Syarat daftar BSM mobile banking dan cara menggunakan untuk transaksi

In uang lainnya 7851 views

Syarat daftar BSM mobile banking dan cara menggunakan untuk transaksi – Fitur e-banking pada BSM atau Bank Syariah Mandiri ada tiga, yaitu sms banking, mobile banking, dan net banking. Mengenai sms banking, sebelumnya sudah kita bahas mulai dari cara registrasi, cara transaksi, kode perintah yg harus diketik, sampai biaya yang dikenakan. Jika ingin membacanya silakan klik SMS BSM.

BSM sms banking sedikit lebih ribet. Kita harus mengetik kode perintah pada menu sms lalu kirim ke nomor yang sudah ditentukan. Masing-masing transaksi memiliki kode yang berbeda. Jadi harus hati-hati karena salah kode sedikit pun bisa gagal. Tapi tenang saja, ada solusi lain yang tidak tidak mengharuskan seribet itu, cukup klik-klik saja. Apakah itu? BSM mobile banking !

Persamaan BSM sms banking dengan BSM mobile banking sama-sama bisa digunakan menggunakan handphone. Perbedaannya, kalau sms banking cukup dengan sms jadi hp basic (low end, fitur terbatas) pun bisa, sedangkan mobile banking harus menggunakan telepon genggam yang memiliki fitur minimal GPRS/EDGE/3G/BIS dan WIFI.

Kelebihan BSM mobile banking dibanding BSM sms banking salah satunya terletak pada cara penggunaan, lebih simpel dan lebih gampang. Mengapa? Karena untuk transaksinya dengan bantuan aplikasi yang bisa diinstal di smartphone Blackberry, android, iphone, dan sebagainya. Jadi tinggal buka aplikasi dan klik-klik saja sesuai petunjuk perintah yang tertera pada layar. Bagaimana soal biaya? Hampir sama lah dengan BSM sms banking. Gimana apakah anda tertarik untuk mengaktifkan fitur ini? Berikut inilah caranya.

Baca juga: Format atau kode perintah yang harus diketik saat transaksi menggunakan BSM sms banking


Syarat daftar BSM mobile banking

Meregistrasikan BSM mobile banking sebenarnya bisa dilakukan berbarengan dengan pembukaan rekening. Itu justru lebih menyingkat waktu karena tidak harus bolak-balik bahkan tak perlu mengisi formulir pengajuan aktivasi mobile banking.

Namun bila rekening tabungan BSM anda terlanjur belum terdaftar mobile banking, anda masih bisa mengajukannya di kantor cabang BSM manapun dan waktunya tentu pada saat jam kerja. Sebelum datang ke sana, harus persiapkan dulu syarat-syarat berikut ini.

  • Anda sudah memiliki rekening tabungan atau giro BSM.
  • Rekening tersebut harus yang sudah ada fitur ATM.
  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor.
  • Bawa buku tabungan dan kartu debit-nya.
  • Siapkan handphone dengan fitur minimal GPRS/EDGE/3G/BIS dan WIFI.

Cara daftar BSM mobile banking

Setelah syarat di atas sudah siap, segera datang saja ke kantor cabang BSM terdekat, tidak perlu di cabang dulu tempat buka rekening.

Jika sudah sampai, seperti biasa, ambil nomor antrean CS. Atau lebih gampangnya tanyakan saja pada satpam. Dia pasti dengan senang hati akan membantu.

Bila nomor antrean anda sudah dapat giliran dilayani CS, katakan padanya bahwa anda ingin mengajukan aktivasi BSM mobile banking sambil serahkan syarat-syarat yang tadi di bawa. Lalu CS akan memberikan anda formulir aplikasi pendaftaran BSM mobile banking.

Jika sudah selesai, anda akan mendapatkan kertas mailer berisi kode aktivasi. Kemudian anda disuruh tanda tangan sebagai tanda selesai pengajuan dan terima kertas mailer tersebut.

Download aplikasi BSM mobile banking

BSM mobile banking

Sampai tahap di atas artinya anda sudah sukses mendaftarkan BSM mobile banking. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa untuk melakukan transaksi ini kita menggunakan bantuan aplikasi yang harus diinstal di handphone kita.

Di manakah bisa unduh aplikasi tersebut?

  • Jika anda menggunakan handphone Blackberry, Apple, dan merk lainnya yang sistem operasinya android, silakan download di App World, Google Play Store, App Store dan sebagainya dengan keyword “BSM mobile banking”
  • Untuk ponsel Blackberry dengan OS sebelum BB 10, bisa download di http://mobile.syariahmandiri.co.id , atau Blackberry App World dengan keyword ‘BSM Mobile Banking’.
  • Untuk ponsel Nokia, Sony Ericson atau ponsel dengan platform Symbian yang support java: http://mobile.syariahmandiri.co.id

Catatan:

  1. Pastikan aplikasi BSM Mobile Banking yang akan diinstal offered by / publisher / by PT Bank Syariah Mandiri.
  2. Jika anda menemukan aplikasi yang mencurigakan, lebih baik jangan diinstal apalagi digunakan untuk transaksi.
  3. Jika link di atas tidak bisa didownload, sebetulnya anda juga bisa meminta aplikasi pada CS pada saat pendaftaran tadi.

Baca juga: Pengertian dan perbedaan akad wadiah dan mudharabah dalam bank syariah

Transaksi yang bisa dilakukan dengan BSM mobile banking dan biayanya

BSM mobile banking bisa dibilang mengganti fungsi ATM (tapi tidak semua sih. Untuk tarik uang tunai, tentu ATM masih jadi juaranya). Tapi dengan menggunakan fitur ini kita bisa melakukan transaksi non-tunai tanpa perlu mencari ATM yang mungkin lokasinya jauh sehingga anda malas untuk ke sana. Berikut ini daftar transaksi yang anda bisa lakukan menggunakan BSM mobile banking, dan biaya transaksinya saya sertakan juga.

 No Fitur  Biaya (Rp)
 1  Pembayaran Tagihan PLN  3.000
 2  Pembayaran Zakat  gratis
 3  Pembayaran Infaq  gratis
 4  Pembayaran Premi Asuransi Takaful  3.500
 5  Pembayaran Tiket Garuda  3.000
 6  Pembayaran Tagihan Indosat Postpaid (Matrix)  gratis
 7  Pembayaran Tagihan Indosat Postpaid (Starone Postpaid)  gratis
 8  Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Telkom)  2.500
 9  Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Speedy)  2.500
 10  Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Telkomvision)  2.500
 11  Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Flexi Postpaid)  2.500
 12  Pembayaran Tagihan Telkomsel Halo  gratis
 13  Pembayaran Akademik  2.000
 14  Isi Ulang Voucher Telkomsel (Simpati)  1.500
 15  Isi Ulang Voucher Telkomsel (Kartu As)  1.500
 16  Isi Ulang Indosat Prepaid (Starone Prepaid)  gratis
 17  Isi Ulang Indosat Prepaid (IM3)  gratis
 18  Isi Ulang Indosat Prepaid (Mentari)  gratis
 19 Isi Ulang Telkom Prepaid (Flexi Prepaid)  gratis
 20  Isi Ulang Listrik Prabayar  3.000
 21  Transfer Antar Rekening di BSM  gratis
 22  Transfer Antar Bank Via Jaringan ATM Bersama*  6.500
 23  Transfer Antar Bank Via Jaringan Prima*  6.500
 24  Transfer Antar Bank Via SKN  5.000
 25  Transfer Tunai Via PT POS  25.000
 26  Informasi Saldo Tabungan  500
 27  Informasi Mutasi Rekening Tabungan  gratis
 28  Informasi NAB Reksadana  gratis
 29  Perubahan PIN/Bahasa  gratis
 30  Layanan Kalimat Inspirasional  gratis
 31  Informasi Jadual Shalat  gratis
 32  Pendaftaran Alamat Email  gratis
 33  Menu favorit  gratis
 34  Informasi Informasi kantor & lokasi ATM  gratis
 35  Menu akses langsung Call BSM 14040  gratis
 36  Share aktivitas ke social media  gratis

Cara transaksi menggunakan aplikasi BSM mobile banking

Setelah semuanya sudah beres, rekening sudah diaktivasi BSM mobile banking, hp sudah terinstal aplikasi, dan anda sudah mengetahui biaya-biaya transaksinya, sekarang waktunya bahas cara bertransaksi menggunakan aplikasi tersebut. Caranya sebagai berikut:

