10 mata uang paling banyak digunakan di dunia

In info uang 8524 views

10 mata uang paling banyak digunakan di dunia

10 mata uang paling banyak digunakan di dunia – Umumnya setiap negara punya mata uang sendiri-sendiri. Selain untuk identitas, uang yang tercetak pun biasanya terdapat gambar tokoh pahlawan atau keadaan alam (flora dan fauna) yang sekiranya bisa mewakili negara tersebut. Seperti misalnya rupiah, mata uang Indonesia, ada pecahan-pecahan yang bergambar Soekarno, Kapitan Pattimua, R.A Kartini, burung candrawasih, Danau Toba, pengrajin tenun pandai sikek, dan sebagainya.

Namun meskipun begitu ada juga negara yang tidak atau belum punya mata uang sendiri. Contohnya Timor Leste. Setelah melepaskan diri dari Indonesia, sampai saat ini negara tersebut masih menggunakan Dolar Amerika Serikat atau mata uang yang memiliki kode ISO 4217 USD itu. Contoh lainnya Zimbabwe. Sebelumnya negara yang terletak di benua Afrika ini sudah memiliki mata uang sendiri yang bernama Dolar Zimbabwe (kode ISO 4217 ZWR/ZWL). Tapi karena perekonomiannya kacau yang mengakibatkan hiperinflasi, nilai ZWL sangat merosot. Banyak negara lain yang menghinanya sebagai mata uang sampah. Mungkin karena malu dan tentu pula untuk mencoba menstabilkan perekonomiannya kembali, akhirnya pada tahun 2015 kemarin pemerintah Zimbabwe membekukan mata uang lokal dan mulai meresmikan sistem penggunaan mata uang asing sebagai alat transaksi di negara tersebut.

Silakan baca:

Lain halnya dengan negara-negara anggota Uni Eropa. Ada sekitar 18 negara di kawasan ini yang menggunakan mata uang yang sama, euro. Namun mata uang ini adalah memang diciptakan dan disepakati bersama untuk dipakai di kawasan itu. Jadi mereka tidak bisa dikatakan seperti Timor Leste ataupun Zimbabwe. Bahkan pengguna mata uang euro ini punya sebutan sendiri, yaitu eurozone.


10 mata uang paling banyak digunakan di dunia

Meskipun beda mata uang, namun setiap negara tetap saling membutuhkan satu sama lain. Dalam bidang ekonomi mereka melakukan ekspor-impor. Memang sih kalau transaksi dengan negara lain, biasanya pembayaran dan kurs yang dipakai menggunakan dolar Amerika. Namun adakalanya tidak juga. Jadi bisa ditebak, makin majunya negara biasanya makin banyak pula yang menggunakan mata uangnya. Tidak hanya oleh warga negaranya sendiri, bahkan dipakai juga oleh warga negara lain. Nah kira-kira 10 mata uang mana saja kah yang banyak dipakai di dunia? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Dolar Amerika Serikat

Uang yang menempati posisi pertama sebagai mata uang paling banyak digunakan di dunia adalah dolar Amerika serikat. Uang yang resmi digunakan di negara Paman Sam ini berkode ISO 4217 USD dan bersimbol $. Posisi teratas ini pantas saja ditempati oleh mata uang ini mengingat dolar USA banyak digunakan internasional secara luas sebagai kurs cadangan devisa di luar AS. Selain itu negara Timor Leste yang dulunya merupakan salah satu provinsi di Indonesia juga menggunakan mata uang ini. Ada juga negara Zimbabwe. Setelah mata uangnya mengalami hiperinflasi, negara ini menggunakan beberapa mata uang asing untuk alat tukar. Salah satunya menggunakan dolar Amerika.

Baca: Alasan mengapa dolar USA menjadi mata uang internasional

2. Euro Eropa

Mata uang paling banyak digunakan di dunia pada posisi kedua diduduki oleh euro. Euro ini bukanlah mata uang yang dibuat untuk alat tukar menukar resmi pada sebuah negara. Euro diluncurkan pada tanggal 1 Januari 1999 untuk menangani urusan bayar-membayar pada negara-negara kawasan Eropa khususnya anggota Uni Eropa. Dengan begitu secara otomatis euro digunakan secara resmi di banyak negara, kurang lebih sekitar 18 negara. Meskipun termasuk baru dan awal-awal beredarnya sempat mengalami kesulitan, namun sekelompok orang memprediksi euro bakalan bisa menggantikan posisi dolar Amerika sebagai mata uang internasional.

Baca: Mengenal mata uang euro yang dipakai kawasan benua Eropa

3. Pound sterling Britania Raya/Inggris

Sebenarnya negara Inggris masih merupakan anggota Uni Eropa. Tapi dia tidak mau ikut-ikutan kompak menggunakan mata uang euro dikarenakan mempunyai mata uang tertua di dunia, Pound sterling. Selain itu mata uang bersimbol £ ini juga pernah menjadi mata uang internasional sebelum posisinya digantikan oleh dolar Amerika. Kabarnya alasan gengsi inilah negara yang biasa disebut United Kingdom ini enggan tetap mempertahankan Pound sterling. Namun biar bagaimanapun, Inggris mampu membuat mata uangnya memiliki kurs lebih tinggi dari euro. Tidak hanya itu, dia pun bisa membawa uang yang kode ISO 4217 GBP  ini menempati urutan ketiga sebagai mata uang yang paling banyak digunakan di dunia.

4. Yen Jepang

Jepang merupakan negara termaju di kasawan Asia. Dalam kancah internasional pun negara sakura ini mampu membuat mata uang resminya, yen, menempati urutan keempat sebagai mata uang paling banyak digunakan di jagat raya. Ngomong-ngomong tentang mata uang yang kode ISO 4217-nya JPY ini, uangindonesia.com sudah sempat membahasnya lebih lanjut di artikel yang berjudul Sejarah mata uang yen Jepang. Jadi untuk kali ini saya tidak perlu membahasnya lebih lanjut.

5. Dolar Kanada

Uang yang menempati urutan ke-5 sebagai mata uang paling favorit digunakan di dunia iyalah dolar Kanada. Dolar Kanada resmi diedarkan mulai tahun 1858 setelah sebelumnya menggunakan Pound Kanada. Kode ISO 4217 mata uang ini adalah CAD. Simbolnya $ atau C$ atau CAD$. Sedangkan nilai kurs-nya terhadap rupiah saat tulisan ini dibuat adalah sebesar 9.753 . Dolar Kanada dikenal juga dengan sebutan loonie.

6. Dolar Australia

Dolar Australia berhasil menempati posisi ke-6 sebagai mata uang yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Meskipun namanya sama-sama dolar, namun dolar Australia tidaklah sama dengan dolar yang dipakai di Amerika Serikat atau pun Kanada. Dolar Australia mempunyai kode ISO 4217 AUD. Oh ya Dolar Australia tidak hanya digunakan di negara kanguru saja, tapi Pulau Natal dan Kepulauan Cocos hingga Kiribati juga menggunakannya secara resmi. Mengenai kapan mata uang ini mulai diperkenalkan, agaknya bank sentral Australia (Reserve Bank of Australia) melakukannya sejak tanggal 14 Februari 1966.

Baca: 7 negara yang nama mata uangnya hampir mirip dengan rupiah

7. Yuan China

Selain Jepang, negara maju di Asia lainnya iyalah China. Disamping negaranya yang besar, penduduk China juga tergolong paling banyak di dunia. Mengenai mata uangnya, negara tirai bambu ini mampu menempati posisi ke-7 sebagai mata uang paling banyak di digunakan di planet bumi ini.

Mata uang China mempunyai nama Yuan yang mana dalam bahasa Tionghoa berarti satuan dasar mata uang. Oh ya sekedar info tambahan, meskipun ada sedikit perbedaan, namun banyak orang yang menganggap yuan dan renminbi sama.

8. Franc Swiss

Selain digunakan di negara Swiss, franc juga dipakai di Liechtenstein. Mata uang ini diterbitkan sejak tahun 1798. Jika kita membuat daftar mata uang paling banyak digunakan di seluruh dunia, franc menempati urutan ke-8. Dalam pasar forex sendiri mata uang ini banyak dianggap sebagai mata uang netral. Lebih tepatnya mata uang yang aman.

9. Dolar Singapura

Meskipun negara kecil, namun Singapura termasuk negara paling maju di Asia selain Jepang dan Cina. Negara yang nama ibu kotanya sama, Singapura juga, mempunyai mata uang bernama dolar Singapura. Ingat ya, meskipun namanya sama-sama dolar tapi bukan berarti sama seperti dolarnya Amerika serikat. Dolar yang ini mempunyai kode ISO 4217 SGD. Oh ya mata uang ini dicetak dan diatur penggunaannya oleh Otoritas Moneter Singapura. SG$ 1 dibagi menjadi 100 sen.

10. Dolar Hongkong

Uang yang menempati posisi terakhir, ke-10, dalam kategori mata uang paling banyak digunakan di seluruh permukaan bumi ini adalah dolar Hongkong. Dalam masa awal-awal keluarnya, mata uang ini sempat diterbitkan oleh pemerintah Hongkong. Namun dalam perkembangannya, sejak tahun 1993 dolar Hongkong mulai dikeluarkan oleh Otoritas Moneter Hong Kong. Baca selanjutnya: Pengertian ISO 4217 dan mengapa rupiah disebut IDR?


Tags: #berita uang #ekonomi dunia #info uang #kurs dolar

author
Author: 
Konten dilindungi DMCA
10 orang terkaya sedunia sepanjang masa sejarah
10 orang terkaya sedunia sepanjang masa sejarah
Jika ditanya siapa orang terkaya sedunia saat
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan misprint
Gambar uang salah cetak / miscut dan
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Biaya cetak uang kertas lebih mahal daripada uang logam
Pada setiap lembar dan keping uang kartal,
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Gaya / cara hitung uang dari berbagai negara
Cara hitung uang dari berbagai negara – Jangan
20 gambar uang logam paling unik di dunia
20 gambar uang logam paling unik di dunia
Ingat kemarin uangindonesia.com membahas uang koin bergambar
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon dari Negara Niue
Mata uang bergambar Pokemon – Mumpung lagi
  1. author

    Hosting1 year ago

    Meskipun ada kondisi ini, Bitcoin tidak didesain untuk mengalami penurunan nilai mata uang. Lebih tepatnya Bitcoin dibuat untuk mengalami inflasi di tahun-tahun awal dan menjadi stabil di tahun-tahun berikutnya. Satu-satunya kondisi di mana jumlah bitcoin dalam sirkulasi akan turun adalah jika orang-orang ceroboh kehilangan dompet mereka karena tidak membuat pencadangan. Dengan dasar keuangan dan ekonomi yang stabil, nilai dari mata uang harusnya tetap stabil.

    Reply

Leave a reply "10 mata uang paling banyak digunakan di dunia"

Must read×

Top