Benar Atau Salah Masukan PIN Terbalik, ATM Bunyi Alarm Tanda Bahaya?

Benar Atau Salah Masukan PIN Terbalik Mesin ATM Bunyi Alarm Tanda Bahaya? – Berita perampokan uang yang terjadi di lokasi mesin ATM sudah sering kita dengar. Menanggapi kasus ini, sudah banyak orang memberikan tips dan trik cara memanfaatkan ATM dan menggunakannya yang aman. Mulai jangan ambil uang sendirian di tempat yang sepi sampai tips dan trik yang teknikal.

Benar Atau Salah Masukan PIN Terbalik Mesin ATM Bunyi Alarm Tanda Bahaya?

Akhir-akhir ini di media sosial facebook, twitter, dan sebagainya ramai membicarakan trik yang harus dilakukan bila kita mau tarik tunai tapi di belakang kita dalam bilik ruang ATM ada perampok yang menodong minta uang. Apa yang harus dilakukan? Katanya kita harus tetap tenang tapi diam-diam kita input PIN secara terbalik setelah kartu dimasukan. Dengan cara ini nantinya mesin akan secara otomatis memberitahukan tanda bahaya / alarm ke kantor polisi tanpa sepengetahuan penjahat tersebut. Kemudian selang waktu tidak lama akan datang beberapa orang polisi yang siap membantu anda dan menangkap penodong. Benarkah tips seperti ini bisa bekerja? Yuk bareng uangindonesia.com mari kita bahas bersama-sama.


Benar Atau Salah Masukin PIN Terbalik, ATM Akan Mengeluarkan Bunyi Alarm Tanda Bahaya

Usut punya usut, setelah saya cek sana-sini dari perbagai sumber yang terpercaya, ternyata tips ini hanya HOAX alias bohong semata. Cara input PIN terbalik tidak akan terjadi apa-apa kecuali hanya akses ditolak karena PIN salah. (kecuali kalau PIN Anda angka kembar seperti misalnya 111111, karena angka ini dibalik dari belakang tetap sama, maka yang terjadi adalah mesin akan bekerja seperti biasanya).

Bagaimana penjelasannya agar kita benar-benar yakin bahwa tips ini hanyalah bohong belaka? Caranya pikir saja dengan logika anda, di atas saya sudah sedikit menjelaskan. Seandainya input PIN terbalik benar bisa memberitahukan kantor polisi tanda bahaya, bagaimana nasib orang-orang yang membuat PIN nya kembar atau angka 6 digit simetris (123321, 121121, 345543, dan sebagainya)???. Tentu yang akan terjadi pada mereka adalah mesin akan tetap bisa untuk dipakai ambil uang. Seandainya benar bisa untuk “memanggil” polisi? Berarti orang pemilik PIN kembar selalu didatangi polisi sewaktu menggunakan ATM dong meskipun dia tidak sedang dirampok? Kalau hal ini terjadi, bukannya akan meminimalisir kriminalitas tapi justru makin repot !

Kalau anda tetap tidak percaya, bisa kok dicoba. Cari dan temukanlah mesin ATM terdekat, masukan kartu > pilih bahasa > dan masukanlah PIN anda secara terbalik. Saya yakin peringatan yang tertera di layar monitor hanyalah bertuliskan PIN SALAH, setelah tiga kali anda coba, saya jamin kartu ATM anda akan terblokir dan nanti cara ngaktifkannya lagi harus datang ke kantor cabang bank, pasti  malas kan hehe.

Jadi cara tersebut sekali lagi saya tegaskan adalah tidak benar. Jika anda memang ingin agar aman / terhindar dari rampok pada saat di ruang ATM, ikuti saja tips berikut ini.

Tips Menggunakan ATM Yang Aman

  • Jangan pakai ATM yang lokasinya di tempat yang sepi. Apalagi kalau tengah malam dan Anda sendirian, wajib menghindari.
  • Kalau bisa, jangan pernah Anda tarik tunai sendirian, ajaklah teman atau saudara.
  • Pilihlah ATM yang Anda yakin lokasinya aman. Yang aman biasanya yang letaknya di halaman depan kantor cabang bank dan toko-toko besar.
  • Sebelum memulai menggunakan, cek dulu kondisi mesin. Bila terdapat hal-hal yang mencurigakan, segera tinggalkan saja.
  • Bila anda mengalami masalah saat sedang mengginakan ATM (misalnya, kartu tertelan) jangan gampang menerima tawaran bantuan dari orang yang anda tidak kenal. Bisa jadi orang tersebut hanya pura-pura baik. Lebih baik Anda langsung telpon Call Center bank yang anda pakai untuk meminta segera memblokir kartu ATM tersebut.

Lain-lain

Kembali ke topik di atas tadi. Meskipun tips tadi hanya hoax namun banyak ahli IT yang tertarik untuk mengembangkan teknologi seperti itu. Bukankah ide seperti itu bagus untuk mencegah aksi perampokan di bilik ATM? Dan untuk orang-orang yang mempunyai PIN bolak-balik sama, nanti mesin akan diprogram sedemikian rupa biar tidak menerima pembuatan PIN yang angka dari depan maupun belakang terbaca sama. Sehingga nantinya orang-orang akan bikin PIN dengan kombinasi nomor yang lebih unik.

Ok sekian dulu untuk artikel kali ini yang membahas masalah PIN ATM. Sekedar pengingat, tetap hati-hati ya di manapun dan kapanpun. Terimakasih dan sampai jumpa di tulisan berikutnya.


Tags: #atm bank #kartu debit #tips dan trik

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Pengalaman ambil uang kiriman Western Union di Indomaret
Selain bank, Pegadaian, dan Kantor Pos, pengambilan
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali
Kemarin di uangindonesia.com masuk sebuah komentar yang
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus kembali
Cara merapikan uang kertas lecek agar halus
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Duka-duka jual beli online dari sudut pandang pembeli
Pertumbuhan jual beli online sudah menjamur seperti

Leave a reply "Benar Atau Salah Masukan PIN Terbalik, ATM Bunyi Alarm Tanda Bahaya?"

Must read×

Top