  1. Cara cek saldo  menggunakan BSM mobile banking: Buka aplikasi, klik Menu informasi rekening → pilih informasi saldo → pilih nomor rekening → masukkan PIN ATM→ Konfirmasi biaya cek saldo Rp500 → saldo rekening disampaikan.
  2. Cara transfer antar rekening di BSM mobile banking: Buka aplikasi, klik Menu transfer → pilih BSM → pilih nomor rekening → masukkan no rekening tujuan → masukkan nominal → masukkan berita (optional) → masukkan PIN ATM → konfirmasi → transaksi berhasil.
  3. Cara transfer online antar bank menggunakan BSM mobile banking: Buka aplikasi, klik Menu transfer → pilih Non BSM → pilih nomor rekening → pilih Bank Tujuan (Syariah Bank, Local Bank, Foreign Bank atau Other) → masukkan no rekening tujuan → masukkan nominal → masukkan berita (optional) → masukkan nomor referensi (optional) → masukkan PIN ATM → konfirmasi → transaksi berhasil.
  4. Cara pembelian token listrik PLN menggunakan BSM mobile banking: Buka aplikasi, klik Menu Pembelian → pilih pln prepaid → pilih nomor rekening → pilih menu: pilih nominal atau masukkan nominal → masukkan ID Pelanggan PLN → pilih atau masukkan nominal → masukkan PIN ATM → konfirmasi → transaksi berhasil.
  5. Cara pembelian Voucher menggunakan BSM mobile banking, contoh: Telkom Pra Bayar: Buka aplikasi, klik Menu Pembelian → pilih Voucher HP → pilih nomor rekening → pilih operator → masukkan no telepon → pilih nominal voucher → masukkan PIN ATM→ konfirmasi →transaksi berhasil.
  6. Dan lain-lain. Gampang lah pokoknya tinggal klak-klik begitu doang.

Info tambahan lainnya mengenai BSM mobile banking

  • Tidak seperti kartu debit dan mobile banking pada bank kebanyakan yang kalau memasukkan PIN salah tiga kali berturut-turut akan langsung terblokir, di Bank Mandiri Syariah hal itu tidak terjadi. Memang setelah salah PIN 3 kali, baik BSM Card dan BSM mobile banking tidak bisa digunakan lagi di hari itu. Namun, di hari berikutnya, jika anda masih ingat PIN yang benar, anda bisa kembali menggunakannya lagi. Jadi tidak perlu menghubungi pihak bank untuk membuka blokiran.
  • Tapi jika di hari berikutnya anda benar-benar lupa PIN yang benar, solusinya anda bisa menghubungi pihak bank untuk meminta PIN yang baru. Menghubunginya dengan cara datang ke kantor cabang bank terdekat. Syarat yang harus dibawa kartu identitas, buku tabungan dan kartu debit sebagai tanda kepemilikan atas rekening tersebut.
  • Untuk menjaga keamanan rekening, anda sebaiknya hapus semua sms yang masuk dan keluar yang anda kirim dan dapatkan dari hasil melakukan transaksi BSM sms banking. Sedangkan pada handphone yang sudah terinstal aplikasi BSM sebaiknya diaktifkan settingan kunci atau lock pada hp tersebut.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas BSM mobile banking. Mulai dari cara syarat daftar, cara registrasi, biaya, download aplikasi, sampai cara transaksinya sudah uangindonesia.com jelaskan menggunakan bahasa yang saya kira sangat gampang untuk dipahami. Untuk artikel selanjutnya kita bahas fitur e-banking yang satunya lagi, yaitu net banking. Layanan ini juga memiliki banyak kelebihan yang harus anda ketahui. Selanjutnya baca: Macam-macam produk Bank Syariah mandiri.


Tags: #Mandiri #mobile banking #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
21 gambar meme lucu lagi bokek atau gak punya duit
Tidak punya duit atau yang biasa disebut
Siapakah orang termiskin di dunia?
Siapakah orang termiskin di dunia?
Mungkin karena sebelumnya bikin artikel Daftar 10
Bisakah mengambil uang kiriman Western Union (WU) diwakilkan orang lain?
Bisakah mengambil uang kiriman Western Union (WU) diwakilkan orang lain?
Syarat mengambil uang kiriman melalui Western Union
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
10 meme uang baru Indonesia yang diluncurkan kemarin
Meskipun sudah lama dikumpulkan, tetapi meme-meme uang
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Tarif biaya kirim uang Western Union (WU)
Dengan berbagai kelebihannya, pencairan uang kiriman melalui
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking BCA tidak bisa transfer antar bank
SMS banking adalah salah satu fitur perbankan

Leave a reply "Syarat daftar BSM mobile banking dan cara menggunakan untuk transaksi"

Must read×

Top