Apa itu Panasbung dan Panastak? Berapa Besar Tarif Upah Gajinya

In berita uang 15371 views

Apa itu Panasbung dan Panastak? Berapa Besar Tarif Upah Gajinya

Apa itu Panasbung dan Panastak? Berapa Besar tarif upah gajinya – Saya akui memperhatikan soal politik hanya baru-baru ini. Sebelumnya saya sangat cuek bebek karena politik itu menurut beberapa orang adalah barang kotor dan di sana benar bisa menjadi salah, salah bisa menjadi benar. Selain kejam saingan terberat ibu tiri, tapi juga bisa membuat saya mabok tanpa harus minum minuman yang rasanya mirip kencing kuda. Jadi lebih baik saya tidak perlu sok ikut-ikutan.

Namun entah mengapa sejak menjelang pemilihan umum presiden 2014 yang calonnya Joko Widodo dan Prabowo Subianto, saya secara tidak sadar banyak baca sana-sana sini untuk mengikuti perkembangan politik biar tidak melongo kalau ada teman yang membahasnya. Ternyata di balik rumitnya strategi berpolitik yang bisa membuat kepala botak namun hasilnya sanggup membuat perut buncit, tercipta sebuah cerita yang menurut saya cukup konyol dan lucu. Yaitu munculnya istilah panasbung dan panastak.


SEJARAH ASAL USUL PANASBUNG DAN PANASTAK

Apa itu panasbung?
Panasbung adalah singkatan dari pasukan nasi bungkus. Berdasarkan artikel di wikipedia, istilah panasbung mulai muncul dari salah satu forum internet, kaskus, untuk menyindir anggota FPI (Front Pembela Islam). Banyak pengguna Kaskus menuduh para anggota FPI kerap kali memperoleh konsumsi nasi bungkus setelah melakukan tindakan anarkis.

Namun Pada pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2012, di mana dua calon terkuatnya adalah Joko Widodo (Jokowi) dan Fauzi Bowo atau si kumis, sindiran tersebut berkembang tidak hanya di kaskus, tapi di facebook, twitter dan media sosial lainnya juga mulai ikut menggunakan dan sasarannya pun berubah. Ketika itu para pendukung Jokowi menuduh bahwa akun-akun pendukung Fauzi Bowo di Kaskus merupakan akun bayaran dan sejak itu pendukung Fauzi Bowo disebut sebagai pasukan nasi bungkus.

Karena mungkin kesal, pendukung Fauzi Bowo membalasnya dengan menyebut pendukung Jokowi sebagai Panastak.

Apa itu panastak?
Panastak adalah singkatan dari pasukan nasi kotak. Seperti yang sudah uangindonesia.com ceritakan di atas, panastak adalah istilah sindiran sebagai balasan panasbung kepada lawannya, para pendukung Jokowi.

Berbeda dengan kata “bungkus” pada singkatan panasbung yang maksudnya adalah bungkusan nasi, kata “kotak” pada singkatan panastak bukan berarti nasi kotak, tapi mengarah pada kotak-kotak baju ciri khas Jokowi.

Dalam perkembangan selanjutnya istilah panasbung lebih banyak digunakan dari pada panastak. Obyek sasarannya juga lebih umum, yaitu orang siapa saja yang mau dibayar untuk mendukung calon tertentu dalam pemilihan pejabat pemerintah.

APA SAJA TUGAS PANASBUNG?

Karena sudah dibayar, tugas panasbung tentu saja tidak hanya cuma mendukung calon pejabat yang telah membayarnya. Panasbung juga harus membantah semua hal negatif dan mengabarkan hal positif mengenai calon yang membayarnya. Bahkan sering juga harus menyebarkan hal negatif bahkan fitnah mengenai calon lawannya dengan tujuan orang-orang yang posisinya netral akan terpengaruh dan ikut memilih calon yang di kubunya.

Kalau dalam dunia nyata, para panasbung akan ikut demo dan kampanye sambil teriak-teriak tidak jelas dan bahkan dia sendiri kadang lebih banyak tidak pahamnya mengenai apa yang diteriakinya. Mereka melakukannya begitu saja karena sebelumnya dikomando dan diiming-imingi nasi bungkus. Tapi sebenarnya upahnya tidak hanya nasi saja, ada uangnya juga.

Sedangkan kalau di dunia maya, tugasnya adalah bikin thread, berkicau di twitter, komentar facebook dan media sosial lainnya sebanyak-banyaknya. Isi tulisannya memuji dan menutupi kekurangan calon yang membayar serta menjelek-jelekan calon lawan. Dengan sikapnya yang seperti ini, di internet sering terjadi cyber war berupa saling bully antar panasbung masing-masing calon. Oh ya, dalam aksinya biasanya mereka menggunakan akun anonim dan bikin akun kloningan sebanyak mungkin biar kelihatan kuat, ramai dan banyak pendukungnya. Upah panasbung tipe ini bisa berupa pulsa atau ada juga yang berupa uang gaji dan di bayar tiap bulan, sedangkan komputer dan koneksi internet sudah disediakan oleh pihak calon pejabat.

BERAPA BESAR TARIF UPAH GAJI PANASBUNG?

Pemilihan presiden tahun 2014 yang kandidatnya adalah Prabowo Subianto dan Joko Widodo, istilah panasbung kembali memanas. Sehingga banyak orang yang jadi penasaran mengenai upahnya. Dari sumber majalah detik dan kaskus, tersiar kabar tarif panasbung untuk kampanye atau demo di jalanan adalah sekitar Rp100 ribuan plus nasi bungkus tiap sekali demo. Sedangkan untuk panasbung online gajinya sebesar Rp2,5 juta untuk satu bulan plus makan dan minum.

Kini pemilihan umum telah usai, namun sering masih terjadi demo sana sini menuntut ini itu. Konon kabarnya pendemo ini adalah suruhan lawan politik bapak presiden. Apakah pendemo ini mendapat upah sebanyak seperti dulu?

Pada hari kamis (19/3/2015) terjadi demonstrasi di depan Kementrian Hukum dan HAM. Jumlah demonstran terdiri dari 30 orang. Meski kordinatoor unjuk rasa telah menggunakan pengeras suara untuk menyemangati massa, namun para demonstran terlihat masih tetap ogah-ogahan. Apa sebabnya? Seorang demonstran bernama Ijal mengaku cuma dikasih Rp25 ribu. Dia merasa tidak sebanding. (sumber: detik.com)

Apakah ini berarti upah/tarif panasbung sudah turun?

LAIN-LAIN: PUISI PANASBUNG OLEH FADLI ZON

Pasukan Nasi Bungkus Kami pasukan nasi bungkus
Laskar cyber pejuang di
belakang komputer
Senjata kami facebook dan
twitter
Menyerang lawan tak pernah gentar
Patuh setia pada yang bayar Kami pasukan nasi bungkus
Hidup dari cacian dan fitnah
harian
Tetap gagah bertopeng relawan
Tak kenal menyerah selalu
melawan Identitas diri jarang ketahuan Kami pasukan nasi bungkus
Punya sejuta akun siluman
Bagai pedang terhunus
Siap menghujam setiap orang Kami pasukan nasi bungkus
Tak takut dosa apalagi neraka
Kami bisa tertawa di balik luka
Demi sebungkus nasi dan
kiriman pulsa


Tags: #berita uang

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
10 orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes terbaru
10 orang terkaya di dunia tahun 2017 versi Forbes terbaru
Ingin tau siapa orang paling kaya sedunia?
11 gambar uang terbaru Indonesia tahun keluaran 2016
11 gambar uang terbaru Indonesia tahun keluaran 2016
Waktu internet belum mudah diakses seperti sekarang
“Uang baru Indonesia pecahan 200 ribu rupiah” ternyata voucher diskon
“Uang baru Indonesia pecahan 200 ribu rupiah” ternyata voucher diskon
“Uang baru Indonesia pecahan 200 ribu rupiah”
Uang terbaru Indonesia baik kertas maupun logam
Uang terbaru Indonesia baik kertas maupun logam
Berita uang terbaru Indonesia pecahan 200 ribu
Uang baru Indonesia 2016 pecahan sepuluh ribu rupiah?
Uang baru Indonesia 2016 pecahan sepuluh ribu rupiah?
Uang baru Indonesia – Selain uang 200

Leave a reply "Apa itu Panasbung dan Panastak? Berapa Besar Tarif Upah Gajinya"

Must read×

Top