Cara dan syarat bikin rekening TabunganKu BNI terbaru

In uang lainnya

Cara dan syarat bikin rekening TabunganKu BNI terbaru – Pada saat saya hendak buka rekening BNI Syariah iB Hasanah yang bisa bebas biaya administrasi kemarin, ternyata tidak bisa dikarenakan cabang bank yang saya tuju khusus tabungan konvensional. Menurut informasi yang saya dapatkan dari satpamnya, BNI Syariah sudah dipisah divisi. Jadi kalau mau tabungan dengan sistem islami itu harus datang ke cabang BNI yang memang khusus melayani syariah.

Meskipun di situ saya tetap melanjutkan bikin rekening BNI tipe Taplus yang Alhamdulillah bisa tanpa syarat Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ), saya sempat tanya-tanya dulu ke CS apakah ada produk tabungan BNI yang bebas biaya administrasi? Ternyata ada, yaitu TabunganKu.

Buat pembaca yang sedang mencari info mengenai rekening yang bebas biaya bulanan, khususnya dari BNI, semoga tulisan berikut bisa sedikit menambah referensi. Memang saya saat itu tidak ambil tipe ini, namun info ini saya dapat sumbernya dari Customer Service BNI langsung. Jadi bisa dipastikan benar dan kemungkinan besar sama aturannya dengan kantor cabang BNI di tempat lain.


Sekilas tentang TabunganKu

TabunganKu adalah program pemerintah yang diluncurkan pada 20 Februari 2010 oleh Pak Susilo Bambang Yudhoyono yang waktu itu masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, bersama Gubernur Bank Indonesia. Tujuan diadakan TabunganKu untuk menumbuhkembangkan sikap masyarakat agar gemar menabung. Untuk itu, selain persyaratan bikinnya gampang dan dibebaskan biaya administrasi bulanan, TabunganKu juga ada tidak hanya di BNI saja, di bank lain seperti Mandiri, BCA, BRI, BNI, Danamon, CIMB Niaga, Panin Bank, Bank Permata, BII, BTN, Bank Mega, BPD, dan lainnya juga melayani pembuatan rekening tipe ini.

Berdasarkan informasi yang sumbernya dari http://www.bi.go.id, jenis TabunganKu ada 2, yaitu:

1. Fitur Standard (Mandatory) adalah fitur produk TabunganKu yang harus diterapkan secara seragam oleh seluruh bank yang meluncurkan produk TabunganKu, yaitu:

  • *) Rekening Dorman adalah rekening yang tidak melakukan transaksi selama 6 (enam) bulan berturut-turut. Apabila saldo rekening mencapai < Rp20.000,00 (Bank Umum) atau < Rp10.000,00 (BPR/Syariah), maka rekening akan ditutup oleh sistem dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.
  • **) Bunga/Bonus Wadiah dihitung berdasarkan saldo harian dan tidak progresif dan dibayarkan mengikuti periode pembayaran masing-masing bank.

Cara dan syarat bikin rekening TabunganKu BNI

2. Fitur Customized (Optional) adalah fitur produk TabunganKu yang dapat dipilih untuk diterapkan oleh bank. Bank dapat memberikan tambahan fitur lainnya kepada produk TabunganKu seperti buku tabungan, lembar statement, kartu ATM atau layanan jasa perbankan lainnya, selama tidak melanggar kesepakatan bersama.

Yang poin nomor 2 itulah alasan mengapa setiap bank kadang beda aturan, syarat, dan lainnya mengenai produk tabungan ini. Dan khusus artikel kali ini, uangindonesia.com akan bahas TabunganKu yang dari BNI konvensional, bukan TabunganKu yang dari bank lain. Oh ya, di BNI Syariah juga ada TabunganKu loh. Tapi keduanya beda syarat dan aturan lainnya. Artikel berikutnya deh saya akan bahas ini. Silakan tunggu besok atau cek artikel yang terbit setelah ini ya…

Syarat buka rekening TabunganKu BNI konvensional

Karena jenis rekening ini adalah program pemerintah yang targetnya masyarakat umum bahkan orang biasa untuk gemar menabung uangnya di bank, maka untuk menyukseskan tujuan itu dibuatlah syarat segampang mungkin untuk membuatnya. Antara lain sebagai berikut:

  1. KTP elektronik asli
  2. Uang buat setoran awal minimal Rp20.000,00

Seperti membuat rekening lain, syarat yang diperlukan adalah kartu identitas yang umumnya berupa KTP. Saat ini yang diterima hanya KTP elektronik, sedangkan KTP biasa biasanya akan ditolak.

Saat buka rekening biasa, setoran awal minimum yang umum diwajibkan antar Rp250.000,00 – Rp500.000,00. Nah khusus untuk tipe TabunganKu, khususnya di BNI, bisa lebih kecil, yaitu Rp20.000,00 saja.

Dua persyaratan di atas sudah cukup. Anda tidak diwajibkan membawa NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Namun jika anda memilikinya, tidak ada salahnya di bawa untuk jaga-jaga siapa tau CS menanyakan dan anda tidak perlu balik pulang ke rumah hanya untuk mengambil itu.

Cara dan syarat bikin rekening TabunganKu BNI

Cara bikinnya hampir sama seperti buka rekening biasa. Pertama cari dulu alamat cabang BNI terdekat. Setelah ketemu, langsung saja masuk dan ambil nomor antrean Customer Service. Untuk memastikan tidak salah ambil, anda bisa tanyakan atau minta tolong Pak Satpam yang biasanya stand by di pintu masuk. Dia akan senang hati membantu anda. Oh ya, jangan lupa persyaratan di atas di bawa ya !

Jika nomor antrean anda sudah dapat giliran dilayani CS, utarakan saja maksud anda tanpa malu-malu, yaitu mau buat rekening TabunganKu. Nanti dengan ramahnya Mbak/Mas CS yang selalu tampilannya menarik untuk dilihat akan menjelaskan dengan detail mengenai produk tabungan ini. Yang dijelaskannya antara lain syarat, biaya, kelebihan, kekurangan, dan sebagainya.

Setelah anda sudah menyatakan setuju, CS akan memberikan beberapa formulir aplikasi pendaftaran. Isilah form tersebut sampai selesai. Tenang saja, kalau ada bagian yang anda tidak pahami bisa langsung tanyakan padanya. Bahkan seringnya CS mau baik hati memandu calon nasabahnya dari awal sampai akhir.

Isi dari formulir pendaftaran tersebut hanyalah kita disuruh mengisi identitas saja. Seperti misalnya nomor identitas KTP, nama, tempat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, pekerjaan dan tempat kerja di mana, jumlah gaji per bulan, nomor telepon (bisa diganti dengan nomor handphone), nama ibu kandung, dan sebagainya.

Setelah selesai nanti CS akan sibuk membuatkan buku tabungan atas nama anda. Lalu buku tersebut di antar ke bagian teller. Anda di suruh menunggu sampai teller memanggil anda. Di tempat teller inilah anda diminta menyerahkan uang minimum Rp20.000,00 buat setoran awal. Bahagianya, uang jumlah uang tersebut masuk ke saldo rekening baru itu dan tertulis / print di buku tabungannya. Setelah itu selesai, anda telah sukses membuat rekening TabunganKu BNI baru. Anda boleh pulang ke rumah sambil bawa buku tabungannya.

Baca juga: Cara dan syarat daftar rekening BNI Taplus

Biaya bikin rekening TabunganKu BNI

Selain bebas biaya administrasi bulanan, kelebihan lain dari TabunganKu BNI adalah gratis biaya buku tabungan baru. Di rekening tipe lainnya, buku tabungan baru kebanyakan bayar loh. Harganya antara Rp5.000,00 – Rp15.000,00.

Tapi untuk urusan meterai yang ditempel saat pendaftaran, di mana-manapun harus bayar. Termasuk juga di TabunganKu ini. Harganya murah, Rp6.000,00 saja. Selain itu tidak ada biaya lagi saat pembukaan rekening.

Kelebihan rekening TabunganKu BNI

Kelebihannya sangat banyak. Sebagian sudah saya tuliskan di atas. Tapi kalau harus dituliskan ulang dan sertakan yang lainnya, antara lain sebagai berikut:

  • Persyaratan bikinnya yang gampang.
  • Setoran awal kecil, Rp20.000,00 saja sudah cukup.
  • Bebas biaya administrasi bulanan (sebagai pembanding, rekening tipe Taplus BNI kira-kira Rp11.000,00).
  • Dapat buku tabungan dan itu gratis.
  • Seandainya buku tabungan hilang atau sudah habis/penuh, biaya gantinya juga gratis.
  • Bisa setor dan tarik tunai di cabang BNI manapun, tidak harus di cabang tempat buka rekening.

Kekurangan TabunganKu BNI

Karena ini gratis, maka kekurangannya pun ada. Tapi tenang saja, hanya sedikit dan bagi sebagian banyak orang yang memang tujuannya bikin rekening untuk menabung masih bisa mentolerirnya.

  • Tidak dapat Kartu ATM ( debit card ). Sejak 1 Oktober 2015 BNI tidak memberikan fasilitas ATM dan internet banking bagi nasabah rekening tabunganku.
  • Tidak bisa menikmati fitur layanan e-banking ( ATM, SMS banking, M-banking, internet banking, dan phone banking).

Persyaratan dan biaya lain dari TabunganKu BNI

  • Satu orang hanya boleh bikin satu rekening saja, kecuali bagi orang tua yang mau membuatkan rekening untuk anaknya yang masih di bawah umur.
  • Tidak diperkenankan untuk digunakan sebagai rekening bersama.
  • Rekening tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut (dorman) dikenakan Rp20.000,00 per bulan.
  • Rekening dorman dengan saldo ≤ Rp 20.000,00, maka rekening akan ditutup oleh system dengan biaya penutupan rekening sebesar sisa saldo.
  • Transaksi penarikan melalui Teller di Kantor Cabang BNI maksimal 2 kali per bulan tidak dikenakan biaya. Untuk transaksi ke-3 dan seterusnya dalam bulan yang sama dikenakan biaya Rp. 1.000,00/transaksi.
  • Saldo minimum rekening (setelah penarikan) adalah Rp.20.000,00.
  • Jumlah minimum penarikan di Teller sebesar Rp.100.000,- kecuali pada saat nasabah ingin menutup rekening.
  • Biaya penutupan rekening atas permintaan nasabah adalah Rp.20.000,00.

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang Cara dan syarat bikin rekening TabunganKu BNI terbaru. Di atas sudah saya tuliskan dengan lengkap bahkan disertakan kelebihan dan kekurangannya. Selanjutnya baca: Kendala yang sering muncul saat bikin rekening bank dan solusinya


Tags: #atm bank #kartu debit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Selain bank, Pegadaian, dan Kantor Pos, pengambilan
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Kemarin di uangindonesia.com masuk sebuah komentar yang
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Pertumbuhan jual beli online sudah menjamur seperti
  1. author

    nano5 months ago

    Pa sayah mau buka rekening baru

    Reply
    • author
      Author

      admin5 months ago

      bikin saja Gan. Syarat dan caranya sudah saya jelaskan di atas

      Reply
  2. author

    Bram Kusuma5 months ago

    Saya beberapa hari lalu mau bikin tabunganku di BNI, tapi harus menyertakan surat keterangan tidak mampu. Saya jadi kesal sekali

    Reply
  3. author

    setyo wid4 months ago

    mau buka tabunganku BNI di sidoarjo jawa timur tapi nggak punya ktp asli sini. apakah bisa?

    Reply
    • author

      Sarah4 months ago

      Pakai surat keterangan domisili

      Reply
  4. author

    lukas3 months ago

    misal ktp saya sumatera, tapi saya kerja di kalimantan apa bisa buat dikalimantan tanpa harus pake keterangan domisili masalahnya saya dipertambangan yg berpindah pindah wilayahnya…
    katanya ktp elektrik bisa digunakan seindonesia….apakah benar tidak ada pasilitas atm nya kalau ingin mintadibuatkan atmnya ada caranya gak khusus tabunganku…

    Reply
    • author

      Sarah3 months ago

      Seharusnya iya, kalau sudah e-KTP bisa digunakan di mana saja. Namun, kenyataannya tidak begitu, banyak cabang Bank yang mengharuskan Surat keterangan Domisili jika KTP-nya tidak sewilayah.

      Kalau pekerjaan Bapak pindah-pindah, saran saya bikin rekeningnya saat sedang cuti kerja saja, di kota kelahiran. Namun bila harus bikin sekarang, bisa kok pakai surat rekomendasi dari perusahaan tempat bapak kerja.

      Masalah tabunganKU BNI, saya dengar memang begitu, tidak ada fasilitas kartu ATM-nya. Kalau mau ada kartu ATM, bikin saja rekening selain TabunganKU. Oh ya, di BNI Syariah katanya bebas biaya administrasi bulanan seperti TabunganKU loh, tetapi bisa dapat kartu ATM juga.

      Reply
  5. author

    lussy2 months ago

    Kalau mau bikin buku rekening sama ATM bagaimna bisa tdk?

    Reply
    • author

      Sarah1 month ago

      TabunganKU BNI sekarang tidak pakai kartu ATM. kalau mau ada, pilihnya rekening biasa saja

      Reply
  6. author

    bambang2 months ago

    Saya pernah mau bikin tabungan di bni pas masuk bank ditanya satpamnya mau ngapain saya jawab mau buka rekening baru terus kata dia suruh melengkapi syarat ada yang katanya pake surat keterangan dari tempat kerja padahal saya belom kerja kalo egak pake nomor telfon rumah tapi yang dari telkom saya juga egak ada terus gimana ? Mohon bantuannya

    Reply
  7. author

    Dedi Styawan2 months ago

    Sayang, nggak dapat ATM :(

    Reply
    • author

      Sarah1 month ago

      Iya rekening tabunganKU BNI sekarang gak ada kartu ATMnya

      Reply
  8. author

    Andini4 weeks ago

    sial gak dapat ATM,

    Reply

Leave a reply "Cara dan syarat bikin rekening TabunganKu BNI terbaru"

Must read×

Top