Cara Daftar Dan Aktivasi SMS Banking Bank BNI Via ATM

In uang lainnya

Cara Daftar Dan Aktivasi SMS Banking Bank BNI  – Setelah beberapa hari saya sudah menerbitkan artikel cara mendaftar atau buka rekening bank BNI, sekarang saatnya saya melengkapi tulisan mengenai BNI tersebut dengan tutorial cara mengaktifkan nomor hp kita biar bisa digunakan untuk sms banking bank BNI.


Pengertian SMS Banking Dan Perbedaannya dengan M-Banking

Sms banking adalah transaksi perbankan dengan melalui sms dengan hp yang dikirimkan dengan format perintah tertentu dan dikirimkan ke nomor tertentu yang sudah disesuaikan oleh masing-masing bank. Dan untuk sms banking bank BNI, nomor yang dituju adalah 3346. Sedangkan format sms perintahnya, pada artikel berikutnya saya membahasnya. Untuk saat ini kita bahas cara aktivasinya dulu, karena untuk bisa menikmati layanan sms banking, di bank manapun syarat wajibnya harus mendaftarkan nomor hp kita yang akan digunakan untuk sms banking, dan setelah itu baru diaktifkan.

m-banking

Yup begitulah cara kerjanya. Selain sms-banking sebetulnya ada satu lagi layanan transaksi perbankan yang bisa diakses dengan hanphone loh, yaitu m-banking. Meskipun masyarakat awam banyak yang mengira sama, namun sebenarnya dua layanan ini sangat berbeda. Persamaannya hanya sama-sama diakses dengan menggunakan handphone. Sedangkan perbedaannya adalah kalau sms banking adalah menggunakan metode sms yang diketik, namun kalau m-banking menggunakan menu sim-card yang tinggal klik-klik saja. Coba lihat pada ponsel anda dan buka menu sim-cardnya. Kalau anda menemukan tulisan m-banking seperti di atas, itu artinya anda sedang membuka menu m-banking.

Aplikasi SMS Banking dan M-Banking BNI

Saat ini banyak aplikasi yang bisa di instal dan kemudian aplikasi tersebut bisa digunakan untuk transaksi perbankan. Apakah aplikasi tersebut sms banking atau m-banking? Jawabannya adalah tergantung. Seandainya aplikasi tersebut di akhir perintahnya yang kita klik ternyata mengirim sms dan kena biaya sms, maka aplikasi tersebut sebenarnya sms-banking. Dan fungsi aplikasi tersebut hanya mempermudah kita agar tidak mengetik format perintah. Namun bila aplikasi tersebut ternyata tidak mengirim sms, maka aplikasi tersebut adalah aplikasi m-banking alias mobile banking.

Kedua layanan tersebut bisa didapatkan kalau kita sudah mengaktifkan nomor hp kita. Saat ini jika orang daftar rekening tabungan baru, biasanya langsung ditawarkan untuk mengaktifkannya saat itu juga di depan petugasnya.

Namun bila nomor hp anda ternyata belum didaftarkan, tenang saja kita masih bisa mendaftarkannya lewat mesin ATM. (Tapi sepertinya untuk sms banking saja. M-bankingnya harus didaftarkan dengan mendatangi kantor cabang dan minta bantuan petugasnya).

***

Mendaftarkan nomor hp kita untuk sms-banking BNI via ATM pun ada kekurangannya. Yaitu kita cuma bisa transaksi non finansial saja seperti cek saldo, informasi tagihan, mutasi rekening, dan mengubah nomor PIN sms banking serta fasilitas bantuan. Sedangkan transaksi finansial seperti pembayaran tagihan maupun isi ulang pulsa, transfer dan lain sebagainya, baru kita bisa menikmatinya setelah nomor hp kita diaktifkan oleh pihak bank. Caranya, datang ke kantor cabang terdekat dan tak perlu malu untuk mengutarakan keinginan kita.

Jadi saran saya, meskipun kita bisa mendaftar sms banking BNI via mesin ATM, tapi akan lebih tepat jika kita mendaftarnya dengan datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Namun jika anda tetap ingin mendaftarkannya via mesin ATM (mungkin malas ke kantor cabang, dan sms bankingnya hanya sekedar digunakan untuk keperluan cek saldo, informasi tagihan, mutasi rekening, dan mengubah nomor PIN sms banking serta fasilitas bantuan), baiklah uangindonesia.com akan memberikan tutorialnya dengan lengkap.


Cara Daftar SMS Banking Bank BNI Via ATM

Untuk mendaftarkan nomor hp kita biar bisa untuk akses sms banking bank BNI dengan melalui mesin ATM, ikuti tahap-tahap berikut di bawah ini:

  • Syarat pertama tentu anda harus sudah punya rekening tabungan di bank BNI dan kartu ATMnya.
  • Kemudian carilah mesin ATM BNI terdekat.
  • Masukan kartu ATM dan passwordnya seperti biasanya. Kemudian carilah menu “Registrasi e Channel”. Setelah diklik, pilih lagi menu “SMS banking BNI” kemudian masukan nomor hp yang akan digunakan untuk melakukan transaksi sms banking.
  • Setelah nomor hp dimasukan, biasanya anda disuruh untuk bikin PIN baru untuk SMS banking. Ingat ya, PIN ini beda dengan PIN ATM. Meskipun sebenarnya bisa disamakan, tapi banyak yang menyarankankan untuk buat yang berbeda. Namun saran saya, hal itu terserah anda hehe.
  • Setelah proses di atas selesai, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti registrasi ATM BNI. Telephone selular anda juga akan mendapatkan sms sukses dari 3346 karena telah melakukan registrasi.

Semua prosea selesai dan anda sudah bisa mulai untuk mencobanya dengan mengetik beberapa format perintahnya. Format-format perintah tersebut bisa anda lihat di sini: Kode Perintah SMS BAnking BNI

Penutup

Seperti yang sudah saya katakan di atas, daftar sms banking via mesin ATM hasilnya hanya bisa digunakan untuk transaksi non-finansial. Untuk bisa menikmati semua layanan yang biasa dilakukan pada layanan sms-banking, anda harus mengaktifkannya di kantor cabang BNI dengan syarat-syarat sebagai berikut:

  • Datang ke kantor cabang BNI sambil membawa kartu identitas bisa berupa KTP, paspor, maupun SIM.
  • Bukti bahwa anda memiliki rekening. Biasanya dengan membawa buku tabungan BNI serta kartu ATM nya.
  • Nanti di sana anda akan dibantu mengaktifkannya. Bahkan kalau sudah selesai, mungkin anda akan dibantu untuk mencobanya sambil dipandu oleh petugasnya. Saran saya sebelumnya anda masuk kantor bank, isi pulsa dulu nomor hp anda biar nanti gak malu, hehe. Soalnya sms banking per sms kena biaya pulsa yang lumayan mahal 500 – 1.000. Saya sendiri lebih suka internet banking. Asal kita sudah punya koneksi internet, maka tidak akan kena potongan pulsa lagi. Lebih hemat menurut saya.

Tags: #atm bank #bank indonesia

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Alasan PIN ATM jumlahnya tidak lebih banyak dari 6 digit
Alasan PIN ATM jumlahnya tidak lebih banyak dari 6 digit
Saat ini rata-rata PIN ATM terdiri dari
Cara dan syarat bikin atau daftar rekening BCA terbaru
Cara dan syarat bikin atau daftar rekening BCA terbaru
Sebelumnya uangindonesia.com memang sudah pernah membuat artikel
Pengambilan uang kiriman Western Union di bank
Pengambilan uang kiriman Western Union di bank
Saat mendapat kiriman uang Western Union, Anda
Batas waktu pengambilan uang kiriman Western Union
Batas waktu pengambilan uang kiriman Western Union
Western Union menggunakan jaringan internet dalam melayani
  1. author

