Biaya administrasi bank Mandiri Syariah Tabungan BSM per bulan

Biaya administrasi bank Mandiri Syariah Tabungan BSM per bulan

Biaya administrasi bank Mandiri Syariah Tabungan BSM per bulan – Ini lanjutan artikel kemarin yang berjudul Cara dan syarat bikin rekening Tabungan BSM & Tabungan BSM Simpatik pada Bank Mandiri Syariah. Saat menyimpan uang di bank pasti kita akan mendapatkan layanan dan fitur yang memudahkan transaksi. Seperti misalnya bisa tarik tunai di ATM mana saja dan kapan saja, transfer dana, pembayaran tagihan atau belanja, isi pulsa, dan sebagainya.

Semua layanan itu mayoritas bayar. Bisa dipotong bulanan otomatis dari saldo dan atau potong setiap kali transaksi. Memang besarnya masih tergolong wajar karena ditimbang-timbang sesuai dengan jasanya. Namun biasanya tarif atau biaya seperti ini antar bank satu dengan bank lainnya beda. Dan jika rekening anda kebetulan di bank Mandiri Syariah Tabungan BSM dan Tabungan BSM Simpatik, tidak ada salahnya juga untuk mengetahuinya.


Biaya pembukaan rekening Mandiri syariah Tabungan BSM dan Tabungan BSM Simpatik

Kita mulai dari biaya atau ongkos saat pembuatan rekening. Pada saat mau bikin pastilah butuh uang buat setoran awal, bayar meterai, bayar buku tabungan baru, bayar kartu debit/kartu ATM. Untuk biaya bensin atau transportasi saat menuju ke sana tidak usah dihitung di sini ya, hehe.

Jenis Tabungan BSM setoran awalnya minimum Rp80.000,00. Bagaimana kalau yang untuk Tabungan BSM Simpatik? Minimal Rp20.000,00. Itu yang tanpa ATM. Kalau mau ada ATM sediakan paling sedikit Rp30.000,00. Setoran selanjutnya keduanya sama, bisa Rp10.000,00.

Setoran awal tersebut akan masuk ke saldo kita. Anda tidak perlu kuatir kalau memang ingin memasukkan sebanyak-banyaknya. Uang tersebut bisa kita ambil lagi sewaktu-waktu.

Berdasarkan pengalaman penulis uangindonesia.com saat bikin rekening Tabungan BSM tidak disuruh ganti biaya meterai yang biasanya sebesar Rp6.000,00. Buku tabungan baru dan kartu debit yang bisa berfungsi sebagai kartu ATM juga gratis.

Namun kalau kartu debit hilang dan mengajukan kartu baru dikenakan biaya Rp15.000,00. Oh ya, kartu debit BSM ada dua jenis, yaitu Reguler dan Gold Priority. Kalau anda suatu saat ingin mengganti dari jenis satu ke lainnya, biaya pemrosesan gratis.

Baca juga: Cara mengurus kartu ATM Mandiri hilang

Biaya administrasi bank Mandiri Syariah Tabungan BSM dan Tabungan BSM simpatik per bulan

Meskipun dapat bunga, eh bukan, di bank syariah dapatnya bagi hasil/nisbah dan bonus, tapi di lain sisi bank juga memotong saldo kita sedikit tiap bulan buat biaya administrasi. Inilah keuntungan yang punya saldo banyak. Nisbah yang diperoleh bisa menutupi biaya itu. Sehingga terasa tidak terpotong apa-apa.

Baik saldo banyak maupun sedikit biaya administrasi bulanan bank Mandiri syariah sama. Yang membedakan cuma kalau jenis rekeningnya lain. Tabungan BSM akad mudharabah muthlaqah per bulannya sebesar Rp7.000,00. Sedangkan akad wadiah dengan produk Tabungan BSM Simpatik Rp2.000,00 (atau sebesar bonus tanpa memotong pokok), dan untuk pemeliharaan kartu debitnya Rp2.000,00 juga.

Lanjut ke saldo minimum yang harus tertinggal di tabungan tersebut. Tipe Tabungan BSM minimal Rp50.000,00 dan Tabungan BSM simpatik Rp20.000,00. Oh ya tutup rekening juga ada biayanya, Rp20.000,00 untuk BSM, Rp10.000,00 untuk Simpatik. Itulah alasan mengapa banyak orang yang ingin menonaktifkan rekening biasanya tanpa ditutup seperti itu. Mereka lebih suka ambil semua saldo sampai tersisa batas minimum, setelah itu biarkan beberapa waktu. Dalam waktu sekian bulan kebanyakan bank secara otomatis akan menonaktifkan rekening tersebut karena saldo habis dipotong biaya administrasi setiap bulan.

Itulah beberapa informasi biaya administrasi bank Mandiri syariah tipe Tabungan BSM dan tabungan BSM Simpatik per bulan yang sebelumnya saya infokan total biaya pembukaan rekeningnya. Di atas adalah biaya yang harus, mau tidak mau, transaksi tidak transaksi, tetap terpotong dari saldo anda secara otomatis. Di luar itu ada biaya yang dikenakan sewaktu transaksi. Misalnya transfer dana ke bank lain lewat ATM. Setiap anda melakukannya ada biaya tambahan sebesar Rp6.500,00. Besok deh saya bahas lebih lengkapnya.

Baca juga: Cara membuat kartu ATM Mandiri biar ada namanya


Tags: #bank indonesia #biaya administrasi #Mandiri

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Selain bank, Pegadaian, dan Kantor Pos, pengambilan
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Kemarin di uangindonesia.com masuk sebuah komentar yang
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Pertumbuhan jual beli online sudah menjamur seperti

Leave a reply "Biaya administrasi bank Mandiri Syariah Tabungan BSM per bulan"

Must read×

Top