.000,00 per bulan.
  • Untuk rekening dengan saldo kurang dari Rp20.000,00 maka rekening akan ditutup otomatis oleh sistem dengan biaya sejumlah sisa saldo tersebut.

Keuntungan atau kelebihan TabunganKu Bank Syariah Mandiri

Meskipun dengan setoran awal dan biaya administrasi bulanan yang ringan, tapi TabunganKu Mandiri syariah memberikan kelebihan yang tidak kalah dengan yang lain. Diantaranya sebagai berikut:

  • Rekening TabunganKu BSM berdasarkan akad wadhi’ah yad dhamanah yang mana sistem hitungannya seperti nasabah menitipkan uang ke bank. Tidak ada bunga/riba yang menurut sebagian ulama hukumnya dosa. Namun meskipun begitu, tabungan ini bisa saja mendapatkan bonus sesuai kebijakan bank Mandiri syariah.
  • Sudah menggunakan sistem online di seluruh outlet BSM sehingga bisa setor, tarik tunai, transfer, dan transaksi lain di cabang BSM manapun secara real time.
  • Mendapatkan fasilitas kartu TabunganKu. Kartu ini bisa berfungsi sebagai kartu ATM maupun kartu debit buat belanja di merchant yang menyediakan mesin EDC.
  • Menyediakan fitur e-banking berupa mobile banking dan net banking.
  • BSM bekerja sama dengan banyak merchant, dengan begitu pemegang kartu bisa memperoleh banyak bonus atau potongan harga.
  • Kemudahan dalam membayar infak/zakat/sedekah.
  • Tabungan tipe ini khusus perorangan. Tidak dibenarkan non-perorangan berupa badan usaha ataupun pasangan.
  • Nasabah hanya diperbolehkan memiliki 1 rekening di 1 bank.

Baca juga: Cara agar kartu ATM ada nama kita

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang cara dan syarat buka rekening TabunganKu bank Mandiri syariah (BSM). Meskipun di atas saya kira sudah tuliskan lengkap, tapi bila pembaca rasa ada hal yang ingin ditambahkan, kritik, saran, bahkan pertanyaan, silakan utarakan saja di komentar bawah ini. Saya akan balas secepat mungkin dan mengucapkan banyak-banyak terima kasih.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

2 thoughts on “Cara dan syarat buka rekening TabunganKu Bank Mandiri Syariah (BSM)

  1. Saat ini pem ukaan rekening bank semakin mudah dan aimple aja …semoga kedepannya semakin baik pelayanan dan keamanan bank di indonesia

  2. Ooo..gitu ya gan.. ada rencana buka rek Mandiri. Soalnya kalau di BRI transfer adsense kena potongan.. salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *