biaya sms banking BSM , limit kartu ATM BN

Cara daftar dan menggunakan Bank Syariah Mandiri internet banking

Posted on

Cara daftar dan menggunakan Bank Syariah Mandiri internet banking – Soal fitur dan layanan, Bank Syariah Mandiri atau yang biasa disingkat BSM tidak mau kalah dengan bank konvensional. Nasabah di bank yang pembuatan rekeningnya didasari akad wadiah atau mudharabah ini juga menyediakan e-banking. E-banking ini terdiri dari ATM, sms banking, mobile banking, dan internet banking. Semuanya bisa digunakan transaksi non-stop 24 jam.

Baik ATM, sms banking, dan mobile banking, di artikel-artikel sebelumnya  sudah pernah membahasnya dengan cukup detail. Karena tinggal Bank Syariah Mandiri internet banking saja yang belum, baiklah kali ini uangindonesia.com akan menguraikannya mulai dari syarat daftar, cara aktivasi, cara menggunakan atau transaksi, sampai biaya administrasi yang dikenakan per bulan dan per transaksinya.

Syarat daftar Bank Syariah Mandiri internet banking

Internet banking merupakan fitur yang diberikan bank kepada nasabahnya untuk mengakses rekening, entah sekedar cek saldo, lihat mutasi atau history, transfer dana, pembayaran tagihan, internet, PLN,,isi ulang pulsa, dan sebagainya cukup menggunakan jaringan internet kapan dan di mana saja.

Di Bank Syariah Mandiri sendiri fitur ini dinamakan BSM net banking. Dan jika nasabah ingin transaksi melalui layanan ini bisa login di https://bsmnet.syariahmandiri.co.id/.

Untuk login dibutuhkan user ID dan password. Agar memiliki keduanya, terlebih dahulu anda harus mendaftarkan, registrasi, atau aktivasi rekening anda masing-masing di kantor cabang BSM terdekat dengan syarat yang harus dipenuhi antara lain sebagai berikut:

  • Sudah memiliki rekening di BSM baik bentuk tabungan ataupun giro.
  • Nasabah perorangan maupun non-perorangan boleh mendaftarkannya.
  • Bawa kartu identitas berupa KTP, SIM, ataupun Paspor.
  • Bawa buku tabungan dan kartu debit BSM sebagai bukti kepemilikan.

Baca juga: Macam-macam produk Bank Syariah Mandiri

Cara daftar Bank Mandiri Syariah internet banking (BSM net banking)

Setelah persyaratan di atas sudah dipersiapkan, langsung saja datangi kantor cabang BSM terdekat. Biar tidak menemukan kendala, saran saya pilihlah kantor cabang tempat dulu buka rekening.

Jika sudah sampai, langsung saja ambil nomor antrean CS (Customer Service). Ingat ya, bukan nomor antrean teller. Kalau bingung, tanyakan pada pak satpam yang selalu stand by di pintu masuk.

Bila nomor antrean sudah mendapat giliran dilayani CS, langsung saja katakan padanya ingin mengaktifkan Bank Mandiri Syariah internet banking atau BSM net banking. Jika dicek persyaratan anda lengkap, maka dia akan segera mengurusnya.

Pertama, anda akan dikasih formulir aplikasi pengajuan BSM net banking. Isilah, dan jika sudah selesai, berikan kembali padanya. Selanjutnya dia akan memberikan anda kertas mailer yang berisi key code. Nah key code inilah berupa user ID, password, PIN otorisasi dan TAN yang nanti kita butuhkan untuk login BSM net banking dan transaksi finansial.

Sampai tahap ini, sebenarnya aktivasi BSM bet banking sudah selesai. Anda sudah boleh pulang dan mencoba sendiri menggunakan komputer/laptop di rumah. Namun biar lebih afdol, anda boleh menanyakan pada CS mengenai cara penggunaannya. Bahkan minta dicontohkannya pun tidak masalah. Dia pasti dengan senang hati memandu anda.

Cara menggunakan BSM net banking atau Bank Syariah Mandiri internet banking

Bank Syariah Mandiri internet banking

Setelah memiliki key code, silakan kunjungi https://bsmnet.syariahmandiri.co.id/. Ingat ya, url untuk login BSM net banking ini tidak boleh salah. Kalau ada url lain tapi tampilan halamannya menyerupai, segera tutup tab dan jangan pernah transaksi di website yang kemungkinan besar dibuat untuk menipu tersebut.

Jika halamannya sudah muncul, segera masukan user ID dan password pada kolom masing-masing. Saat pertama login, anda akan diminta untuk mengganti password dan/atau PIN otorisasi yang diterima dari bank dengan password dan/atau PIN otorisasi yang anda kehendaki. Sedangkan user ID sendiri tidak bisa diganti.

