Cara Daftar SMS Banking Mandiri Via Mesin ATM

Posted on

Cara Daftar SMS Banking Mandiri Via Mesin ATM

Cara Daftar SMS Banking Mandiri Via Mesin ATM. Melanjutkan postingan artikel kemarin yang berjudul Cara Buka Rekening Bank Mandiri Terbaru. Di tutorial tersebut intinya kalau kita daftar rekening baru, sebaiknya sekalian daftarkan nomor handphone kita biar bisa mengakses sms-banking. Tidak hanya bank Mandiri saja loh, BCA, BNI maupun BRI harusnya sebaiknya seperti itu.

Namun apabila anda sudah terlanjur bikin rekening dan saat itu lupa mendaftarkan layanan ini, jangan kuatir, masih ada cara untuk mendapatkannya.

Sekilas Tentang Pengertian SMS Banking

Sms banking adalah salah satu layanan perbankan yang bisa dinikmati nasabahnya untuk mengakses rekening tabungannya hanya dengan melalui perangkat handphone yang biasa dipegangnya. Hal-hal yang bisa dilakukan dengan sms banking antara lain: Tranfer dana, pembayaran, dan pembelian. Apa yang bisa ATM lakukan, sms banking juga bisa, kecuali tarik tunai. Sesuai dengan namanya, cara kerja SMS banking adalah dengan cara mengirim SMS dengan format tertentu dan dikirim ke nomor yang telah ditentukan. Nantinya nomor tersebut akan mendapat sms balasan sesuai format yang yang tadi dikirimnya.

Sedangkan keuntungan SMS banking adalah kita bisa kapan saja dan di mana saja mengakses rekening bank mandiri kita selama 24 jam. Namun dibalik keuntungannya ada kekurangannya juga. Yaitu biaya sms yang lumayan tinggi, di atas biaya sms biasa. Biasanya tiap operator beda-beda. Untuk mengakalinya, saya sendiri sangat jarang menggunakan sms banking, saya lebih suka Internet Banking Mandiri. Saran saya sih, dua-duanya daftarkan saja.

Ngomong-ngomong sms banking, sebenarnya ada satu lagi layanan perbankan yang bisa diakses menggunakan handphone juga, namanya m-banking atau dengan nama lain mobile banking. Karena medianya sama-sama menggunakan handphone, banyak masyarakat yang tidak bisa membedakannya, dikiranya sama. Faktanya adalah beda, silakan baca Perbedaan SMS Banking dan M-Banking untuk lebih jelasnya.

Syarat dan Cara Mendaftarkan Nomor Hp untuk Akses SMS Banking Mandiri

Cara yang paling efektif adalah yang seperti tadi saya bilang, daftarkan langsung pada saat baru membuka rekening tabungan Bank Mandiri. Jika saat mendaftar rekening anda terlanjur tidak sekalian meregistrasikan sms banking, cara paling efektif yang kedua ialah datang ke kantor cabang bank mandiri terdekat.

Setelah datang ke sana, jangan malu-malu minta dikasih tunjuk satpam petugas mana yang mengurusi pendaftaran SMS banking, biasanya sih bagian Customer Service, bukan yang teller.

Jika sudah dihadapan petugas, langsung kasih tunjuk beberapa persyaratannya. Antara lain:

  1. Kartu Identitas. Bisa berupa KTP, SIM maupun Paspor.
  2. Buku tabungan dan kartu ATM Bank Mandiri sebagai bukti kepemilikan rekening.
  3. Nomor sim card pada handphone yang nanti akan digunakan untuk sms banking.

Setelah semua syarat dipenuhi, tunggu sebentar biar petugas memprosesnya. Waktunya tidak terlalu lama kok. Jika telah selesai, nomor hp anda akan mendapat sms notifikasi. Itu artinya nomor hp anda sudah siap untuk digunakan.

Selain cara di atas, ada satu lagi, namun kurang efektif. Iyalah dengan ATM, tidak perlu datang ke kantor cabang. Namun cara ketiga ini saya anggap kurang memberikan hasil maksimal. Kenapa? Karena kalau kita mendaftar sms banking via ATM, maka hanya bisa untuk transaksi non tunai, alias tidak bisa melakukan transfer, bayar tagihan, maupun pembeluan. Lebih tepatnya hanya bisa digunakan untuk cek saldo dan lihat mutasi history saja.

Bagaimana, apakah anda tetap ingin meregistrasikan nomor hp anda untuk sms banking menggunakan ATM? Jika iya, ikuti petunjuk di bawah ini.

Cara Meregistrasikan Nomor Hp Untuk SMS Banking Bank Mandiri Menggunakan ATM

  • Cari ATM terdekat
  • Setelah ketemu, seperti biasanya, masukan kartu ATM anda
  • Masukan PIN
  • Lalu pilih “Transaksi lainnya” kemudian pilih lagi “Daftar e-banking”
  • Kemudian pilih “Daftar SMS Banking”, kemudian masukkan no.HP Anda dengan benar.
  • Kemudian buatlah PIN sebanyak 6 angka, kemudian konfirmasikan.
  • Dan selesai, No.HP Anda sudah terdaftar di SMS Banking Mandiri. Biasanya nanti akan mendapatkan SMS dari 3355.

Ingat ya seperti yang sudah tadi saya katakan, Cara Daftar SMS Banking Mandiri via ATM tidak dapat menikmati semua fitur layanan secara full, ada fitur tertentu yang tidak bisa digunakan. Seperti, transaksi finansial berupa transfer dana, pembayaran, pembelian, dan sebagainya. Artinya hanya bisa digunakan untuk cek saldo, lihat mutasi history, dan sebagainya. Maka dari itu jika ingin menikmati semua fitur, datanglah ke kantor cabang bank Mandiri terdekat dan minta nomor hp nya diaktifan sms bankingnya.

Tambahan: Aplikasi Buat SMS Banking Bank Mandiri

Cara kerja SMS banking adalah dengan mengirimkan sms ke nomor yg telah ditentukan dan isi sms-nya berupa kode format tertentu. Sebenarnya kode formatnya sih tidak rumit-rumit banget, namun bagi sebagian orang menghafalkan kode adalah hal yang susah. Maka dari itu biasanya masing-masing bank meluncurkan aplikasi yang bisa diinstal di smartphone. Dengan aplikasi ini nantinya nasabah tidak perlu menghafalnya, tinggal klik dan klik saja. Jika anda ingin menginstalnya, saran saya pilihlah aplikasi yang resmi dan diluncurkan oleh pihak bank anda. Tentunya demi keamanan juga. Kalau perlu tanyakan langsung pada petugas bank jika Anda kebetulan di sana.

Karena biasanya aplikasi tersebut hanya bisa diinstal di smartphone dengan sistem operasi tertentu, ada kalanya tidak cocok jika diinstal di handphone anda. Mau tidak mau ya anda harus tau kode format sms banking jika ingin menggunakannya. Untuk hal ini, di artikel berikutnya kita akan bahas Kode Format SMS Banking Mandiri Lengkap.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

2 thoughts on “Cara Daftar SMS Banking Mandiri Via Mesin ATM

    1. sudah diaktifkan sms bankingnya melalui CS bank atau cuma lewat ATM saja? kalau lewat ATM saja memang tidak bisa transaksi finansial (transfer, belanja, dll), cumanya bisa cek-cek doang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *