Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul
Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul

Benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul

Posted on

Oleh orang-orang yang mengaku memiliki kemampuan melihat makhluk gaib, tuyul digambarkan sebagai sosok anak-anak. Karena alasan ini, meskipun memiliki tugas berat “mencari” uang, ternyata tuyul masih suka bermain. Bahkan, menurut ceritanya, tuyul memilik beberapa benda yang disukai dan ditakuti.

Mungkin sebagian pembaca bertanya, “Apa pentingnya zaman modern sekarang ini membahas makhluk yang keberadaannya diragukan?” Buat yang tidak percaya memang tidak ada gunanya. Namun, buat yang percaya, dengan mengetahui benda yang disukai dan ditakuti itu bisa dimanfaatkan untuk mengecoh atau mengusirnya sebelum uang simpanan benar-benar dicuri oleh tuyul tersebut.

Baca juga: Seperti inikah cara ritual mendatangkan uang gaib?

Benda-benda yang disukai tuyul

Benda-benda berikut ini konon menjadi favorit bagi tuyul. Bila melihatnya, ia akan memainkannya sampai lupa waktu dan perintah tuannya untuk mencuri uang. Oleh sebab itu benda-benda ini sering dimanfaatkan manusia untuk mengecoh makhluk gaib berkepala gundul pelontos itu.

1. Kacang hijau

Jika anak-anak manusia menyukai kelereng yang terbuat dari kaca keras dan berbentuk bulat, maka tuyul pun tidak mau ketinggalan. Bedanya, benda yang dimainkan selayaknya kelereng olehnya bukanlah kelereng beneran, melainkan kacang hijau. Hal ini mungkin dikarenakan badan tuyul yang lebih kecil dibanding bocah manusia.

Atas dasar alasan itu, beberapa orang menyarankan menaruh kacang hijau mentah di dekat uang yang disimpan. Jumlahnya bisa beberapa butir atau setoples kecil tanpa ditutup rapat. Dengan begini, saat tuyul akan mengambil uang akan mengurungkan niat dan lebih memilih bermain dengan kacang hijau.

2. Kepiting

Kepiting bagi sebagian besar manusia memanglah bukan hewan lucu. Apalagi dengan bentuk tubuhnya yang aneh; memiliki berpasang-pasang kaki dan capit besar; menjadikannya terlihat semakin menyeramkan. Namun buat tuyul, binatang ini ternyata sangat disukai untuk dimainkan hingga semalam suntuk.

Pertanyaannya adalah, apakah harus memasukkan kepiting hidup-hidup ke dalam lemari bersama dengan uang agar tidak bisa dicuri oleh tuyul? Tidak. Kepiting cukup ditaruh di luar rumah saja. Biar tidak lari dan menarik perhatian tuyul, ikatlah dengan benang putih dan taburi bunga. Jika menemukannya, tuyul akan bermain dengannya sampai malas untuk masuk ke rumah calon korban.

Benda-benda yang ditakuti oleh tuyul

Benda-benda sebelumnya digunakan untuk mengecoh tuyul agar tidak jadi mencuri uang. Sedangkan benda-benda berikut adalah yang ditakutinya. Sehingga, tuyul akan menjauhi sampai tidak jadi mengambil uang di dekatnya. Benda apa sajakah yang dimaksud?

Baca juga: Cara menangkal agar uang tidak dicuri tuyul

1. Ayat suci

Meskipun masih anak-anak, tetapi tetap saja tuyul masuk kategori mahkluk halus yang jahat. Bagaimana tidak, pekerjaannya mencuri uang milik orang lain. Dan untuk mengusirnya jauh-jauh, sudah bukan rahasia lagi ayat suci diyakini umat manusia beragama sebagai alat yang paling ampuh.

Jadi, saat menyimpan uang, agar tidak dicuri tuyul taruhlah tulisan bacaan doa, potongan ayat, atau bahkan kitabnya langsung dekat uang tersebut. Dengan begitu makhluk gaib kecil itu dijamin tidak akan berani mendekatinya. Jadi dijamin aman deh…

2. Botol bening

Pernah mendengar berita “orang pintar” menagkap tuyul yang meresahkan warga sekitar? Metodenya pasti menggunakan botol bening dan tuyulnya dimasukan ke dalamnya. Setelah lubang tutup ditutup, barulah dijadikan tontonan warga. Entahlah, di dalamnya beneran ada/terlihat atau tidak.

Begitulah ceritanya. Bagi tuyul, botol adalah penjara yang membuatnya bisa terperangkap masuk ke dalam. Sehingga bila melihat botol, tuyul sudah takut terlebih dahulu dan tidak berani mendekat. Jadi, bisalah benda ini dimanfaatkan untuk mengusirnya jauh-jauh dari tempat Anda menyimpan uang.

3. Cermin

Walaupun berupa anak-anak, jangan harap wujudnya sangat imut dan menggemaskan. Menurut beberapa orang, wajah tuyul bukanlah seperti yang ada pada cerita atau film-film. Wujud tuyul yang sebenarnya lebih jelek dari itu, bahkan sangat menyeramkan karena seluruh tubuh ditumbuhi bulu hitam.

Saking menyeramkannya, tuyul sampai ketakutan saat melihat wajahnya sendiri di cermin. Jadi, benda yang bisa memantulkan bayangan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk ditaruh dekat uang simpanan agar aman dan tidak tercuri oleh tuyul. Ukuran cerminnya tidak perlu besar, yang kecil pun bisa.

Benda-benda yang membuat tuyul tidak bisa mengambil uang untuk dicuri

Selain ada benda-benda yang disukai dan ditakuti tuyul seperti di atas, ternyata ada benda lagi yang membuat tuyul sampai tidak bisa mencuri uang jika disimpan berbarengan dengan benda-benda berikut.

1. Karet gelang

Karet gelang bukanlah benda yang disukai ataupun ditakuti tuyul. Akan tetapi, jika Anda menyimpan uang dengan diikat karet gelang, maka tuyul tidak bisa mengambilnya. Mengapa?

Konon katanya, tuyul sebenarnya bukanlah makhluk yang serakah. Saat mencuri ia tidak mengambil semua uang yang ada alias cukup beberapa lembar saja. jika uangnya terikat karet jadi satu, maka tuyul pun tidak sanggup menarik beberapa lembar untuk diambil.

2. Jepitan besi baja

Prinsipnya sama seperti karet gelang di atas. Bedanya, jepitan besi baja ini biasa digunakan pada mesin ATM bank. Jadi, lembaran-lembaran uang di dalamnya dijepit oleh besi-besi baja. Kondisi inilah yang membuat Anda tidak pernah mendengar berita ATM kecurian uangnya oleh tuyul. Benar bukan?

Selanjutnya baca: Inilah alasan mengapa tuyul mencuri uang di rumah warga saja, bukan bank atau ATM yang jelas-jelas banyak uang.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *