Cara aktivasi sms banking BSM (Bank Syariah Mandiri)

In uang lainnya

Cara aktivasi sms banking BSM (Bank Syariah Mandiri)

Cara aktivasi sms banking BSM (Bank Syariah Mandiri) – Meskipun biaya administrasinya lebih murah bahkan tipe tertentu ada yang gratis, tapi soal fitur Bank Syariah Mandiri tidak kalah lengkap. Selain mendapatkan kartu debit yang sekaligus berfungsi sebagai kartu ATM, rekening di bank yang biasa disingkat BSM ini juga bisa menikmati e-banking berupa SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Perkembangan zaman seperti sekarang membuat hampir setiap orang memiliki handphone. Dengan adanya sms banking yang bisa dioperasikan cukup dengan telepon genggam di tangan tentu membuat nasabah makin nyaman. Mereka tidak perlu datang ke outlet BSM atau cari ATM kalau hanya untuk transaksi non-tunai. Cukup dengan mengirimkan sms dengan format dan dikirimkan ke nomor yang ditentukan sudah bisa untuk cek saldo, transfer, isi ulang pulsa, bayar tagihan PLN, dll.

Setiap pemilik rekening tabungan dan giro BSM bisa menikmati layanan yang sangat memudahkan untuk transaksi ini. Namun agar handphone kita bisa digunakan untuk melakukan semua itu terlebih dahulu harus didaftarkan. Lebih tepatnya nomor SIM Card kita yang harus diregistrasikan atau diaktivasi.

Ke mana harus meregistrasikannya, ke operator seluler atau ke Bank Mandiri Syariahnya? Sebenarnya hampir semua sim card operator seluler sudah bisa melakukan sms banking. Agar bisa terhubung dengan nomor rekening yang kita miliki, harus diregistrasikan ke bank tempat kita membuka rekening. Dan kabar baiknya, cara aktivasi sms banking BSM sangat gampang.

Baca juga: Pengertian dan perbedaan akad wadiah dan mudharabah dalam bank syariah


Syarat agar bisa menikmati sms banking BSM

Sebelum anda berniat datang ke kantor cabang BSM untuk mengaktifkan sms banking, ada baiknya diperhatikan syarat-syarat berikut:

  • Sudah memiliki rekening Tabungan BSM dan Tabungan Giro BSM.
  • Saldo di rekening minimum Rp100.000,00.
  • Siapkan satu nomor hp yang mau digunakan untuk transaksi sms-nya.
  • Indosat: Matrix, IM3, Mentari
    – Telkomsel: Kartu HALO, Simpati dan As
    – Excelcomindo: Xplor, Bebas, Jempol

Baca juga: Macam-macam produk Bank Mandiri Syariah

Cara aktivasi sms banking BSM di kantor cabang

Mendaftarkan sms banking sebenarnya bisa dilakukan di semua kantor cabang BSM. Tapi biar tidak ada kendala, ada baiknya anda ke cabang tempat dulu buka rekeningnya. Soalnya, beberapa bank ada yang cabangnya tidak bisa untuk meregistrasikan sms banking kalau cabang tersebut bukan tempat dulu bikin rekeningnya.

Aktivasi sms banking sebetulnya bisa dilakukan pada saat anda buka rekening. Cara ini justru lebih gampang. Selain tidak perlu bolak-balik, juga tidak perlu mengisi formulir tambahan.

Namun bila anda dulu sudah terlanjur belum diaktifkan dan sekarang butuh, selain persyaratan di atas anda juga perlu bawa KTP yang masih berlaku, buku tabungan dan kartu debitnya sebagai bukti tanda kepemilikan. Jika sudah lengkap, segera tuju ke kantor cabang BSM terdekat.

Sampai di sana segeralah ambil nomor antrean CS. Bila sudah dapat giliran dilayani, langsung saja katakan padanya ingin aktivasi sms banking sambil tunjukkan persyaratan-persyaratan di atas. Tanpa lama-lama, petugas akan memberikan anda formulir pendaftaran sms banking. Setelah terisi, serahkan kembali pada CS biar dia segera mengurusnya. Proses ini awal sampai selesai bisa lebih singkat dari pada buka rekening.

Manfaat sms banking BSM

Setelah proses di hadapan CS tadi selesai, anda sudah boleh langsung pulang. Dan ini artinya nomor hp yang tadi anda kasih padanya sudah bisa untuk melakukan transaksi sms banking.

Jenis transaksi apa saja dan bagaimana formatnya akan kita bahas di artikel berikutnya saja. Kali ini kita ngomongi manfaat sms banking dulu.

  • Bisa untuk melakukan transaksi non-tunai kapan saja dan di mana saja.
  • Real time meskipun transaksi transfer ke bank lain (internet banking hanya real time kalau transfer sesama bank. Kalau antar bank mau real time, harus transaksi dalam jumlah besar).
  • Tidak perlu repot-repot mencari ATM yang kadang antre panjang.
  • Tidak perlu datang ke outlet BSM yang hanya buka pada jam kerja.
  • Biaya transaksi relatif murah.

Itulah cara aktivasi sms banking BSM (Bank Syariah Mandiri) beserta syarat dan manfaatnya. Seperti yang uangindonesia.com katakan di atas, untuk format atau kode sms yang harus diketik kita bahas besok saja. Jadi ditunggu ya…

Artikel terkait silakan baca:

  1. Kelebihan dan kekurangan sms banking vs internet banking
  2. Perbedaan sms banking dan mobile banking

Tags: #e-banking #Mandiri #sms banking

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Selain bank, Pegadaian, dan Kantor Pos, pengambilan
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Kemarin di uangindonesia.com masuk sebuah komentar yang
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Pertumbuhan jual beli online sudah menjamur seperti

Leave a reply "Cara aktivasi sms banking BSM (Bank Syariah Mandiri)"

Must read×

Top