    Ersan wijaya1 year ago

    Maaf yaa ingin tau aja

    Reply
  2. author

    maklampir1 year ago

    sms banking: hanya bisa transaksi non finansial, kalaw
    m-banking: bisa ga melakukan transaksi finansial

    Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      keduanya bisa asal nomor hp nya sudah diaktifkan oleh petugasnya

      Reply
  3. author

    jo1 year ago

    klo misalnya saya ingin ganti nomor hp yg sudah terdaftar di sms banking itu gmn caranya???thx

    Reply
    • author

      jo1 year ago

      tolong donk kasi tau caranya soalnya nmr yg lama sudah ga aktif lg..

      Reply
      • author
        Author

        admin1 year ago

        nomor yang lama yang mana?

        Reply
    • author
      Author

      admin1 year ago

      datang ke kantor cabang bank etrdekat saja. nanti di sana akan diurus dan nomor yg lama dihapus

      Reply
  4. author

    gunawansyah12 months ago

    pagi bos..
    saya mo nanya sekalian minta bantun..
    kode pin sms bangking saya terblokir..saya
    bisa di buka ngak bos blokiran pin sms banking saya tanpa harus ke bni cabang memingat iniharilibur dan saya butuh dana untuk bertransaksi..??emegensi bos..

    Reply
    • author
      Author

      admin12 months ago

      coba saja hubungi call center BNI di nomor 1500046

      Reply
  5. author

    Hariadi11 months ago

    Gimna cara aktif kan internet banking ya

    Reply
    • author
      Author

      admin11 months ago

      daftarin dulu ke bank. nati dapat username dan passwordnya buat login

      Reply
  6. author

    heru budi11 months ago

    Pagi bang…nO sya. Terdaptar.. tpi sya Ga.bisa menggunakan SMS Banking nya… selalu gagal

    Reply
    • author
      Author

      admin10 months ago

      pesan gagalnya ada peringatan apa?

      Reply
  7. author

    hendry agustian10 months ago

    Pagi bang. Saya sudah ke atm buat aktivasi internet banking. Tp waktu register id kan d kirimi kode konfirmasi ke no tersebut bang tp kok kode yg d maksud tidak ad. No yg tertera itu pun no waktu awal bukak tabungan. Bantuan nya bang tolong. Trimakasih

    Reply
    • author
      Author

      admin10 months ago

      daftar internet banking BNI mendingan datang ke kantor cabang saja biar sekaligus dikasih token. kalau registrasi hanya lewat ATM tidak bisa untuk transaksi finansial. bisanya cuma cek saldo dan lihat mutasi saja

      Reply
  8. author

    Mariana Margaretha5 months ago

    Izin bertanya,saya belum daftar sms banking maupun m banking.
    Tapi saya belum sempat datang ke banknya langsung.
    Bisa ga saya daftar kalo cuman melalui hp saya langsung??

    Reply
    • author

      Sarah5 months ago

      daftarnya cuma bisa datang ke bank secara langsung ATAU VIA ATM

      Reply
  9. author

    paramitha3 months ago

    mau tanya dong saya kan udah daftar mobile banking d atm, tp koq ga dpt user id buat login d aplikasinya yah? niatnya k atm biar ga hrs k bank dl gt, klo kyk gini berarti ttp hrs k bank kan?

    Reply
    • author

      Sarah3 months ago

      urus ke kantor bank langsung saja Mbak. Kalau cuma lewat ATM gak bisa transaksi finansial (transfer, belanja, dll), cmanya bisa cek saldo dan cek lainnya doang

      Reply
  10. author

    didik3 months ago

    Klo hub. Call Center BNI, Bebas biaya g’ ya?

    Reply

Leave a reply "Cara Daftar Dan Aktivasi SMS Banking Bank BNI Via ATM"

Must read×

Top