Lalu apa gunanya TAN? Saat anda buka BSM net banking untuk cek saldo, mutasi, dan transaksi non-finansial lainnya, anda cukup memasukkan user ID dan password. Nanti akan masuk akun dan terdapat menu-menu yang bisa anda pilih. Caranya sangat gampang. Kalau anda terbiasa dengan browsing internet, pasti akan cepat paham. Tinggal klik menu cek saldo, dengan segera akan tertera informasinya.

Tapi untuk transaksi finansial berupa transfer, pembayaran, pembelian, dan sebagainya, demi keamanan, kita tidak harus memasukkan user ID dan password saja, tapi harus memasukkan PIN otorisasi dan TAN juga. Kalau harus dibandingkan dengan BCA, BNI atau bank lain, TAN ini fungsinya mirip seperti Token.

TAN sendiri merupakan 6 digit numeric yang dapat digunakan secara acak dan dapat digunakan hanya satu kali. Saat anda pertama kali mengaktifkan internet banking bank syariah Mandiri di kantor cabang, anda akan memperoleh TAN berjumlah 100 kode. Karena masing-masing hanya bisa dipakai sekali, maka suatu saat pasti akan habis juga. Jika sudah habis, anda bisa meminta lagi di kantor cabang terdekat (ini merupakan satu kekurangan BSM net banking. Bayangkan jika menggunakan alat tambahan berupa token, pasti tidak harus bolak-balik ke bank untuk meminta TAN).

Baca juga: Kelebihan dan kekurangan BCA internet banking VS BCA mobile banking

Biaya administrasi bulanan BSM net banking

Di balik kenyamanannya menggunakan Bank Syariah Mandiri internet banking, ternyata ada biaya administrasi yang harus anda bayar per bulan. Biaya ini di luar biaya administrasi rekening. Jadi misalkan biaya administrasi rekening anda Rp7.000,00, maka setelah anda mengaktifkan BSM net banking biaya per bulannya tidak lagi segitu. Ada biaya tambahannya.

[table style=”table-bordered”]

 No Jenis Transaksi Layanan Biaya (Rp)
 1 Biaya Adm – Nasabah perorangan – Nasabah perusahaan 2.500/bulan 10.000/bulan
 2 Cetak Key Code (Nasabah Baru) Gratis
 3 Reissue – User ID dan Password – PIN Otorisasi – TAN 3.000 3.000 Gratis
 4 Multi Akses 100.000/bulan
 5 Multi Level Account 100.000/bulan, joining fee 100.000
 6 Batch Transfer 100.000/bulan

[/table]

Transaksi apa saja yang bisa dilakukan di BSM net banking dan berapa biayanya?

Bisa dibilang internet banking mengganti fungsi ATM (selain untuk tarik tunai) sehingga banyak orang menggunakan fasilitas ini demi kemudahan. Apalagi untuk pebisnis atau pelaku UKM di zaman ini. Biar kalau transfer, cek mutasi atau history, dan lain sebagainya tidak harus bolak-balik ke ATM. Karena memang kenyataannya jenis transaksi yang bisa dilakukan via internet banking Bank Syariah Mandiri banyak banget.

Masing-masing transaksi ada yang gratis ada pula yang bayar. Seperti misalnya cek saldo gratis, transfer ke sesama BSM gratis, tapi transfer ke antar bank, pembelian, dan pembayaran bayar. Untuk mengetahui detail mana yang gratis dan mana yang bayar sekaligus biaya tarifnya berapa, silakan lihat tabel berikut.

[table style=”table-bordered”]

 NoFitur Biaya (Rp) 
 1 Pembayaran Tagihan PLN 3.000
 2 Pembayaran Premi Asuransi Takaful 3.500
 3 Pembayaran Tiket Garuda 3.000
 4 Pembayaran Akademik Nominal bervariasi
 5 Pembayaran SPO (Sistem Pembayaran Offline) Nominal bervariasi
 6 Pembayaran Tagihan Indosat Postpaid (Matrix) Gratis
 7 Pembayaran Tagihan Indosat Postpaid (Starone Postpaid) Gratis
 8 Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Telkom) 2.500
 9 Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Speedy) 2.500
 10 Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Telkomvision) 2.500
 11 Pembayaran Tagihan Telkom Postpaid (Flexi Postpaid) 2.500
 12 Pembayaran Tagihan Telkomsel Halo Gratis
 13 Isi Ulang Voucher Telkomsel (Simpati) 1.500
 14 Isi Ulang Voucher Telkomsel (Kartu As) 1.500
 15 Isi Ulang Indosat Prepaid (Starone Prepaid) Gratis
 16 Isi Ulang Indosat Prepaid (IM3) Gratis
 17 Isi Ulang Indosat Prepaid (Mentari) Gratis
 18 Isi Ulang Telkom Prepaid (Flexi Prepaid) Gratis
 19 Isi Ulang Listrik Prabayar 3.000
 20 Transfer Antar Rekening di BSM Gratis
 21 Transfer Antar Bank Via Jaringan ATM Bersama* 6.500
 22 Transfer Antar Bank Via Jaringan Prima* 6.500
 23 Transfer Antar Bank Via SKN 5.000
 24 Transfer RTGS 25.000
 25 Transfer Tunai Via PT. POS 25.000
 26 Informasi Saldo Tabungan Gratis
 27 Informasi Mutasi Rekening Tabungan Gratis
 28 Informasi Rekening Deposito Gratis
 29 Informasi Rekening Pembiayaan Gratis
 30 Perubahan PIN/PIN Otorisasi Gratis

[/table]

*Perubahan biaya transaksi di jaringan ATM Bersama & Prima mulai berlaku tanggal 18 Januari 2016

Limit transaksi penggunakan Bank Syariah Mandiri internet banking

Yup, dengan Bank Syariah Mandiri internet banking kita bisa melakukan transfer, baik sesama BSM atau pun ke bank lain cukup menggunakan komputer atau laptop tanpa harus cari ATM atau datang ke kantor cabang. Namun seperti bank lainnya, soal transfer-mentransfer pasti ada limit per harinya. Lebih jelasnya simak berikut ini,

  1. Nasabah perorangan

[table style=”table-bordered”]

 No Jenis Transaksi BSM Limit Per Transaksi
 1 Transfer Online s.d Rp25 Juta
 2 Transfer Pindah Buku s.d Rp250 Juta (sesuai limit harian)
 3 Transfer SKN s.d Rp250 Juta (sesuai limit harian)
 4 Transfer RTGS > Rp100 Juta s.d Rp250 Juta (sesuai limit harian)

[/table]

2. Nasabah Perusahan (limit standar)

[table style=”table-bordered”]

 No Jenis Transaksi BSM Limit Per Transaksi
 1 Transfer Online s.d Rp25 Juta
 2 Transfer Pindah Buku s.d Rp10 Miliar (sesuai limit harian)
 3 Transfer SKN s.d Rp500 Juta (sesuai limit harian)
 4 Transfer RTGS > Rp100 Juta s.d Rp10 M (sesuai limit harian)

[/table]

3. Nasabah Perusahaan Efek

[table style=”table-bordered”]

 No Jenis Transaksi BSM Limit Per Transaksi
 1 Transfer Online s.d Rp25 Juta
 2 Transfer Pindah Buku Unlimited*
 3 Transfer SKN s.d Rp500 Juta (sesuai limit harian)
 4 Transfer RTGS Unlimited*

[/table]

Baca juga: Biaya administrasi bulanan rekening Tabungan BSM per bulan

Lain-lain mengenai Bank Syariah Mandiri internet banking

Uraian di atas sebenarnya sudah cukup lengkap. Beberapa info berikut hanya tambahan saja.

  • Nasabah bisa melakukan transaksi di mana dan kapan saja 24 jam sehari dan 7 hari seminggu asalkan terkoneksi internet.
  • Apabila nasabah adalah non-perorangan (badan hukum), sebaiknya user ID, password, PIN otorisasi dan TAN dikuasakan pada 2 anggota yang berbeda atau bisa tergantung kebijakan badan itu sendiri.
  • Segala penyalahgunaan key kode adalah tanggung jawab nasabah. Maka harus disimpan hati-hati. Kalau ada apa-apa, nasabah tidak bisa menuntut bank begitu saja.
  • Jika dalam bertransaksi menggunakan BSM net banking ditemukan informasi yang kurang lengkap atau ada transaksi yang jumlahnya tidak tepat, nasabah wajib segera melapor ke cabang Bank Syariah Mandiri terdekat.
  • Selain penyalahgunaan (poin key code di atas), segala kesalahan atau kekeliruan saat mengakses BSM net banking dan mungkin mengakibatkan timbul kerugian, jika memang benar itu penyebabnya kesalahan pengguna, maka itu sepenuhnya tanggung jawab nasabah.

Gravatar Image
Konten dilindungi DMCA

One thought on “Cara daftar dan menggunakan Bank Syariah Mandiri internet banking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *